Cek di Sini, Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Leher

sakit leher

Sakit leher kerap dikeluhkan baik hanya pegal hingga merasakan nyeri hebat. Pegal hingga nyeri pada tengkuk ini kadang kala tidak diketahui penyebab pastinya. Leher merupakan bagian tubuh rentan sakit karena mudah cedera serta mengalami peradangan. Leher terdiri dari tulang belakang dari tengkorak sampai bagian tubuh bagian atas. Adanya otot leher, ligamen serta tulang menopang kepala sehingga memungkinkan adanya gerakan.

Saat ada cedera, peradangan, atau kelainan tertentu akan menyebabkan nyeri, leher terasa kaku, hingga sakit leher. Nyeri leher yang dirasakan oleh orang-orang zaman sekarang tidak hanya satu atau dua kali. Masalah pada leher ini bisa saja terjadi beberapa kali terutama para pekerja di kantor. Para pekerja memaksakan diri untuk terus duduk, mengerjakan pekerjaan. Selain itu, pekerja harus berjam-jam menatap layar komputer, laptop, ataupun handphone.

Mereka melakukan rutinitas yang monoton sehingga otot jadi tegang termasuk bagian leher. Saat ini juga semakin banyak orang yang mengeluhkan sakit leher karena asyik main game. Ketika merasakan sakit leher tentunya dapat mengganggu saat beraktivitas. Kamu pun tidak nyaman beraktivitas meskipun hanya duduk.

kelelahan 700x500 - Cek di Sini, Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Leher

Sumber:PIxabay/ Lukas Bieri

Berikut Penyebab Sakit Leher

Sakit pada bagian leher ini bisa terjadi beberapa hari bahkan sampai seminggu. Tentu saja ada berbagai penyebab sakit leher dari yang ringan hingga berat. Penyebab sakit pada bagian leher ini perlu diketahui agar kamu pun bisa mengatasinya dengan benar. Simak dulu penyebab sakit leher yang umumnya terjadi.

  • Leher kaku

Otot pada bagian leher tegang atau kaku. Hal ini dikarenakan tidur tanpa penopang leher, salah posisi tidur, postur duduk yang kurang pas, terlalu lama duduk, kepala terlalu lama membungkuk.

  • Cedera

Masalah cedera pada leher dapat terjadi karena mengalami kecelakaan, terjatuh, latihan fisik yang berat, olahraga, pukulan ke arah wajah, terpeleset, benturan dan lainnya.

Cedera pada leher, yang bisa terjadi karena kecelakaan mobil atau motor, jatuh dari ketinggian, terpeleset, pukulan langsung ke arah wajah, dan cedera akibat olahraga. Cedera tersebut menyebabkan terjadinya whiplash, yaitu cedera leher karena hentakan kepala mendadak ke satu arah.

  • Saraf terjepit

Masalah sakit leher bisa disebabkan oleh saraf terjepit (spondilosis servikal). Ada tekanan pada bagian saraf tulang belakang. Masalah ini bisa jadi dialami oleh para orang tua tetapi bisa juga dialami kaum muda.

  • Gangguan sendi

Radang sendi juga bisa jadi salah satu penyebab kerap mengeluhkan nyeri atau pegal di leher. Ada tumbukan bantalan antartulang. Demikian juga rematik juga bisa menyebabkan sakit. Faktor usia juga akan memperparah masalah sendi tersebut.

  • Penyakit

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kaku hingga nyeri leher seperti meningitis, kanker, rheumatoid arthritis.

Gejala-gejala yang Dialami

Ada beberapa gejala yang dirasakan ketika mengalami sakit pada leher mulai dari ringan maupun berat. Berikut gejala-gelajanya:

  • Terasa kencang atau pegal
  • Pusing
  • Sulit menggerakkan leher bahkan sangat sakit ketika untuk menoleh atau digerakkan
  • Nyeri pada area punggung bagian atas
  • Nyeri pada area bahu

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ada beberapa cara mengatasi sakit leher dan tentunya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Kamu dapat mengatasinya dengan langkah sederhana mulai dari alami hingga menggunakan obat pereda nyeri. Berikut cara mengatasi atau menghilangkan rasa tak nyaman di leher:

  • Kompres leher

Kompreslah bagian leher yang pegal atau nyeri dengan es batu. Kamu dapat membalut es batu dengan handuk kecil. Tempelkan pada area yang sakit. Selanjutnya, kompres dengan botol berisi air panas untuk meredakan nyeri pada leher.

memijat 700x466 - Cek di Sini, Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Leher

  • Memijat

Cara mengatasi nyeri leher berikutnya adalah memijat area leher yang sakit. Pijat perlahan supaya area leher rileks. Kamu pun bisa menggunakan balsem, minyak urut, ataupun obat gosok lainya. Ada berbagai produk obat gosok atau minyak gosok untuk meredakan nyeri, otot tegang maupun pegal.

  • Lakukan senam leher

Kamu juga perlu melakukan senam untuk meregangkan otot leher yang kaku. Lakukan peregangan dengan cara berdiri tegak dan arahkan padangan ke depan. Mirikan kepala ke samping kanan kemudian lingkarkan tangan ke atas kepala sampai menyentuh telinga. Tahan beberapa detik dan jaga pandangan tetap ke arah depan. Lakukan pada arah sebaliknya dan caranya sama. Kamu bisa mengulangi gerakan ini sebanyak empat kali.

  • Gunakan bantal

Kamu harus tetap menopang kepala saat tidur dan usahakan pilih bantal dengan bahan memory foam. Hindari posisi tidur tengkurap agar masalah nyeri leher bagian belakang tidak semakin parah. Bisa tidur dengan posisi terlentang atau miring ke samping kanan atau kiri. Kamu bisa melakukan fisioterapi ketika nyeri leher sudah terasa sangat menyiksa. Fisioterapi akan dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh.

Kondisi ini biasanya juga akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa. Namun, jika sakit leher tidak kunjung sembuh dan semakin sakit ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Untuk mempermudah berbagai aktivitas pembayaran hingga transfer uang, kamu dapat menggunakan aplikasi Qelola. Segera unduh aplikasi Qelola di sini agar lekas merasakan manfaatnya.

Kamu hanya cukup melakukan transfer uang, bayar tagihan listrik, air, bayar BPJS, maupun beli pulsa hanya lewat handphonemu saja. Kamu juga bisa mendapatkan aneka informasi menarik di website Qelola.

Tags: , , , , ,