Mulai Hidup Sehat Dengan Konsumsi Gizi Seimbang

gizi seimbang - Mulai Hidup Sehat Dengan Konsumsi Gizi Seimbang

Sudah cukupkah kandungan gizi yang terdapat dalam menu makanan Anda sehari-hari? Jarang sekali orang yang memperhatikan hal ini. Yang penting perut terasa kenyang, sehingga apa yang dikonsumsi terkadang tidak memenuhi apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya anak-anak yang membutuhkan gizi seimbang, orang dewasa bahkan lansia pun demikian halnya. Ini yang terkadang sering diabaikan.

Apa Itu Menu Gizi Seimbang?

Menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan porsi yang sesuai sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan. Seberapa banyak kebutuhan gizi tiap orang tentunya berbeda, tergantung usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan.

Kebutuhan Energi pada Orang Dewasa

Kebutuhan energi pada orang dewasa 1700-2250 kalori. Untuk mencegah terjadinya penyakit gangguan metabolisme perlu menyeimbangkan masukan energi sesuai dengan kebutuhan tubuh, agar tidak terjadi penimbunan energi dalam bentuk cadangan lemak dalam tubuh. Berikut adalah zat yang dibutuhkan tubuh :

  1. Karbohidrat
    Merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Energi yang dibutuhkan tubuh dianjurkan sekitar 60% berasal dari sumber karbohidrat. Bahan makanan sumber karbohidrat : padi, gandum, kentang, singkong, ubi jalar, roti dll.
  2. Protein
    Protein adalah zat utama dalam pembentukan dan pertumbuhan jaringan tubuh. Protein dapat diperoleh dari hewan (protein hewani : telur, daging, susu, keju, ikan, dll), dan dapat diperoleh dari tumbuhan (protein nabati : kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dll).
  3. Lemak
    Termasuk sumber energi bagi tubuh, Konsumsi lemak yang tinggi dari makanan kemungkinan akan menaikkan kadar lipid darah yang disertai peningkatan risiko terserang penyakit jantung koroner. Makanan sumber lemak berasal dari daging, telur, minyak jagung, minyak kacang, kedelai, ikan, susu dll
  4. Vitamin
    Vitamin adalah zat yang tidak bisa diproduksi tubuh. Meski vitamin yang dibutuhkan tubuh kita tergolong sedikit kita tetap harus memenuhinya, sebab fungsi vitamin tidak dapat digantikan dengan zat lain. Vitamin diperlukan untuk pertumbuhan, kekebalan tubuh, dan reproduksi. Vitamin tidak memberikan energi tapi berperan sebagai pengatur (fungsi regulator). Bila tubuh yang kekurangan vitamin dapat menderita Avitaminosis atau defisiensi.
  5. Mineral
    Mineral berfungsi sebagai bahan pembentuk berbagai jaringan tubuh, misalnya tulang dan gigi (Ca dan P), rambut, kuku, dan kulit (S), sel-sel darah merah (Fe). Mineral juga berfungsi untuk proses penggumpalan darah, metabolisme tubuh, mengatur keseimbangan keasaman cairan tubuh. Bila kita kekurangan mineral, tubuh dapat menderita penyakit defisiensi.
  6. Air
    Tubuh manusia mengandung air sekitar 60% – 65% dari berat tubuh. Air sangat penting bagi tubuh sebab air berfungsi sebagai medium berbagai reaksi kimia dalam tubuh, mengangkut nutrisi ke berbagai jaringan, mengangkut sisa metabolisme keluar tubuh, dan sebagai pelarut senyawa-senyawa lainnya. Air dapat diperoleh langsung dengan meminum air atau dari mengkonsumsi buah atau sayuran.

Keaneka Ragaman Makanan

Departemen Kesehatan RI menganjurkan agar seseorang perlu mengonsumsi aneka ragam makanan. Adapun yang dimaksud dengan keaneka ragaman makanan adalah hidangan yang paling tidak terdiri dari 4 kelompok bahan makanan yaitu :

  1. Satu jenis atau lebih karbohidrat 35% misalnya beras, jagung, gandum, ubi kayu, kentang, sagu, dan sebagainya.
  2. Satu jenis atau lebih Protein 15% misalnya kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dan sebagainya.
  3. Satu jenis atau lebih makanan kelompok buah-buahan 15% + sayuran 35% sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya buah pisang, apel, pepaya, jeruk, dan sebagainya. sayuran wortel, bayam, kangkung, dan sebagainya.

Baca Juga : Pentingnya Menjaga Pola Makan Sehat Agar Daya Tahan Tubuh Terjaga

Cara Mendapatkan Gizi Seimbang bagi TKI       

Bagi para TKI yang bekerja di luar negeri. Memberi perhatian untuk asupan gizi seimbang sangatlah penting. Tidak harus mahal anda bisa memenuhi kebutuhan gizi secara murah dengan bahan makanan semacam produk nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, gandum dan juga didapat dari produk hewani seperti telur, keju, daging, ikan. Setiap sel dan organ dalam tubuh Anda membutuhkan protein.

Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa bahan murah di bawah ini agar keperluan gizi tercukupi :

Telur

telur 700x412 - Mulai Hidup Sehat Dengan Konsumsi Gizi Seimbang

sumber : pexels

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki gizi tinggi serta mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Ditambah harganya yang ekonomis, membuat semua kalangan bisa merasakan manfaat dari konsumsi telur.

Cara pengolahannya pun amatlah mudah dan beragam, cukup dengan digoreng, orak-arik, dan sebagainya, Anda sudah bisa mendapatkan lauk yang praktis lagi menyehatkan. Nah, daripada nyetok makanan instan yang rendah gizi, lebih baik Anda kamu penuhi isi kulkas dengan telur yang bergizi tinggi ini.

Tempe

Karena Malaysia masih bertetangga dengan Indonesia, Anda juga bisa menemukan tempe dengan mudah di sana. Makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai ini mengandung protein yang sangat tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh.

Tak hanya itu, tempe juga memiliki segudang manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Ditambah bahan makanan ini dapat diolah dengan mudah dan memiliki rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Supaya Anda bisa mendapatkan manfaat tempe kapan saja, Anda wajib mengisi lemari es dengan persediaan tempe yang banyak.

Sayuran

sayuran 700x468 - Mulai Hidup Sehat Dengan Konsumsi Gizi Seimbang

sumber : pexels

Bahan makanan lain yang harus ada di rumahmu adalah sayuran. Dengan harga yang amat sangat terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan bahan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Jadi, sudah sepatutnya sayuran hijau selalu ada di dalam menu masakan dan menjadi salah satu menu wajib setiap hari.

Sembari mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, pastikan Anda dan seluruh anggota keluarga telah memiliki asuransi kesehatan. Sehingga Anda akan lebih tenang, jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada kesehatan Anda. Pastikan BPJS Kesehatan Anda terus aktif, agar bisa digunakan kapan saja. Biasanya, yang menjadi penyebab kepesertaan BPJS menjadi tidak aktif adalah jika Anda tidak membayar tagihannya. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola yang bisa Anda gunakan untuk kirim uang ke luar negeri, untuk bayar tagihan BPJS juga. Yuk, ajak keluarga dan sahabat Anda pakai Qelola juga! Atau klik di sini untuk download aplikasinya.

 

Tags: , , , , , , , ,