Anti Leher Kaku! Cara Alami Ini Ampuh Untuk Mengobati

sakit leher kaku

Leher kaku biasanya cukup mengganggu apalagi buat kamu yang bekerja. Kondisi ini bisa muncul karena banyak faktor dan membuat tidak nyaman. Kamu perlu mencermati, bagaimana leher kaku bisa terjadi? Apakah kamu salah posisi tidur? Atau terlalu banyak duduk ketika bekerja? Sebenarnya kondisi ini bisa cepat berlalu, namun pada beberapa kasus memerlukan tindakan medis karena mengindikasikan gejala penyakit tertentu.

Istilah medis dari sakit leher kaku yang kamu alami adalah Spondilosis Servikal. Sakit leher yang kamu alami membuat kamu kesulitan untuk bergerak, menengok dan menoleh. Jika kamu mengalami hal tersebut, bisa jadi kondisimu tidak berbahaya dan tidak membuat komplikasi yang serius. Lalu apa penyebab terjadinya leher kaku yang kamu alami? Simak ulasannya!

Penyebab Leher Kaku

Mengalami kekakuan bisa karena banyak faktor, yang jelas adalah anda bahwa leher mungkin beraktifitas secara berlebihan. Dengan penanganan yang tepat, sakit leher bisa sembuh sendiri dengan durasi berkisar antara 1-2 minggu. Supaya lebih jelas, simak beberapa penyebab leher kaku berikut:

Tegangan Otot

tegang otot 700x467 - Anti Leher Kaku! Cara Alami Ini Ampuh Untuk Mengobati

sumber: Pexels.com

Leher kaku bisa membuat rasa sakit pada area sekitar leher dan jadi indikasi adanya ketegangan otot. Ketegangan pada leher bisa karena posisi saat tidur, kebiasaan membawa ransel yang berat baik itu ransel samping maupun backpack. Selain itu postur tubuh terutama ketika kamu bekerja dengan banyak duduk. Menatap layar laptop dengan tinggi yang tidak proporsional bisa memicu munculnya sakit ini.

Kerusakan Sendi

Sendi leher mengalami radang hingga akhirnya menimbulkan rasa nyeri berujung kaku. Radang ini akan semakin terasa ketika kamu berada dalam posisi yang sama selama beberapa waktu. Contohnya, ketika sedang menyetir dan bekerja melihat layar komputer dalam jangka waktu lama. Sendi yang diam, akan menjadi kaku dan menegang karena posisi tubuh tidak rileks. Hal ini terjadi karena bantalan tulang rawan pada tulang belakang dan leher mulai terkikis.

Saraf Terjepit

Saraf terjepit tidak hanya terjadi pada tulang belakang, leher pun bisa. Radikulopati servikal adalah istilah medis untuk kondisi leher kaku karena saraf terjepit. Kejadian ini karena bantalan antara ruas tulang menonjol sehingga menekan sistem saraf sekitar areanya. Saraf terjepit pada leher umumnya terletak pada ruas tulang leher ketujuh dan keenam dengan variasi tingkatan rasa sakit.

Cedera

cedera 700x467 - Anti Leher Kaku! Cara Alami Ini Ampuh Untuk Mengobati

sumber: Pexels.com

Selain kaku dan kejang otot, leher kaku bisa muncul karena pernah ada riwayat cedera. Cedera leher bisa banyak bentuk, mulai dari postur tubuh yang tidak baik hingga kecelakaan. Kondisi sakit leher yang mudah dijumpai adalah cedera whiplash atau leher keseleo. Kejadian ini bisa kamu rasakan ketika kepala dan leher kamu secara tiba-tiba tersentak ke arah depan atau belakang. Rasa nyeri yang muncul karena jaringan lunak pada leher hingga tulang belakang tertarik secara tiba-tiba sehingga mengalami kerusakan.

Rematik

Leher juga bisa terserang rematik loh! Kondisi ini dalam istilah medis bernama Rheumatoid Arthritis yang tingkat keparahannya bervariasi. Pada beberapa orang, bisa saja mengalami nyeri hebat dan juga pembengkakan pada sendi area leher. Rasa nyeri hingga sakit kepala bisa muncul dan semakin sakit ketika menggerakkan leher atau kepala untuk menoleh atau miring. Kamu juga akan mengalami leher bagian belakang berdenyut dan nyeri.

Stres

stres 700x482 - Anti Leher Kaku! Cara Alami Ini Ampuh Untuk Mengobati

sumber: Pexels.com

Masalah sejuta umat ini juga menjadi salah satu pemicu munculnya leher kaku. Stres karena pekerjaan membuat otot-otot menegang, tak terkecuali otot leher. Kekakuan yang kamu alami adalah sinyal bahwa tubuh sedang mengalami sesuatu dalam kurun beberapa waktu. Kurangi aktifitas yang memicu kamu untuk stres. Lakukan relaksasi dan olahraga rutin untuk membantu melemaskan otot.

Cara Mengatasi Leher Kaku

Setelah mengetahui penyebab leher kaku, ada baiknya kamu mulai untuk mengobati jika keadaan tersebut terjadi. Cara mengatasi gejala tersebut bisa berbagai macam tergantung tingkat keparahan. Untuk kondisi ringan, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama ketika nyeri leher mulai terjadi, apa saja?

Kompres Panas Dingin

Nyeri akibat leher kaku bisa teratasi dengan melakukan kompres panas dingin. Kompres ini adalah gabungan dengan menggunakan bahan es batu dan air hangat. Medical News Today menulis, kompres seperti ini membantu mengurangi rasa sakit akibat nyeri leher. Kompres dingin menggunakan es batu bertujuan untuk meredakan radang dan bengkak ringan. Caranya, tempelkan es batu yagn sudah terbalut kain pada leher yang sakit selama 20 menit. Lalu beri jeda selama 20 menit. Ulangi bila perlu.

Kompres panas bisa menggunakan bantalan panas yang bertujuan merelaksasi otot yang tegang. Bisa juga dengan mandi air hangat untuk meredakan nyeri. Gunakan shower untuk menyiram titik nyeri pada leher selama beberapa waktu. Hati-hati pada suhu air yang kamu gunakan, usahakan tidak terlalu panas agar tidak melukai kulit. Ulangi jika merasa lebih baik.

Pijatan

Siapa yang tak suka pijat? Nyatanya banyak orang memilih memijat ketika tubuh mengalami nyeri atau kaku. Pijat membantu kamu untuk meredakan stres dan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Ketika leher kamu kaku, pijat area leher perlahan dengan tambahan minyak pijat agar lebih licin dan nyaman. Pijat memang belum tentu menyembuhkan, namun bisa mengurangi rasa sakit.

Perbaikan Postur

postur tubuh 700x467 - Anti Leher Kaku! Cara Alami Ini Ampuh Untuk Mengobati

sumber: Pexels.com

Perhatikan postur tubuh terutama ketika sedang bekerja dan duduk seharian. Fokus pada area bahu, leher dan punggung agar tetap berada pada garis lurus setiap hari. Jika kamu bekerja, perhatikan postur selama bekerja dengan menata ketinggian tempat duduk dan posisi layar komputer. Usahakan mencari kursi yang memiliki sandaran untuk support tulang belakang.

Berendam

berendam 700x467 - Anti Leher Kaku! Cara Alami Ini Ampuh Untuk Mengobati

sumber: Pexels.com

Berendam air hangat pada bathtub adalah langkah jitu untuk relaksasi badan. Ide ini bagus juga untuk kamu pakai ketika mengalami leher kaku. Air hangat, sabun wangi, dan lilin aromaterapi bisa kamu gunakan ketika berendam. Cara ini bisa membantu tubuh menjadi rileks karena air hangat.

Mandi Air Hangat

mandi air hangat 700x467 - Anti Leher Kaku! Cara Alami Ini Ampuh Untuk Mengobati

sumber: Pexels.com

Mandi dengan air hangat sesekali bisa bermanfaat untuk mengurangi kekakuan pada badan. Air hangat memiliki manfaat relaksasi dan membuka pori-pori. Hujani badan dengan shower air hangat ketika mandi membantumu lebih segar dan juga mengurangi sensasi kaku pada leher.

Mengetahui cara mengatasi leher kaku membuat kamu bisa berbuat lebih dan bisa mengantisipasi ketika suatu saat hal tersbut terjadi. Tapi kamu tak perlu khawatir karena website Qelola memberikan informasi lengkap sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,