4 Penyakit Saat Musim Pancaroba dan Cara Mengatasinya

sakit - 4 Penyakit Saat Musim Pancaroba dan Cara Mengatasinya

Anda semua pasti sudah tahu apa itu musim pancaroba. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa di Indonesia terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Selain musim hujan dan musim kemarau, masyarakat Indonesia juga mengenal adanya musim pancaroba. Musim pancaroba adalah musim peralihan antara dua musim, yaitu dari musim penghujan beralih ke musim kemarau, serta dari musim kemarau beralih ke musim penghujan.

Musim pancaroba biasanya ditandai dengan cuaca yang cenderung tidak menentu, seperti angin yang berhembus sangat kencang dan terkadang diikuti dengan curah hujan yang relatif tinggi. Terjadinya perubahan iklim akan menyebabkan perubahan suhu dan kelembaban udara yang cukup signifikan sehingga akan memunculkan berbagai penyakit. Virus dan bakteri akan lebih leluasa berkembang biak dan hidup lebih lama dalam lingkungan yang lembab. Terlebih jika kondisi badan tidak prima maka akan lebih mudah terjangkit penyakit.

Berbagai Jenis Penyakit Pada Musim Pancaroba

Biasanya musim pancaroba umumnya ditandai dengan kemunculan beberapa penyakit. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan, meningkatkan imunitas, serta menjaga kebersihan lingkungan. Apa saja jenis penyakit saat musim pancaroba yang harus diwaspadai? Berikut diantaranya.

  1. Influenza

influenza 700x467 - 4 Penyakit Saat Musim Pancaroba dan Cara Mengatasinya

sumber : pexels

Virus influenza atau flu paling banyak terjadi saat musim pancaroba. Saat pancaroba virus Influenza akan lebih mudah menyebar, ditambah dengan lingkungan yang lembab akan membuat virus ini bertahan lebih lama. Kemunculan virus ini ditandai dengan batuk, pilek dan sakit tenggorokan, bahkan parahnya bisa mengakibatkan demam.

Saat virus flu sudah masuk ke dalam sel di daerah sambungan dari lubang hidung yang terletak di tengah wajah, udara dingin yang Anda hirup dapat memicu virus-virus tersebut untuk berkembang biak dan menyebabkan sistem imun tidak bekerja secara maksimal. Guna mencegah penyebaran virus dan risiko terinfeksi, sebaiknya lakukan vaksinasi yang bisa diulang setiap satu tahun sekali.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan

batuk 700x467 - 4 Penyakit Saat Musim Pancaroba dan Cara Mengatasinya

sumber : pexels

Pada saat musim pancaroba atau awal musim hujan, infeksi saluran pernapasan bawah yang disebabkan oleh penularan virus paling banyak terjadi. Penyakit ini paling banyak menyerang anak-anak dan balita. Sebab, sistem imunitas rentang usia tersebut belum terbentuk secara sempurna.

Seperti halnya infeksi saluran pernapasan atas, gejala infeksi saluran pernapasan bawah berupa batuk. Namun batuk yang dialami cenderung lebih berat dan disertai dahak. Gejala lain yang bisa dialami adalah meningkatnya frekuensi pernapasan, sesak napas, sesak pada bagian dada, hingga bunyi saat menarik napas.

Perlu diketahui, infeksi saluran pernapasan bawah meliputi penyakit pneumonia, bronchiolitis, dan bronkhitis. Biasanya, penyakit ini ditularkan melalui percikan droplet yang mengandung virus ketika penderita batuk ataupun bersin. Selain itu, bisa juga melalui kontak tidak langsung melalui permukaan benda yang telah terkontaminasi virus. Salah satu cara tepat untuk mencegah penyebaran virus ini adalah menjaga kebersihan dan rajin mencuci tangan dengan sabun serta air bersih mengalir.

Baca juga : Penting: Tips Agar Terhindar dari Coronavirus di Luar Negeri

  1. Demam Berdarah

demam 700x467 - 4 Penyakit Saat Musim Pancaroba dan Cara Mengatasinya

sumber : pexels

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.  Saat musim pancaroba tiba, terutama di awal memasuki musim penghujan, kasus demam berdarah di sejumlah daerah biasanya akan mengalami peningkatan. Curah hujan tinggi akan menyebabkan suhu menjadi lembab dan banyaknya genangan air. Sedangkan genangan air adalah tempat bagi nyamuk untuk berkembang biak. Semakin banyak genangan air maka akan semakin banyak pula populasi nyamuk yang ada.

Penyakit demam berdarah sendiri secara umum menular melalui gigitan nyamuk yang telah terinfeksi oleh virus dengue. Gejalanya ditandai dengan demam tinggi secara tiba-tiba, nyeri otot, nyeri sendi, mual, muntah, sakit kepala dan munculnya bintik-bintik merah di kulit.

  1. Tipes

Tipes atau demam typhoid merupakan salah satu penyakit musim pancaroba. Penyakit ini menyerang saluran pencernaan yang disebabkan bakteri Salmonella Thyphosa. Bakteri ini berkembang biak dengan cepat pada air yang kotor, karena pada musim pancaroba sering terjadi hujan. Serangan tipes bisa menyebabkan seseorang mengalami diare, demam, dan kehilangan nafsu makan. Orang yang terkena tipes harus memakan makanan yang lunak selama sakit. Biasanya seseorang akan terkena tipes karena memakan makanan yang kurang bersih atau tidak mencuci tangan sebelum makan. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan dan memilih makanan yang bersih.

Cara Mengatasinya

cara mengatasi sakit 700x467 - 4 Penyakit Saat Musim Pancaroba dan Cara Mengatasinya

sumber : pexels

 Agar terhindar dari penyakit saat musim pancaroba Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini untuk upaya pencegahan.

  1. Menerapkan pola makan sehat dan seimbang. Jika kebutuhan gizi Anda sehari-hari terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh Anda juga dapat bekerja dengan maksimal untuk melawan penyakit yang masuk.
  2. Konsumsi vitamin yang cukup. Meskipun semua vitamin sama pentingnya bagi tubuh, tetapi salah satu vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun adalah vitamin C. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C, sistem kekebalan tubuh Anda dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit.
  3. Istirahat yang cukup. Setelah beraktivitas seharian jangan lupa untuk tetap menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup.
  4. Bawalah jaket atau jas hujan. Salah satu ciri dari musim pancaroba adalah perubahan cuaca ekstrem yang dapat terjadi di hari yang sama. Bisa saja cuaca sangat cerah ketika Anda keluar rumah, tetapi tidak berapa lama terjadi hujan lebat.

Jika Anda saat ini sedang bekerja di luar negeri namun memiliki keluarga yang berada di Indonesia, jangan khawatir. Anda tetap bisa memperhatikan kesehatan mereka dengan tetap membayar iuran BPJS secara langsung.

Sebagai TKI Anda bisa mencoba aplikasi Qelola untuk membantu melakukan semua pembayaran tagihan BPJS, listrik bahkan pembelian pulsa secara langsung dari Malaysia. Anda juga bisa melakukan transfer dari Malaysia ke Indonesia. Tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola di smartphone Anda.

Tags: , , , , , , , , ,