Menarik! Upah Tukang Bangunan di Malaysia Bernilai Fantastis

upah tukang bangunan

Jagat maya sempat dihebohkan dengan kabar upah tukang bangunan di tanah air yang nominalnya lebih besar jika dibandingkan pegawai kantoran. Hal tersebut bisa saja terjadi apabila dalam satu bulan tukang tersebut menggarap lebih dari satu proyek konstruksi. Di Indonesia sendiri rata-rata pendapatan buruh bangunan dalam sehari minimal adalah 100 ribu rupiah. Namun gaji yang didapat juga setara dengan jerih payah yang harus dikeluarkan.

Nominal upah tersebut bisa lebih jika si tukang punya keterampilan konstruksi yang mumpuni. Lalu bagaimana dengan upah tukang bangunan di Malaysia? Pastinya, gaji buruh bangunan di Malaysia akan lebih tinggi karena negeri Jiran tersebut punya pendapatan per kapita yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan Indonesia. Daripada penasaran, yuk simak informasinya berikut ini.

Berapa Upah Tukang Bangunan di Malaysia?

jp valery lVFoIi3SJq8 unsplash - Menarik! Upah Tukang Bangunan di Malaysia Bernilai Fantastis

Sumber: unsplash oleh Jp Valery

Jika kamu ingin kerja di luar negeri dengan gaji yang cukup besar, tidak ada salahnya untuk mencoba bekerja sebagai tukang bangunan di Malaysia. Walaupun pekerjaan tersebut dianggap tidak menjanjikan, nyatanya gaji buruh konstruksi di Malaysia justru lebih besar jika dibandingkan dengan pegawai kantoran lho! Tidak bisa dipungkiri memang beban kerja yang harus dikerjakan lebih berat dari pekerja kantoran. Namun jika mengingat gaji yang akan didapat, hal tersebut bisa dibilang sepadan.

Menurut Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Bapak Hediyanto W Husaini menyebut bahwa pendapatan per kapita Malaysia cukup tinggi. Hal tersebut mempengaruhi gaji buruh bangunan yang ada di Malaysia. Jika di Indonesia para tukang bisa mendapatkan upah rata-rata 100 ribu rupiah, di Malaysia rata-rata buruh mendapatkan upah sekitar 200 ribu hingga 300 ribu per hari. Nominal tersebut untuk upah buruh konstruksi biasa, bagi mereka yang memegang sertifikat tertentu bisa mendapat bayaran yang lebih tinggi lagi. Upah harian tersebut biasanya adalah upah untuk 8 jam kerja dalam sehari.

Baca juga: Penting! Ketahui Syarat Menjadi TKI di Malaysia

Perhitungan Upah Lembur di Malaysia

businessman calculating money 700x467 - Menarik! Upah Tukang Bangunan di Malaysia Bernilai Fantastis

Sumber: freepik

Hal-hal mengenai hak buruh bangunan di Malaysia yang meliputi gaji, lembur, dan pungutan pajak/ levy diatur dalam kesepakatan kontrak kerja. Selain itu, gaji TKI di bidang konstruksi di Malaysia memiliki nominal yang berbeda-beda tergantung dari keterampilan yang dimiliki. Gaji rata-rata per harinya mencapai RM50 hingga RM100. Umumnya gaji RM50 diterima oleh buruh konstruksi yang mengerjakan proyek renovasi kecil, sedangkan gaji RM100 keatas diberikan pada buruh bangunan yang mengerjakan proyek besar.

Sistem kerja buruh bangunan di Malaysia juga diatur sedemikian rupa. Mereka umumnya bekerja dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore dengan ketentuan jam istirahat 30 menit pada pukul 10 pagi, 1 jam pada jam 12 siang, dan 30 menit pada jam 3 sore. Para tukang bangunan tidak diperbolehkan untuk bekerja lebih dari jam 5 sore. Apabila hal tersebut terjadi maka pihak penyelenggara proyek harus memberikan upah lembur. Lalu bagaimana perhitungan upah lembur pegawai konstruksi di Malaysia? Perhitungan upah lembur buruh bangunan di Malaysia ternyata telah diatur dalam UU Buruh Malaysia tahun 1955 dengan rincian sebagai berikut:

Hari biasa            : hari kerja normal (26 hari)/ 8 (jam) x 1,5

Hari istirahat mingguan    : hari kerja normal (26 hari)/ 8 (jam) x 2,0

Hari cuti umum        : hari kerja normal (26 hari)/ 8 (jam) x 3,0

Baca juga: Biaya Hidup di Malaysia untuk TKI dalam Sebulan, Berapa?

Peraturan Pungutan Pajak untuk Tukang Bangunan di Malaysia

workers examining work 700x467 - Menarik! Upah Tukang Bangunan di Malaysia Bernilai Fantastis

Sumber: freepik oleh freestockcenter

Selain mengatur tentang upah tukang bangunan dan perhitungan lembur para pegawai konstruksi di Malaysia, di dalam kontrak kerja juga harus membahas tentang levy atau pungutan dari gaji tukang bangunan tersebut. Dalam hal ini pihak pemberi upah atau majikan bertanggung jawab dalam membayar atau memberi keringanan levy dan semua biaya yang ada di dalam peraturan yang berlaku. Jika hal tersebut tidak dipatuhi maka pegawai konstruksi melalui KBRI dapat mengajukan protes ke Jabatan Tenaga Kerja Malaysia.

Namun jika yang terjadi majikan memiliki surat kelulusan dari Jabatan Tenaga Kerja Semenanjung Malaysia (JTKSM), maka pungutan bisa diambil dari gaji pekerja. Dengan kata lain levy dibebankan pada upah pegawai konstruksi dengan memotong gaji selama 12 bulan. Potongan upah diluar levy tidak diperbolehkan kecuali potongan upah untuk kepentingan TKI itu sendiri.

Baca juga: Ketahui Besarnya Rata-Rata Gaji TKI di Malaysia

Demikian informasi menarik tentang upah tukang bangunan di Malaysia yang perlu kamu ketahui. Menjadi pekerja kasar tak selamanya mendapat upah yang sedikit. Contohnya adalah tukang bangunan di Malaysia yang rata-rata gaji hariannya bisa mencapai 300 ribu rupiah bahkan lebih. Jadi jika kamu tertarik untuk bekerja sebagai buruh konstruksi di Malaysia, tidak ada salahnya untuk memperdalam skill di bidang konstruksi dan mendapatkan sertifikat agar upah yang didapat bisa lebih tinggi lagi.

Selain mengetahui upah tukang bangunan dan hal-hal apa saja yang perlu kamu pahami jika ingin menjadi TKI bidang konstruksi di Malaysia, jangan lupa untuk mengatur keuangan dengan aplikasi keuangan online. Salah satu aplikasi online yang bisa kamu instal selama berada di Malaysia adalah aplikasi Qelola. TKI di Malaysia wajib mengunduh aplikasi tersebut karena menawarkan berbagai fitur yang menguntungkan.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , ,