Kelompok Etnis Malaysia Beragam. Bisakah Berbaur?

Kelompok Etnis Malaysia

Kelompok etnis Malaysia cukup beragam sehingga budaya dan adatnya pun banyak jenisnya. Hal tersebut mirip dengan Indonesia. Di Malaysia sendiri kelompok etnis terbagi menjadi beberapa golongan. Umumnya masing-masing kelompok ini hidup bergerombol dan dekat satu sama lain.

Selain itu, penanda kelompok tertentu seperti pakaian, makanan, bahasa, atau atribut tambahan sering tampak jelas, jadi kamu akan mudah membedakannya. Meski berbeda-beda, masyarakat Malaysia ternyata bisa saling hidup rukun. Untuk mengetahui lebih detail tentang berbagai kelompok etnis Malaysia, simak penjelasan berikut ini, ya.

Kelompok etnis di Malaysia

ahmad qime TTt56o18WwA unsplash - Kelompok Etnis Malaysia Beragam. Bisakah Berbaur?

Sumber: unsplash

Secara umum, kelompok etnis Malaysia terbagi menjadi empat golongan besar. Berbagai golongan tersebut yaitu etnis Orang Asli, etnis Melayu, etnis Tionghoa, dan etnis India. Prosentase jumlah masyarakat untuk masing-masing etnis berbeda-beda. Ada yang hanya sedikit saja, ada pula yang banyak dan dominan mendiami Malaysia. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Orang asli 

Penduduk asli Malaysia disebut sebagai kelompok etnis Orang Asli. Meski keturunan asli, kelompok ini jumlahnya tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan kelompok etnis yang lain. Etnis Orang Asli ini terbagi menjadi 3 yaitu Orang Asli di Semenanjung, Orang Asli di Sabah, dan Orang Asli di Serawak. Masing-masing dari mereka terdiri dari berbagai suku-suku yang berbeda.

  • Orang asli di Semenanjung

Terdapat 3 suku besar Orang Asli di Semenanjung yaitu Negrito, Senoi, dan Proto-Malay. Masing-masing suku memiliki bahasa dan adatnya sendiri. Suku Negrito umumnya tinggal di wilayah Utara, suku Senoi di tengah, dan Proto-Malay berada di Selatan.

  • Orang asli di Sabah

Tercatat ada 27 kelompok suku yang menjadi bagian dari etnis Orang Asli di Sabah. Beberapa suku Orang Asli di Sabah yaitu Kadazan Dusun, Bajau, dan Murut.

  • Orang asli di Serawak

Tercatat ada 32 kelompok suku yang menjadi bagian dari etnis Orang Asli di Serawak. Beberapa suku orang asli di Serawak yaitu Iban, Bidayuh, dan Orang Ulu.

2. Melayu

Ras Melayu sering disebut juga sebagai Bumiputera. Kelompok etnis Malaysia terbesar hingga saat ini adalah Melayu. Populasinya mencapai 61,8% dari total seluruh penduduk Malaysia. Kebanyakan kelompok etnis Melayu beragam Islam. Tradisi yang dilaksanakan Melayu dan penggunaan bahasa sehari-harinya yaitu Bahasa Melayu.

3. Tionghoa

Tionghoa juga menjadi kelompok etnis yang banyak ditemukan di Malaysia. Umumnya mereka merupakan keturunan imigran dari China yang datang ke Malaysia sejak abad 19. Jumlah penduduk yang beretnis Tionghoa di Malaysia sekitar 21,4% dari keseluruhan jumlah penduduk. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Mandarin.

4. India

Kelompok etnis Malaysia berikutnya yaitu India. Meski tidak sebanyak etnis Melayu dan Tionghoa, kelompok India memiliki komunitas kuat di Malaysia. Kelompok ini tercatat ada 6,4% dari keseluruhan total penduduk Malaysia. Untuk bahasa yang digunakan Inggris dan Tamil.

Tips berbaur dengan warga lokal Malaysia

ravin rau GetoTc 09Ek unsplash - Kelompok Etnis Malaysia Beragam. Bisakah Berbaur?

Sumber: unsplash

Berada di tempat asing yang jauh dari rumah terkadang terasa kurang nyaman. Berbaur dengan warga lokal bisa membuatmu merasa seperti berada di rumah. Berikut ini beberapat tips yang bisa diterapkan untuk berbaur dengan warga lokal dengan beragam kelompok etnis Malaysia yang ada.

  • Kenali lingkungan sekitar dengan baik termasuk memahami beragam etnis yang ada.
  • Hindari jalur dan tempat yang ‘turis banget’. Jika ingin berkunjung tentu boleh namun sebaiknya tidak terlalu sering.
  • Bersikap toleran dan terbuka dengan hal baru. Tentunya akan ada sesuatu yang berbeda dari kebiasaan di tempat tinggalmu sebelumnya, usahakan tidak terkejut.
  • Perhatikan cara berpakaian. Sesuaikan saja berpakaian dengan norma tertulis dan lisan yang berlaku.
  • Sesuaikan ritme berjalan dengan orang di sekitar, terlalu cepat atau terlalu lambat akan membuatmu dianggap aneh.
  • Pelajari budaya dan adat setempat. Kamu bisa mempelajari beragam arsitektur bangunan yang ada, upacara adat, cara menyapa atau menolak sesuatu, serta hal-hal yang dianggap tidak sopan.
  • Sesuaikan suara ketika berbicara. Ada daerah tertentu yang penduduknya bicara dengan suara lembut. Jika kamu terbiasa menggunakan suara dengan nada tingi dan keras, maka kamu akan sulit berbaur.
  • Upayakan komunikasi langsung dengan penduduk lokal. Kecenderungan orang Indonesia di tempat asing yaitu memilih berteman dengan sesamanya saja. Padahal berkomunikasi dengan penduduk lokal secara intens bisa jadi cara efektif untuk berbaur.

 

Semoga tips di atas bisa bermanfaat dan membantu kehidupan bersosialmu selama menjadi TKI di Malaysia. Berkawan dengan penduduk asli bisa membuatmu beradaptasi lebih cepat. Selain itu, cobalah memahami makanan khas yang ada. Makanan seringkali bisa dijadikan alat pemersatu dan membuat akrab.

Selain itu, kini kamu tidak perlu repot jika ingin kirim uang. Aplikasi Qelola bisa digunakan kirim uang dari Malaysia ke Indonesia tanpa biaya tambahan. Tentunya aplikasi ini legal dan aman digunakan. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store dan nikmati beragam fitur yang ditawarkan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,