Deskripsi Diri, Cara Penting Di Terima Kerja Sebagai TKI

desskripsi 2 - Deskripsi Diri, Cara Penting Di Terima Kerja Sebagai TKI

Bagi kalian para pejuang kerja terutama calon TKI yang masih belum berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan, mungkin sudah saatnya kalian melakukan update alias pembaruan deskripsi diri beberapa bagian CV.

Deskripsi diri di dalam CV adalah ringkasan profil yang biasanya ditulis hanya dalam beberapa kalimat singkat untuk menggambarkan pendidikan, keterampilan, pengalaman atau tujuan karier seseorang.

Terkesan sederhana, namun nyatanya bagi calon TKI menulis deskripsi diri tidaklah semudah yang dibayangkan. Selain harus membuatnya secara singkat, kalian juga harus bisa membuatnya semenarik dan seprofesional mungkin di mata perekrut atau HRD.

Nah, bagaimana cara membuatnya? Simak tips menulis deskripsi diri di CV untuk memikat HRD ini sampai habis.

Apa Itu Deskripsi Diri Saat Melamar Kerja?

Deskripsi diri saat mendaftar kerja biasanya merupakan sebuah ringkasan singkat mengenai profil atau data diri kamu. Isi yang menyangkut deskripsi diri ini biasanya sangat singkat dan hanya menggambarkan beberapa informasi atau data pribadi milikmu.

Deskripsi diri dibuat sesederhana dan sesimpel mungkin. Namun, deskripsi diri yang kamu tulis harus terlihat memikat. Untuk bisa membuat deskripsi diri yang menarik dan sederhana kamu bisa lanjut membaca cara-cara ampuh berikut. 

  1. Deskripsi Diri Dibuat Seringkas Mungkin

deskripsi 3 700x467 - Deskripsi Diri, Cara Penting Di Terima Kerja Sebagai TKI

sumber : pexels

Deskripsi diri bisa dibuat dengan singkat dan jelas, namun juga harus menunjukkan point-point plus yang ingin kamu tunjukkan.

Kamu juga harus mengingat bahwa tim rekrutmen sangat sibuk sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk membaca tumpukan CV yang berada di atas mejanya. Jadi, deskripsi dirimu harus dibuat sesingkat mungkin yang mana hal itu untuk memudahkan tim perekrut untuk mendapatkan gambaran mengenai dirimu.

  1. Apa Adanya

Saat Kamu menulis deskripsi diri milikmu, kamu harus menulis apa adanya dalam deskripsimu itu. Hindari kebohongan maupun penulisan kata yang berlebihan, karena itu akan berakibat fatal untukmu saat mulai bekerja. Deskripsikan dirimu secara memikat, terperinci dan apa adanya.

  1. Tentukan Point Yang Ingin Ditonjolkan

Jika sebuah pertanyaan dalam benakmu seperti, “Bagaimana caranya membuat deskripsi diri yang singkat, sedangkan saya memiliki banyak skill dan pengalaman?”

Sebenarnya jawabannya sangat simpel dan mudah, kamu hanya perlu menulis pengalaman dan skill (keahlian) yang kamu miliki. Namun hal yang ditulis harus berhubungan dengan point yang kamu unggulkan dalam CV.

Baca juga: Tips dan Trik Membuat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Mudah Diterima

  1. Fokus pada Pencapaian Yang Pernah Diraih

Dalam hal ini kamu bisa mencantumkan pencapaian apa saja yang pernah kamu capai pada profesimu sebelumnya. Kamu bisa menekankan hal ini dalam deskripsi dirimu. Dijamin tim perekrut akan tertarik dan menjadikan CV milikmu sebagai kandidat utama.

  1. Identifikasi Diri Sendiri

Hal yang harus dipertimbangkan dalam mendiskripsikan diri ialah bagaimana cara kamu memperkenalkan dirimu kepada tim rekrutmen. Kamu bisa menulisnya dengan bahasa yang profesional atau ahli. Kamu juga bisa mencantumkan posisi atau pekerjaan terakhir yang kamu miliki. Dengan memberi banyak informasi positif tentang diri kamu, diharapkan akan menjadi sebuah pertimbangan bagi tempat tujuan kamu bekerja.

  1. Jelaskan Tujuan dari Karier Kamu

company representatives reading applicant resume hiring 700x467 - Deskripsi Diri, Cara Penting Di Terima Kerja Sebagai TKI

sumber : pexels

Pada bagian akhir penulisan deskripsi diri, kamu bisa menjelaskan apa atau bagaimana tujuan karier yang kamu miliki.

Apa hubungannya dengan pekerjaan atau posisi yang Kamu incar. Bagaimana kamu mewujudkan tujuan karier mu tersebut.

  1. Gunakan Angka dan Simbol

Kamu bisa menggunakan angka atau simbol untuk menggambarkan seberapa ahli kamu dalam bidang tersebut. Selain itu dengan angka dan simbol ini kamu bisa memberikan data yang pasti seberapa berpotensinya kamu dengan profesimu sebelumnya.

  1. Tidak Was-was Saat Memberikan Sentuhan Pribadi

Kamu tidak perlu ragu untuk menulis deskripsi diri menggunakan kalimat yang menggambarkan pribadimu. Gunakanlah sentuhan pribadi milikmu dan jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata umum, karena hal itu bisa dianggap biasa oleh tim perekrut maupun HRD.

Baca juga10 Tips Agar Menarik di Depan HRD Saat Wawancara Kerja

  1. Periksa kembali

menulis cv 700x467 - Deskripsi Diri, Cara Penting Di Terima Kerja Sebagai TKI

sumber : pexels

Ini menjadi point dan tips terakhir untuk menuliskan deskripsi dirimu. Kamu harus memeriksa terlebih dahulu deskripsi diri yang sudah kamu buat. Perbaikilah kata-kata yang ambigu, kurang menarik dan typo saat kamu melakukan pemeriksaan akhir.

  1. Gunakan Kata Kunci yang Berhubungan

Hal lain yang juga tidak boleh kamu sepelekan saat membuat deskripsi diri adalah menggunakan kata kunci yang relevan untuk menggambarkan dirimu sebagai kandidat yang potensial untuk posisi tersebut.

Selain mengetahui cara mendeskripsikan diri secara baik agar lolos saat daftar kerja sebagai TKI, kamu juga harus tahu cara mengatur keuangan dengan menggunakan aplikasi keuangan online. Gunakan aplikasi Qelola untuk memudahkan berbagai transaksi keuanganmu. Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi.

Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , , , , , , , ,