Ketahui Apa Itu Suku Bunga Bank, Jenis, dan Manfaatnya Berikut Ini!

suku bunga bank

Dalam dunia perbankan ada banyak istilah yang mungkin belum kamu pahami, seperti suku bunga bank misalnya. Sebagai nasabah di suatu bank, paling tidak hal tersebut harus dimengerti agar bisa tahu apa saja kegunaan dan manfaatnya untuk diri kamu sendiri. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, suku bunga diartikan sebagai tarif yang dibenarkan oleh bank atas pinjaman uang.

Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, suku bunga bank adalah sejumlah imbalan yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas dana yang disimpan di bank yang dihitung sebesar persentase tertentu dari pokok simpanan dan jangka waktu simpanan ataupun tingkat bunga yang dikenakan terhadap pinjaman yang diberikan bank kepada debiturnya.

Secara sederhana, bunga bank dibedakan menjadi dua yaitu bunga simpanan dan bunga pinjaman. Bunga simpanan meliputi balas jasa dari bank kepada nasabah atas jasa nasabah menyimpan uangnya di bank. Lain halnya bunga pinjaman yang merupakan balas jasa yang ditetapkan bank kepada peminjam atas pinjaman yang didapatkannya. Namun perlu kamu ketahui dengan lebih jelas bahwa bunga bank terdiri dari banyak jenis dan manfaat. Ketahui informasinya lebih jauh dengan membaca artikel berikut ini.

Ketahui Jenis-jenis Suku Bunga

businessman calculating money 700x467 - Ketahui Apa Itu Suku Bunga Bank, Jenis, dan Manfaatnya Berikut Ini!

Sumber: freepik

Dalam dunia perbankan, suku bunga bank ternyata masih dibagi menjadi beberapa jenis. Tercatat ada 5 jenis suku bunga bank yang perlu kamu ketahui, berikut ulasannya:

  • Suku Bunga Tetap/ Fixed

Sesuai dengan namanya, suku bunga tetap/ fixed adalah suku bunga yang tidak akan berubah pada jangka waktu tertentu atau berdasarkan tanggal jatuh tempo yang sudah diatur selama masa kredit berjalan. Dengan kata lain, suku bunga tersebut tidak akan ikut naik walaupun suku bunga di pasar mengalami kenaikan. Contoh produk perbankan yang menggunakan suku bunga tetap adalah KPR rumah subsidi dengan bunga fixed, KKB/ Kredit Kendaraan Bermotor, dan lain-lain.

  • Suku Bunga Mengambang/ Floating

Kebalikan dari suku bunga tetap, suku bunga mengambang justru nilainya akan selalu berubah sesuai dengan suku bunga yang ada di pasaran. Jadi, apabila suku bunga di pasaran mengalami kenaikan secara otomatis suku bunga kredit juga akan mengalami kenaikan. Produk perbankan yang menggunakan sistem suku bunga floating di antaranya adalah KPR dengan batas waktu tertentu, kredit modal usaha, dan kredit jangka panjang.

  • Suku Bunga Flat

Jenis suku bunga selanjutnya adalah suku bunga flat yang perhitungannya berdasarkan pokok pinjaman awal pada tiap periode cicilan. Beberapa produk bank yang menerapkan jenis suku bunga ini adalah kredit jangka pendek, kredit laptop, gadget, alat rumah tangga, motor, dan KTA/ Kredit Tanpa Agunan.

  • Suku Bunga Efektif

Suku bunga efektif adalah perhitungan sisa jumlah pokok pinjaman per bulan mengikuti penurunan utang yang sudah dibayar. Hal ini dianggap lebih fair dan menguntungkan nasabah. Jadi, semakin kecil jumlah pokok pinjaman yang kamu miliki, maka suku bunga yang harus dilunasi juga semakin kecil.

  • Suku Bunga Anuitas

Jenis suku bunga bank terakhir adalah suku bunga anuitas. Perhitungan suku bunga anuitas dilakukan untuk mengatur jumlah angsuran pokok yang ditambah dengan angsuran bunga yang dibayar nominalnya sama pada tiap bulannya. Biasanya, bunga awal jumlahnya akan lebih besar. Akan tetapi bunga pada akhir jangka waktu kredit menjadi kecil dengan porsi angsuran pokok yang membesar. Suku bunga anuitas bisa kamu temukan pada produk perbankan seperti Kredit Perumahan Rakyat atau kredit investasi.

Baca juga: 5 Daftar Fintech Syariah Terpopuler yang Sudah Terdaftar OJK

Manfaat Suku Bunga Bank

jp valery lVFoIi3SJq8 unsplash - Ketahui Apa Itu Suku Bunga Bank, Jenis, dan Manfaatnya Berikut Ini!

Sumber: unsplash oleh Jp Valery

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenis dari suku bunga bank, kamu juga harus tahu apa saja manfaat dari suku bunga itu sendiri. Pada dasarnya suku bunga bank sama-sama memberikan keuntungan baik bagi pihak bank dan nasabah bank. Informasi lebih lengkapnya akan diulas berikut ini.

  • Manfaat Suku Bunga untuk Pihak Bank

Suku bunga menjadi sumber pemasukan bagi pihak bank. Saat kamu mendapat pinjaman kredit dari suatu bank tentunya ada syarat dan ketentuan yang harus disetujui. Jumlah angsuran yang harus dikembalikan biasanya  tak hanya angsuran pokok saja, tapi juga ditambah dengan suku bunga  yang telah disepakati pada perjanjian awal pinjaman. Secara otomatis pihak bank mendapat keuntungan dari pembayaran bunga kredit cicilan bulanan yang kamu ajukan.

  • Manfaat Suku Bunga untuk Nasabah Bank

Jika pihak bank mendulang keuntungan dari pengajuan pinjaman ke nasabah, pihak nasabah akan menerima manfaat suku bunga dari deposito yang disimpan di bank. Saat kamu menginvestasikan sebagian hartamu di bank lewat deposito, pastinya pihak bank akan memberikan sejumlah bunga pada tabungan deposito di rekeningmu.

Pemberian bunga bank tersebut biasanya ditujukan untuk simpanan deposito berjangka yang nominalnya lebih dari 500 ribu rupiah. Dengan kata lain bunga deposito yang diberikan pihak bank akan menambah saldo rekening deposito yang telah kamu simpan. Saldo tambahan tersebut bisa kamu ambil pada akhir periode jangka penyimpanan deposito yang sudah kamu sepakati bersama pihak bank.

Baca juga: Bisakah TKI Membuka Rekening Bank di Malaysia? Ini Caranya

Demikian informasi yang bisa kamu simak mengenai pengertian, jenis, dan manfaat suku bunga bank. Selain menambah ilmu tentang produk perbankan dan suku bunganya, kamu juga wajib tahu tentang aplikasi keuangan online di zaman sekarang. Bagi kamu yang saat ini ada di Malaysia, jangan lupa untuk menggunakan aplikasi Qelola untuk mengatur berbagai transaksi keuangan harian secara online.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , , ,