9 Tips Kerja Cerdas Menjadi Lebih Produktif Tanpa Lelah

smart 2 - 9 Tips Kerja Cerdas Menjadi Lebih Produktif Tanpa Lelah

Bekerja dengan cerdas atau keras? Mana yang harus Anda pilih? Apakah keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing? Tentunya kita sering mendengar kata-kata tersebut, namun sebagian besar dari kita belum mengetahui apa itu kerja cerdas, sehingga topik pembahasan ini sangat menarik, karena seiring berjalannya waktu, tentunya kedua situasi tersebut Akan sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin kompleks.

Sejak kecil kita diajarkan untuk bekerja keras agar mendapatkan apa yang kita inginkan. Tetapi belakangan mulai muncul konsep baru yaitu Kerja Cerdas. Ya, ini seperti jawaban bahwa kerja keras saja tidak selalu tepat. Apalagi zaman sudah berubah, teknologi justru membuat manusia tidak perlu kerja keras melainkan harus kerja cerdas agar tidak kalah dengan teknologi itu sendiri.

Kerja cerdas merupakan sebuah Pekerjaan yang secara bijaksana dilakukan bagaimana kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dengan beban kerja yang sama, atau mendapatkan hasil yang sama dengan beban kerja yang lebih sedikit, dan bagaimana bekerja sebaik mungkin. Kuncinya adalah menggunakan leverage. Leverage adalah alat yang memungkinkan kita menyelesaikan pekerjaan dengan sedikit usaha.

  1. Fokus Pada Tujuan

fokus - 9 Tips Kerja Cerdas Menjadi Lebih Produktif Tanpa Lelah

sumber : pexels

Fokus pada apa yang ingin dicapai adalah cara agar anda tidak mudah tergoda dengan hal-hal lainnya. Penting pula untuk berani mengatakan ‘tidak’ untuk pekerjaan yang dirasa bukan menjadi tanggung jawab anda. Ingat, multitasking memang bagus, tetapi bukan berarti menjadi baik untuk selalu dilakukan.

Seorang Profesor Ilmu Saraf dari The Picower Institute for Learning and Memory bernama Earl Miller, menyatakan bahwa manusia memiliki kapasitas untuk berpikir simultan sehingga menganggap diri multitasking adalah ilusi yang justru dapat merusak produktivitas, menyebabkan kesalahan, dan menghambat pemikiran kreatif.

  1. Lakukan Satu per Satu

Kebanyakan orang berpikir bahwa multitasking dapat melakukan lebih banyak pekerjaan. Nyatanya, hal ini justru melarutkan perhatian. Saat Anda fokus menyelesaikan tugas satu per satu, Anda bekerja lebih efisien. Mulailah pekerjaan kita dengan menuliskan apa yang perlu dilakukan hari itu. Fokus pada tugas yang paling penting terlebih dahulu, lalu lakukan sisanya. Batasi tugas yang paling menantang menjadi 3-5 proyek.

  1. Mencari Metode Bekerja yang Efisien

Sebagai seorang TKI yang ingin bekerja secara cerdas, Anda dianjurkan untuk mencari metode bekerja yang efisien. Dengan bekerja secara efisien maka Anda akan dituntut mencari alternatif lain dalam menyelesaikan sebuah masalah atau tugas yang diberikan. Hal ini tentunya akan lebih baik dikerjakan ketimbang metode kerja yang konvensional.

  1. Buat Prioritas

prioritas 700x394 - 9 Tips Kerja Cerdas Menjadi Lebih Produktif Tanpa Lelah

sumber : pexels

Seperti yang dinyatakan di awal, bekerja cerdas artinya mampu menempatkan prioritas. Buatlah skala prioritas dalam setiap pekerjaan anda. Lakukan pekerjaan prioritas terlebih dahulu atau mendapat perhatian ekstra dibanding memikirkan hal-hal kecil yang tidak berpengaruh besar.

  1. Buat to-Do-List

Agar pekerjaan lebih tertata, anda bisa membuat to-do-list harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Ini bisa menjadi panduan bagi anda untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai alur yang diharapkan. Jika sudah terbiasa, maka ritme kerja akan lebih baik dan bisa meminimalisasi  waktu yang terbuang untuk  kerja yang tidak perlu.

  1. Tetap Fleksibel

group people working out business plan office 700x467 - 9 Tips Kerja Cerdas Menjadi Lebih Produktif Tanpa Lelah

sumber : freepik

Membuat prioritas dan to-do-list tidak semata-mata untuk membuat anda begitu terpaku pada apa yang sudah anda rencanakan. Ingat, waktu berubah, lingkungan dan kondisi pun bersifat dinamis. Artinya, ada kemungkinan bahwa prioritas menjadi ikut berubah. Maka penting pula untuk bisa fleksibel ketika memang hal tersebut dibutuhkan.

  1. Ketahui Waktu Produktif Anda

Tiap orang memiliki waktu produktifnya sendiri. Ada yang merasa lebih bersemangat bekerja saat pagi buta, ada pula yang lebih bersemangat ketika bekerja menjelang malam. Untuk itulah agar kerja cerdas tercapai, anda harus mengenali diri anda sendiri. Mengerjakan pekerjaan ketika waktu produktif akan menghemat banyak waktu karena 4 jam bekerja saat produktif bisa menjadi lebih maksimal hasilnya dibanding memaksakan bekerja 8 jam sepanjang hari.

Baca juga : 7 Tips Memiliki Manajemen Waktu yang Efektif Bagi Pekerja

 

  1. Istirahat yang Cukup

Tidur Nyenyak 700x398 - 9 Tips Kerja Cerdas Menjadi Lebih Produktif Tanpa Lelah

sumber : pexels

Hal terpenting agar kerja cerdas tercapai adalah beristirahat dengan teratur dan cukup. Pastikan otak, tubuh, dan jiwa bisa melepaskan ketegangan kerja sehingga lebih prima menghadapi pekerjaan selanjutnya. Perlu diperhatikan pula bahwa cukup artinya sesuai kadarnya. Istirahat yang lama bukan berarti anda menyimpan energi lebih banyak pula untuk bekerja. Karena nyatanya seseorang yang terlalu banyak istirahat justru akan merasa lebih malas untuk memulai pekerjaan.

  1. Mengasah Kemampuan Komunikasi

Kerja yang cerdas juga harus dibarengi dengan komunikasi yang cerdas. Artinya, kemampuan anda untuk bisa mendengar, menyampaikan pertanyaan, hingga mengeluarkan pendapat harus diasah agar komunikasi dengan lingkungan tidak terkendala. Miskomunikasi bisa berakibat fatal dan akan membuang-buang tenaga dan waktu saja.

Demikianlah informasi seputar kerja cerdas yang perlu diperhatikan agar sebagai TKI Anda bisa bekerja secara maksimal tanpa harus kehilangan waktu dan energi. Untuk urusan keuangan, kamu bisa menggunakan  cara cerdas dengan menggunakan aplikasi keuangan Qelola. Dengan menggunakan Qelola Anda bisa bayar BPJS, bayar listrik, beli pulsa maupun mengisi kuota internet di mana saja dan kapan saja. Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi Qelola di sini dan daftarkan dirimu sekarang juga! Kamu dapat mengunjungi website resmi Qelola untuk mencari informasi menarik lainnya.

 

Tags: , , , , , , , , ,