Dokumen Penting Ini Harus Disiapkan Para TKI

Dokumen Penting

Dokumen penting yang disebutkan sebagai syarat yang perlu dilengkapi jika kamu ingin mendaftar menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Kamu juga harus memenuhi syarat lain selain dokumen terutama skill yang dibutuhkan. Misalnya, kamu memiliki skill mengajar maka bisa mendaftarkan diri sebagai guru.

Persiapan mental dan biaya juga perlu dipikirkan. Nantinya kamu akan hidup sendiri jauh dari keluarga. Selain itu, meski tujuan bekerja untuk mencari uang tentu dibutuhkan biaya modal untuk keberangkatan di awal. Jika memang sudah yakin secara mental dan keuangan, kamu tinggal menyiapkan dokumen penting berikut ini sebagai syarat mendaftar TKI.

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Hampir semua urusan resmi di Indonesia membutuhkan identitas berupa KTP. Hal itu juga berlaku ketika kamu ingin mendaftar sebagai salon TKI. Pastikan KTP yang dimiliki terlihat jelas dan sudah e-KTP agar memudahkan proses.

2. Ijazah terakhir

vasily koloda 8CqDvPuo kI unsplash - Dokumen Penting Ini Harus Disiapkan Para TKI

Sumber: unsplash.com

Pendidikan juga penting saat akan melamar pekerjaan. Ijazah terakhir milikmu diperlukan sebagai syarat menjadi TKI. Meski pendidikanmu tidak tinggi, ijazah tetap diperlukan. Nantinya, pekerjaan bisa disesuaikan dengan pendidikan terakhirmu ini.

3. Akte kelahiran

Selain KTP, akte kelahiran juga merupakan dokumen penting yang sering dijadikan syarat ketika mengurus sesuatu secara legal. Untuk bisa melamar menjadi TKI kamu juga harus menyiapkan akte kelahiran. Jika tidak ada, kamu bisa menggantinya dengan surat keterangan kelahiran dari kelurahan setempat.

4. Paspor

blake guidry jXxdtXFEjcc unsplash 1 - Dokumen Penting Ini Harus Disiapkan Para TKI

Sumber: unsplash.com

Menjadi TKI artinya kamu akan bekerja di luar negeri. Dokumen penting yang wajib ada adalah paspor. Tanpa paspor, kamu tidak bisa pergi ke luar negeri. Jika belum punya, kamu bisa membuatnya terlebih dulu di kantor Imigrasi domisilimu. Paspor sendiri berlaku selama 5 tahun dan perlu diperpanjang sebelum tanggal kadaluwarsanya tiba.

5. Visa kerja

Ketika berkunjung ke negara lain, tujuan kunjungan akan ditanyakan. Hal itu untuk menghindari kemungkinan seseorang tinggal di negara lain terlalu lama tanpa tujuan yang jelas. Jika ingin menjadi TKI, maka kamu memerlukan visa kerja. Visa ini semacam izin tinggal sementara secara legal.

Jenis visa ada bermacam-macam seperti visa kerja, visa liburan, dan visa pelajar. Jangka waktu visa juga berbeda-beda tergantung jenisnya. Jika masa berlaku visa sudah habis dan tidak diperpanjang, maka kamu bisa dideportasi dari negara tersebut sebab dianggap melanggar ketentuan.

6. Surat rekomendasi Dinas Tenaga Kerja asal

Dokumen penting selanjutnya yang perlu disiapkan yaitu surat rekomendasi Dinas Tenaga Kerja asal. Kamu bisa meminta surat rekomendasi tersebut di Dinas Tenaga Kerja daerah asalmu. Tanpa surat rekomendasi ini, kamu tidak akan bisa berangkat menjadi TKI.

7. Surat perjanjian penempatan TKI

capturing the human heart TrhLCn1abMU unsplash - Dokumen Penting Ini Harus Disiapkan Para TKI

Sumber: unsplash.com

Yang tidak kalah penting yaitu surat perjanjian penempatan TKI. Hingga saat ini TKI tersebar di berbagai penjuru dunia dengan pekerjaan yang berbeda-beda. Untuk melindungi banyak pihak termasuk dirimu sendiri, kamu membutuhkan surat perjanjian penempatan TKI.

8. Surat keterangan izin anggota keluarga

Meski kamu sudah dewasa, untuk bisa menjadi TKI tetap dibutuhkan surat keterangan izin anggota keluarga. Jika sudah menikah, kamu bisa menggunakan izin istri atau suami. Anggota keluarga merupakan wali resmi yang akan bertanggung jawab jika terjadi sesuatu padamu saat bekerja di luar negeri.

9. Surat keterangan status pernikahan

samantha gades N1CZNuM Fd8 unsplash - Dokumen Penting Ini Harus Disiapkan Para TKI

Sumber: unsplash.com

Khusus bagi yang sudah menikah dan ingin melamar menjadi TKI diperlukan kelengkapan dokumen berupa surat keterangan status pernikahan. Jika sudah bercerai, kamu bisa menyertakan surat keterangannya.

10. Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTLN)

Selanjutnya, TKI wajib memiliki KTLN. Kartu ini dikeluarkan oleh Badan Perlindungan Tenaga Migran Indonesia (BP2MI). KTLN merupakan tanda sah bahwa kamu telah memenuhi semua persyaratan untuk bekerja di luar negeri. Kamu juga bisa mengurus KTLN melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI)

11. Sertifikat Lulus Uji Kompetensi (LUK)

Sebelum berangkat, TKI harus melakukan ujian kompetensi terlebih dulu. Saat lulus ujian, nantinya kamu akan mendapatkan sertifikat LUK. Nah, sertifikat ini menjadi salah satu dokumen penting sebagai keseluruhan syarat untuk bisa berangkat ke luar negeri menjadi TKI.

12. Surat perjanjian kerja

cytonn photography GJao3ZTX9gU unsplash - Dokumen Penting Ini Harus Disiapkan Para TKI

Sumber: unsplash.com

Surat perjanjian kerja atau kontrak kerja biasanya diberikan sebelum kamu berangkat ke luar negeri. Sebelum tanda tangan persetujuan, baca secara cermat dan teliti keseluruhan isi kontrak kerja. Tanyakan pada pihak penanggung jawab jika ada hal yang belum kamu pahami. Kontrak kerja sangatlah penting sebab bisa dijadikan jaminan legal yang melindungimu ketika ada masalah kerja di luar negeri.

 

Selama bekerja di luar negeri, pastikan dokumen penting milikmu dijaga dengan baik. Jika mengalami kehilangan atau masalah terkait dokumen tersebut, kamu bisa meminta bantuan KBRI di wilayah setempat. Banyak orang lalai menjaga dokumennya ketika sudah menjadi TKI sebab merasa tidak terlalu penting.

Wah, bayangkan saja jika kamu tidak punya paspor. Bisa-bisa ditangkap polisi setempat karena dianggap imigran gelap. Selain itu, untuk memudahkan urusan kirim uang ke Indonesia cobalah gunakan aplikasi Qelola. Tidak ada tambahan biaya untuk kirim uang luar negeri terutama dari Malaysia ke Indonesia. Unduh gratis aplikasi ini di Google Play Store dan nikmati manfaat lainnya!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,