Apa Itu Magang? Pahami Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya!

awal apa itu magang

Istilah magang biasanya dekat dengan para mahasiswa tingkat akhir. Umumnya, kegiatan ini menjadi salah satu syarat untuk menyelesaikan studi yang kamu tempuh. Kegiatan magang tidak hanya sebatas pada mahasiswa, tetapi juga untuk siswa SMK Kelas 3 dengan program Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) selama beberapa waktu. Program pelatihan ini penting karena kompetisi dunia kerja yang semakin tinggi. Untuk itu, yuk cari tahu apa itu magang?

Pengertian Magang

pengertian 1 700x467 - Apa Itu Magang? Pahami Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya!

sumber: Pexels.com

Apa itu magang? Kegiatan ini, tertuang dalam Undang-Undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan serta Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no Per 22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan Dalam Negeri. Dalam peraturan tersebut, magang adalah bagian sistem pelatihan kerja yang penyelenggaraannya secara terpadu oleh lembaga pelatihan. Peserta magang bekerja secara langsung berada pada bimbingan dan pengawasan pekerja yang lebih berpengalaman. Kegiatan tersebut kebanyakan mengajarkan tentang proses produksi barang dan/atau jasa perusahaan. Kegiatan kerja lapangan ini bertujuan agar peserta menguasai keterampilan atau keahlian tertentu secara praktik.

Magang atau pelatihan kerja dapat berarti sebagai kegiatan untuk mendapatkan, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi kerja. Kompetensi tersebut yaitu produktivitas kerja, sikap, disiplin, etos kerja dan keahlian tertentu sesuai dengan kualifikasi pekerjaan. Proses pelatihan menempatkan seseorang pada perusahaan sendiri atau perusahaan lain yang menyelenggarakan pelatihan kerja. Jangkauan magang juga tidak hanya dalam negeri, tetapi hingga luar wilayah Indonesia. Kegiatan magang harus sesuai perjanjian tertulis antara peserta dan perusahaan. Perjanjian bisa berupa kontrak kerja atau surat perjanjian yang lain. Hal ini berguna untuk melindungi kamu dari tindakan eksploitasi pekerja. Hal ini menjadi penting untuk kamu mengerti apa itu magang.

Manfaat Magang

manfaat 700x467 - Apa Itu Magang? Pahami Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya!

sumber: Pexels.com

Apa itu magang? Memang ada manfaatnya? Eits, ada banyak sekali manfaat yang berguna bagi kamu peserta internship karena kegiatan ini memiliki peran penting bagi mahasiswa atau pelajar sekolah ketika terjun pada dunia kerja. Melalui pelatihan kerja lapangan ini, Kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dan bekal pembelajaran sebelum masuk ke pekerjaan. Berikut ini ada beberapa ragam manfaat yang bisa kamu dapat, apa saja?

Pengalaman Kerja Sesuai Keahlian

Pengalaman kerja menjadi “hadiah” pertama bagi Kamu yang melakukan kegiatan magang. Manfaat ini cukup berharga dan menjadi bekal sebelum menapaki dunia kerja yang Kamu pilih. Beberapa ahli mengatakan bahwa internship menjadi cara yang tepat bagi lulusan baru untuk mendapatkan pengalaman dan gambaran terkait dunia kerja yang sesungguhnya. Kegiatan ini juga membantu Kamu mendapat kesempatan kerja yang lebih besar ketika lulus. Hal ini karena Kamu telah memiliki pengalaman kerja sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Masih ragu dengan apa itu magang?

Mengembangkan Potensi Dalam Diri

Mahasiswa atau pelajar biasanya mendapatkan ilmu dan teori selama kelas. Teori ini sebagai bekal pengetahuan dasar yang kamu peroleh untuk membangun pola pikir. Dengan internship, teori tadi akhirnya kamu praktikkan dengan melihat dan terjun langsung ke dunia kerja. Magang sebagai bentuk kegiatan pengembangan diri yang bisa Kamu rasakan manfaatnya. Potensi yang Kamu miliki juga bisa maksimal dengan program pelatihan kerja lapangan karena secara tidak langsung melatih diri sendiri untuk bekerja. Semakin jelas bukan apa itu magang?

Menambah Portofolio

Dengan melakukan internship, Kamu bisa menambahkan catatan pengalaman kerja ke dalam CV atau biodata ketika akan melamar pekerjaan. Hal ini menjadi manfaat yang bagus bagi Kamu maupun perusahaan. Dari pengalaman itu, perusahaan memiliki pandangan lain untuk mempertimbangkan lamaran kerja. Saat wawancara dengan perusahaan, Kamu bisa menceritakan pengalaman kerja yang pernah kamu jalani selama program tersebut berlangsung. Hal itu bisa memberikan poin tambah bagi Kamu.

Membangun Relasi

Program internship ini memiliki manfaat untuk mengembangkan kemampuan pesertanya. Perusahaan yang memberikan peluang bekerja sebagai internship juga mendapatkan keuntungan. Selain mendapatkan pekerja dengan yang berkualitas, pihak perusahaan juga terbantu. Selain mendapatkan pengalaman kerja, peserta juga bisa membangun relasi dengan sesama peserta yang lain, maupun dengan pekerja profesional yang menjadi pembimbing. Tidak menutup kemungkinan, jaringan yang sudah Kamu bangun menjadi hal penting ke depannya.

Tips Magang

tips 700x467 - Apa Itu Magang? Pahami Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya!

sumber: Pexels.com

Kegiatan internship memang menjadi hal penting sebelum terjun ke dunia kerja. Banyak sekali orang yang berlomba-lomba agar bisa menempatkan diri pada perusahaan yang mereka inginkan. Bukan tanpa alasan, memiliki pengalaman bekerja di perusahaan yang sesuai akan menjadi nilai lebih ketika Kamu melamar kerja di perusahaan tersebut. Agar tidak salah, intip beberapa tips untuk lebih mengenal apa itu magang berikut ini:

  • Cari informasi mengenai pekerjaan cocok dengan bidang Kamu. Pastikan untuk memilih pelatihan kerja yang sesuai dengan pekerjaan impian Kamu.

  • Menggali informasi perusahaan yang kamu pilih untuk magang.

  • Mempertimbangkan lokasi pekerjaan juga menjadi hal penting. Jangan sampai memilih lokasi perusahaan dengan beban biaya tranportasi yang tinggi.

  • Membuat proposal pengajuan yang sesuai, karena akan Kamu serahkan kepada perusahaan. Selain proposal juga mempersiapkan berkas sesuai permintaan perusahaan.

  • Pastikan perusahaan yang Kamu pilih mampu memberikan pengalaman untuk mengembangkan potensi dan kemampuan diri.

  • Pastikan durasi kerja sesuai dengan kegiatan yang masih Kamu lakukan. Magang biasanya membutuhkan waktu antara 3-6 bulan. Jangan sampai waktu magang memakan waktu Kamu untuk menyelesaikan sekolah.

  • Mempersiapkan mental kerja, karena suasana dunia kerja dengan sekolah atau kampus sangat berbeda.

  • Mengatur finansial atau budget, terlebih bagi Kamu yang memilih magang pada perusahaan luar kota. Kamu akan memerlukan biaya kos, makan, dan transportasi.

Tak perlu khawatir dengan apa itu magang dan bagaimana cara mengatur finansial pada saat kamu menjalaninya. Cukup kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya sesuai dengan kebutuhanmu untuk belajar cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,