7 Alasan Resign yang Bijak dan Profesional

Alasan Resign

Alasan resign tidak bisa sembarangan saja sebab berpengaruh terhadap nama baik kamu nantinya. Kamu perlu memberi alasan yang bijak dan profesional ketika ingin mengundurkan diri dari pekerjaan. Bayangkan jika kamu mengatakan bahwa berhenti kerja karena merasa malas, tentunya value dirimu menjadi turun.

Untuk itu, kamu perlu menyesuaikan alasan resign yang diberikan. Bukan berarti harus berbohong, ya. Jika kondisi memang mendesak seperti sakit keras, harus berpindah negara, atau mengalami gangguan mental maka bisa dibicarakan baik-baik. Meski terkesan kurang profesional, namun alasan mendesak biasanya tetap diterima.

Hanya saja, pada kasus umum sebaiknya gunakan alasan logis yang bijak. Dengan begitu kamu juga akan dianggap tetap profesional dan mendapat surat rekomendasi kerja untuk melamar pekerjaan lain. Berikut ini beberapa alasan berhenti kerja yang bijak dan profesional yang sebaiknya kamu ketahui.

1. Ingin Melanjutkan Studi Kembali

graduation 907565 640 - 7 Alasan Resign yang Bijak dan Profesional

Sumber: pixabay

Melanjutkan studi merupakan hal baik yang tentu akan didukung banyak pihak termasuk tempat bekerjamu sebelumnya. Selain menambah ilmu, melakukan studi dengan jenjang lebih tinggi dapat menunjang karir. Bahkan ada juga tempat kerja yang masih mengizinkanmu tetap bekerja sambil lanjut sekolah. Tidak sedikit juga perusahaan yang bersedia membantu biaya studi karyawannya untuk kenaikan karir sebab dianggap potensial. Jadi, tidak perlu berhenti kerja karena sekolah dan malah mendapat biaya tambahan. Wah, asyik sekali, ya?

2. Mendapat Tawaran yang Lebih Baik 

Alasan resign selanjutnya yang cukup sering digunakan yaitu mendapat tawaran pekerjaan lain yang lebih baik. Meski terdengar egois, namun alasan ini cukup bijak dan profesional. Semua orang tentu berharap kehidupannya akan semakin baik dari waktu ke waktu. Jika perusahaan baru memberi penawaran lebih seperti gaji lebih tinggi, jam kerja lebih fleksibel, atau tunjangan lebih luas, tentu tidak ada salahnya untuk pindah kerja.

3. Ingin Melakukan Perubahan Karir

Ada juga orang yang merasa tertekan dan kurang menikmati pekerjaan saat ini. Perubahan karar sangat diidamkan dan ketika kesempatan tiba, maka resign menjadi pilihan. Alasan tersebut bisa digunakan dan cumul profesional. Misalnya saat ini Anda bekerja sebagai sales, padahal latar belakang pendidikan adalah akuntan. Saat Anda ingin mengubah karir dari sales menjadi akuntan, sampaikan hal tersebut pada perusahaan tempat bekerja sebelumnya sehingga mereka bisa memahami alasan resign.

4. Alasan yang Berhubungan dengan Keluarga

family 2610205 640 - 7 Alasan Resign yang Bijak dan Profesional

Sumber: pixabay

Alasan yang berhubungan dengan keluarga paling sering digunakan dibanding yang lainnya. Selain bijak dan tetap profesional, alasan ini sangat aman ketika kamu tidak ingin menjelaskan secara detail mengapa memutuskan berhenti bekerja. Tidak hanya itu, alasan yang berhubungan dengan keluarga juga pasti diterima sebab termasuk hal penting dan bendesak di hidup seseorang.

5. Lingkungan yang Tidak Lagi Mendukung 

Lingkungan yang toxic akan membuat kamu tidak bersemangat kerja. Jika terus menerus, performa akan menurun dan kamu bisa dicap kurang skill dalam bekerja. Banyak orang memutuskan untuk keluar kerja karena lingkungan yang tidak lagi mendukung. Alasan resign ini dapat dipahami dan nama baikmu bisa tetap terjaga setelah keluar kerja.

6. Ingin Berkembang dan Tantangan Baru 

Rasa bosan dan jenuh saat bekerja tentu akan hadir. Apalagi jika kamu sudah melakukan pekerjaan yang sama selama bertahun-tahun. Seringkali kebosanan tersebut diatasi dengan adanya inovasi di lingkungan kerja atau pada sistem pengerjaan. Hanya saja, terkadang jika rasa jenuh telah memuncak akhirnya kamu menjadi stagnan. Mengajukan alasan resign berupa ingin mendapat tantangan baru dan semakin mengembangkan diri boleh dilakukan dan tetap menjaga profesionalitasmu.

7. Gaji yang Kurang Sesuai

purse 3548021 640 - 7 Alasan Resign yang Bijak dan Profesional

Sumber: pixabay

Gaji atau pendapatan merupakan masalah klasik yang memicu masalah. Banyak orang merasa ingin berhenti kerja karena gaji yang diterima dirasa belum sesuai dengan beban kerja. Gaji yang kurang sesuai bisa dijadikan alasan resign selama kamu bisa menjelaskan perbandingannya dengan tanggung jawab pekerjaan yang kamu pegang. Kebutuhan terkait uang menjadi hal logis yang bisa dijadikan pertimbangan untuk tetap bekerja di suatu tempat atau memutuskan berhenti. Artinya, gaji yang kurang sesuai merupakan alasan resign yang bijak dan cukup profesional, apalagi jika memang sudah dirasa over work but under paid.

 

Setelah mengajukan pengunduran diri, sempatkan diri untuk beristirahat meski hanya sehari. Tujuannya yaitu membuat pikiran dan tubuh lebih segar dalam menghadapi pekerjaan baru. Jika kamu belum mendapat pekerjaan baru, tidak perlu panik. Habiskan sebulan untuk bersantai setelah bekerja tanpa henti sekian lama. Kamu bisa bertahan dengan mengandalkan uang darurat sementara.

Selama mencari pekerjaan baru, usahakan untuk lebih hemat dan memperhatikan pengeluaran. Lakukan pengelolaan keuangan dengan teliti agar tetap terhindar dari utang. Gunakan bantuan aplikasi Qelola jika kirim uang luar negeri sebab bebas biaya tambahan. Selain itu, pembayaran tagihan rutin misalnya BPJS bisa dilakukan via aplikasi ini. Unduh secara gratis aplikasi Qelola di Google Play Store segera dan nikmati kemudahannya!

Tags: , , , , , , , , , , , ,