7 Tips Cari Loker Luar Negeri dan Tempat Daftar Resmi Loker Malaysia

loker luar negeri

Bekerja di luar negeri menjadi mimpi bagi sebagian orang yang ada di Indonesia. Ada banyak faktor yang membuat seseorang ingin bekerja di mancanegara, namun alasan utama biasanya karena faktor gaji yang dianggap lebih tinggi dari yang diberikan di tanah air. Selain itu, sebagian lain mungkin ingin belajar mandiri, mencoba hidup di negara dengan budaya berbeda, menambah skill di negeri orang, atau upgrade pengalaman kerja di CV.

Mencari loker luar negeri pastinya tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan diketahui terlebih dahulu. Selain berbagai syarat administrasi dan biaya, kamu harus jeli dalam mencari info lowongan kerja di luar negeri yang pas untuk diri sendiri. Selain itu, pastikan kamu mendapatkan pekerjaan di luar negeri dari situs atau sumber yang bisa dipertanggung jawabkan agar tidak terjerumus pada info lowongan kerja palsu. Lalu bagaimana cara mencari loker di luar negeri? Temukan jawabannya dengan membaca artikel berikut ini.

Tips Mencari Loker Luar Negeri Agar Berhasil

creative workplace organized work space as you like inspiration man working office comfortable attire relaxed position messy table choose atmosphere you want ideal clear chaos 700x467 - 7 Tips Cari Loker Luar Negeri dan Tempat Daftar Resmi Loker Malaysia

Sumber: freepik

Bisa bekerja di luar negeri pastinya menjadi kebanggaan tersendiri untuk kamu. Namun sebelum itu, ada banyak hal yang harus kamu ketahui dan juga persiapkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan di mancanegara. Simak beberapa tips berikut agar berhasil mendapatkan loker luar negeri.

  • Punya Tekad yang Kuat

Segala sesuatu tentunya dimulai dari niat. Oleh karena itu tunjukkan niat yang sungguh-sungguh dan jangan mudah menyerah. Perlu kamu sadari bahwa mencari lowongan kerja di luar negeri pastinya akan menemui banyak rintangan. Namun segala hambatan tersebut tidak akan ada artinya jika kamu serius dan mengejar impian tersebut dengan sungguh-sungguh. Jadi pastikan kamu memupuk tekad yang kuat agar berhasil mendapatkan loker luar negeri.

  • Menentukan Jenis Pekerjaan

Jika ingin berhasil menembus bursa kerja di luar negeri, kamu bisa memulainya dengan menentukan jenis pekerjaan yang ingin dilakukan. Ada banyak lapangan kerja yang siap menerimamu di luar negeri nanti. Namun, kamu harus fokus pada skill atau kemampuan yang dimiliki agar peluang diterima menjadi lebih besar. Jika sudah memutuskan pekerjaan apa yang ingin dijalani, kamu bisa berkonsentrasi untuk mencari peluang kerja di luar negeri yang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai.

  • Melakukan Riset ke Perusahaan yang Dilamar

Agar lebih meyakinkan sebaiknya kamu juga melakukan riset terhadap perusahaan yang dilamar. Kamu bisa melakukan riset tersebut secara online dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang ingin dituju. Selain menghindari penipuan loker luar negeri, kamu juga jadi tahu reputasi perusahaan tempat kamu bekerja nanti. Jika kamu punya teman atau relasi yang ada di negara tujuan kamu bekerja, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan mereka untuk melakukan riset secara langsung di perusahaan tersebut.

  • Mulai Dari yang Mudah

Memulai sesuatu di negeri orang tentu saja butuh perjuangan. Sebelum memulai hal itu, sebaiknya kamu memasang standar yang tidak terlalu tinggi apalagi jika hal ini adalah pengalaman kerja pertama di luar negeri. Kamu bisa melakukan jenis pekerjaan yang simpel sambil menambah skill dan mencari informasi pekerjaan lainnya yang jenjangnya lebih tinggi. Selain itu, hindari kota-kota besar yang kompetitif  atau kamu akan tersingkir sebelum memulai.

  • Punya Skill yang Bersaing

Keterampilan atau skill adalah kunci utama agar kamu bisa lolos di antara kandidat yang lain. Oleh sebab itu, kamu harus memperdalam skill tersebut dengan sungguh-sungguh agar bisa bersaing dengan calon karyawan lain yang mendaftar di perusahaan yang kamu tuju. Walaupun pada awalnya kamu lolos, namun jika kemampuanmu kalah dengan yang lain maka akan sulit bagimu untuk bisa bertahan lama di perusahaan tersebut. Akan lebih baik jika kamu membekali diri dengan skill yang sesuai dengan standar luar negeri.

  • Punya Modal Uang yang Cukup

Salah satu hal penting lainnya untuk dipersiapkan  saat mencari loker luar negeri adalah uang. Kamu harus punya modal uang yang cukup untuk bisa bertahan hidup selama berada di luar negeri. Bahkan sebelum berangkat pun kamu harus keluar uang untuk mempersiapkan berbagai syarat administrasi seperti paspor dan visa. Selain itu, kamu juga butuh modal awal untuk hidup disana sebelum menerima gaji. Besarnya modal yang harus dipersiapkan tergantung dari negara yang ingin dituju karena beda negara pastinya punya perbedaan biaya hidup.

  • Manfaatkan LinkedIn

Kamu juga bisa memanfaatkan LinkedIn untuk mencari loker luar negeri. Melalui LinkedIn kamu bisa dengan mudah mencari berbagai jenis pekerjaan sesuai bidang yang dikuasai yang ada di mancanegara. Selain itu, kamu juga bisa menambah koneksi di dunia kerja yang berasal dari luar negeri. Melalui LinkedIn, kamu bahkan bisa berkenalan dengan orang-orang yang bekerja pada perusahaan yang kamu tuju dan mencari berbagai petunjuk kepada mereka agar bisa lolos seleksi.

Baca juga: Pencarian Lowongan Kerja Luar Negeri, Ini Persiapannya!

Bagaimana Cara Mencari Loker Luar Negeri Resmi?

job career hiring recruitment qualification graphic 700x467 - 7 Tips Cari Loker Luar Negeri dan Tempat Daftar Resmi Loker Malaysia

Sumber: freepik

Jika ingin mendapatkan berita terupdate tentang loker luar negeri, kamu bisa mengunjungi halaman resmi Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau yang disingkat BP2MI. Beberapa negara yang memiliki informasi pekerjaan melalui BP2MI adalah Malaysia, Qatar, Saudi Arabia, Nigeria, Maladewa, Singapura, Brunei Darussalam, Papua New Guinea dan Taiwan. Selain itu juga terdapat berbagai loker dari negara Turki, Bahrain, Kuwait, Aljazair, Italia, Polandia, dan Kepulauan Solomon.

Sedangkan bidang pekerjaan yang dibuka meliputi kesehatan, kontruksi, minyak dan gas, manufaktur, perkebunan, perikanan, transportasi, dan komunikasi. Selain itu juga ada perdagangan, keuangan, hospitality, layanan, dan lain-lain. Kamu bisa mencari pekerjaan yang diinginkan dengan cara mengetikkan kata kunci pekerjaan dan negara yang ingin dituju. Selanjutnya sistem akan menyaring berbagai info loker yang kamu butuhkan beserta negara penempatan serta perusahaan penyalur yang bertanggung jawab.

Baca juga: Jangan Tertipu! Ini Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Harus Diwaspadai

Demikian informasi yang bisa kamu simak tentang cara mencari loker luar negeri. Selain itu, pada artikel diatas juga telah disebutkan tempat melamar pekerjaan di luar negeri yang bersifat resmi. Penting untuk mendapatkan informasi lowongan kerja mancanegara dari tempat resmi agar terhindar dari penipuan.

Selain mencari lowongan kerja di tempat yang legal kamu juga harus tahu cara mengatur keuangan yang benar saat bekerja di luar negeri nanti. Jika kamu bekerja di Malaysia, sangat direkomendasikan untuk menginstal aplikasi Qelola. Kenapa harus Qelola?

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

 

Tags: , , ,