8 Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan di Masa Pandemi Covid-19

Ilustrasi ide bisnis

Banyak orang yang mencari peluang melakukan bisnis rumahan untuk menambah pendapatan di masa pandemi Covid-19. Apalagi tak sedikit orang yang dirumahkan atau nasibnya tidak jelas karena tempat kerjanya tutup sementara. Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk bekerja di rumah, tidak bepergian, dan membatasi beraktivitas di luar rumah.

Ada berbaga ide bisnis rumahan yang menguntungkan di masa pandemi Covid-19. Seperti diketahui, pandemi Covid-19 begitu berdampak pada ekonomi keluarga. Kamu pun dapat mencari peluang usaha baik di bidang kuliner, jadi penulis lepas, penyedia kebutuhan sehari-hari dan lainnya. Apa saja ide bisnis rumahan yang menguntungkan di masa pandemi Covid-19?

  • Makanan Beku/Cepat Saji

Ide bisnis yang dapat dilakukan meskipun hanya di rumah saja adalah menjual makanan beku. Di saat kondisi pandemi seperti ini, mobilitas masyarakat terbatas. Nah, aneka jenis makanan beku seprti bakso, risol, cireng, galantin, nugget, dimsum, kentang, sosis, ayam, hingga sayuran beku bisa jadi pilihan untuk dijual. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyediakan aneka makanan instan yang cepat diolah seperti sarden, kornet, mi instan dan lainnya.

  • Minuman Kesehatan

Kamu bisa memanfaatkan peluang usaha minuman kesehatan yang sedang diminati masyarakat di masa pandemi. Ada beberapa minuman kesehatan untuk menjaga atau menaikkan imun tubuh. Ada juga yang membutuhkan aneka minuman untuk menjaga berat badan. Kamu bisa mengolah sendiri aneka minuman sehat itu seperti jus buah segar, sari kacang, minuman seperti jahe, serai. Kamu pun bisa menjual aneka racikan minuman yang siap diseduh seperti wedang empon-empon, bunga telang, dan lainnya. Pilihan lainnya seperti yougurt, susu, madu dan lainnya.

  • Bumbu hingga Sayur Segar

sayuran 700x498 - 8 Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan di Masa Pandemi Covid-19

Sumber: Pixabay/ Jerzy Górecki

Ide bisnis rumahan selanjutnya masih berkaitan dengan makanan. Kamu bisa membuat ide bisnis makanan yang praktis dan tidak ribet. Kamu dapat membeli sayur segar dan buah segar dari tengkulak dan mengemas ulang dengan tampilan lebih menarik. Siapkan juga bumbu-bumbu dapur yang diperlukan sehari-hari seperti bawang putih, bawang merah, dan lainnya.

Siapkan paket-paket bumbu dapur serta aneka bumbu instan yang kerap diperlukan ibu rumah tangga. Kamu bisa langsung mengantarkan pesanan sendiri tapi memanfaatkan aplikasi penjemput makanan yang bisa melancarkan bisnis rumahanmu.

  • Camilan

Kamu bisa membuat usaha camilan di rumah saja. Ada aneka camilan seperti kue kering, makaroni, keripik tempe, keripik singkong yang digemari masyarakat. Kamu tidak perlu repot-repot memproduksi camilan sendiri. Cukup membeli camilan kiloan yang banyak dijual di pasaran. Kamu dapat mengemas ulang camilan itu dan menjualnya lagi. Nggak perlu banyak modal untuk melakukan usaha ini tetapi bisa mendapatkan tambahan pemasukan.

  • Katering Makanan Sehat

Kamu jago memasak dan mengerti tentang makanan sehat? Kamu pun dapat membangun usaha rumahan seperti katering makanan sehat terlebih bagi orang-orang yang sedang isolasi mandiri (isoman). Tak sedikit orang yang memerlukan makanan sehat di masa sekarang ini. Kamu bisa menyiapkan makanan sehat yang diminati oleh orang-orang peduli akan kesehatan.

Kamu bisa membuka katering makanan sehat dan memasak sesuai pesanan. Sehingga kamu tidak membutuhkan banyak modal dan tidak perlu takut merugi. Siapkan beberapa menu makanan sehat dan ditawarkan kepada teman, tetangga, bahkan bisa sampai ke perkantoran.

  • Produk Kesehatan

Sejak pandemi Covid-19, permintaan pasar terhadap produk-produk kesehatan sangat tinggi. Misalnya, masker, handsanitizer, vitamin, disinfektan, face shield, dan lainnya. Bisnis produk kesehatan tersebut dibutuhkan sampai sekarang dan tentunya berpotensi menguntungkan. Kebutuhan produk kesehatan itu terus menerus dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Kamu pun bisa menjadi reseller.

  • Kebutuhan Pokok

Kamu bisa menjalankan bisnis rumahan dengan terus berinovasi dan memanfaatkan online shop atau online delivery. Kebutuhan pokok tentunya akan terus dicari dan dibutuhkan oleh rumah tangga. Contoh bahan makanan pokok yang bisa dijual seperti gula, garam, berasa, minyak goreng, aneka kecap. Selain itu perlengkapan kebutuhan sehari-hari seperti sabun, tisu, detergen, sampo, pembersih lantai, dan lainnya. Kamu bisa menjual secara online atau ditawarkan lewat grup-grup aplikasi chatting dan lainnya.

  • Pakaian dan Aksesori

jual baju bayi 700x465 - 8 Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan di Masa Pandemi Covid-19

Sumber: Pixabay/Michael Kauer

Ide bisnis rumahan yang menguntungkan di masa pandemi berikutnya adalah jualan pakaian serta aksesori. Bisnis yang satu ini terbilang menguntungkan dan prospeknya bagus. Orang-orang tidak bisa bepergiaan karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat bahkan pusat perbelanjaan, pertokoan juga dibuka terbatas. Biasanya orang-orang akan pergi pusat perbelanjaan maupun toko untuk membeli pakaian baik dipakai sendiri ataupun untuk kado. Ada juga aksesori seperti tas yang juga tetap diburu oleh masyarakat.

Kebutuhan bayi juga menjadi salah satu yang banyak dicari. Pakaian bayi, balita maupun anak-anak serta kebutuhan laiannya seperti popok, sepatu, kaus kaki, topi, dan mainan. Kamu bisa memulai berjualan pakaian khusus anak-anak. Kalau sudah mulai berkembang ditambah beragam aksesori untuk anak-anak. Pastikan supplier yang kamu pilih selalu menghadirkan produk dengan kualitas yang baik. Janga lupa untuk mengikuti tren yang sedang berkembang di media sosial supaya bisnismu cepat dilirik oleh calon pelanggan.

Itulah beberapa ide usaha rumahan yang menguntungkan di masa pandemi. Kamu dapat mengunduh aplikasi Qelola, agar lebih mudah untuk mengelola uang, membayar tagihan hingga beli pulsa. Cukup pakai satu aplikasi di handphone, kamu bisa melakukan berbagai transaksi secara online termasuk untuk transfer uang. Kamu juga dapat mencari berbagai informasi tentang kesehatan, TKI, pendidikan, hingga keuangan melalui website resmi Qelola.

Tags: , , , , , , ,