Perpustakaan Digital: Nikmati Ribuan Buku Dalam Genggamanmu

tampilan perpustakaan digital

Perpustakaan digital nampaknya masih baru dalam dunia akademik yang tidak lepas dari namanya buku dan literasi. Seiring perkembangan zaman, produk buku berubah bentuk dari buku fisik menjadi buku elektronik. Hal ini karena banyak orang merasa buku kurang praktis untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, buku fisik memiliki kecenderungan untuk rusak dan memakan tempat ketika menyimpan. Hal itulah yang akhirnya memunculkan buku elektronik.

Perkembangan ini membuat perpustakaan harus melakukan upaya pengalihan agar pecinta buku tidak kehilangan selera. Beberapa perpustakaan sudah mulai membuat perpustakaan digital yang bertugas mengelola arsip dan menyediakan buku dalam format digital. Kamu bisa dengan mudah meminjam atau membeli buku buku digital yang secara nasional bisa terakses. Kamu cukup melakukan pengunduhan melalui smartphone, membuat akun pada platform dan buku sudah siap kamu akses. Berikut ini beberapa referensi perpustakaan digital yang bisa kamu akses bahkan secara gratis. Kamu berminat?

Referensi Perpustakaan Digital

referensi unsplash 700x467 - Perpustakaan Digital: Nikmati Ribuan Buku Dalam Genggamanmu

sumber: Unsplash.com

Bagi kamu yang menempuh pendidikan ke luar negeri, akses untuk mendapatkan buku bisa kamu dapatkan secara digital. Sebagai seorang mahasiswa, kamu tentu saja memerlukan banyak sumber referensi untuk menunjang proses akademikmu. Keberadaan perpustakaan digital penting untuk kamu ketahui supaya kamu bisa lebih mudah meminjam dan mencari sumber-sumber pustaka yang kamu butuhkan.

Jika kamu menempuh pendidikan ke negara Malaysia, kamu bisa memiliki universitas unggulan yang ada disana. Selain dekat dengan Indonesia, negara ini memiliki sistem pendidikan yang baik. Tak perlu ragu untuk mengambil salah satu jurusan terbaik yang ada karena kamu layak mendapatkan pendidikan terbaik. Pemerintah Malaysia menyediakan satu platform supaya kamu bisa mengakses perpustakaan digital.

Perpustakaan Negara Malaysia

Perpustakaan digital yang bisa kamu akses ketika berada di Malaysia ini menyajikan beragam informasi terkait buku. Buku koleksi yang ada sudah berbahasa Inggris dan juga Melayu sehingga kamu aman untuk memahaminya. Perpustakaan Negara Malaysia menyediakan berbagai kategori buku mulai dari novel, hukum, romance, sejarah, akademik hingga buku anak-anak dalam betuk laman web. Tak hanya buku digital, kamu juga bisa menemukan audiobook yang tersedia. Kamu perlu melakukan registrasi untuk bisa mengakses layanan pada perpustakaan ini dengan link berikut

Libby

Pengguna android bisa dengan mudah mengakses Libby, aplikasi penyedia e-book rancangan OverDrive. Libby memiliki fasilitas koleksi buku hampir dari seluruh dunia dan juga audiobook yang bisa kamu simpan offline ketika tidak ada koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk bisa secara langsung membuat catatan ketika membaca. Keunggulan lain dari Libby ketika kamu menemukan kata yang asing, aplikasi ini bisa membantu mencarikan dan menentukan sehingga kamu tidak perlu keluar dan membuka aplikasi lain. Libby bisa diakses dan diunduh dengan klik disini

Kelebihan Perpustakaan Digital

kelebihan unsplash 700x525 - Perpustakaan Digital: Nikmati Ribuan Buku Dalam Genggamanmu

sumber: Pexels.com

Koleksi perpustakaan dengan format digital berupa file bisa memberikan manfaat untuk beberapa orang yang nyaman membaca buku elektronik. Ada pun kelebihan lain dari perpustakaan digital adalah:

Akses Mudah

Merancang sistem sedemikian rupa membuat banyak orang secara mudah bisa mengakses layanan buku digital. Cukup melalui layar gawai baik itu handphone atau PC, kamu sudah bisa menikmati berbagai jenis buku sesuai selera.

Hemat Biaya

Buku digital tidak memerlukan perawatan yang rumit karena bentuknya berupa file. Oleh karena itu, biasa perawatan koleksi buku yang kamu miliki tentu saja sangat minim. Kamu juga tidak perlu mencari lemari atau rak untuk menata dan menyimpan buku koleksimu. Segala jenis buku yang kamu miliki tersusun rapi dalam sistem database.

Penyimpanan Aman

penyimpanan pexels 700x467 - Perpustakaan Digital: Nikmati Ribuan Buku Dalam Genggamanmu

sumber: Pexels.com

Menyimpan buku dalam bentuk file memiliki risiko kecil untuk mengalami kerusakan dalam jangka waktu tertentu. Pemanfaatan perpustakaan digital membantu kamu untuk tetap bisa mengakses buku tanpa ada risiko rusak atau hilang.

Efisiensi

Buku yang kamu pilih sudah berada dalam database maka kamu tak perlu khawatir. Hal ini karena kamu bisa mengakses, meminjam, dan mengembalikan koleksi buku sewaktu-waktu dan dengan proses yang cepat. Tentu saja, hal ini akan mengurangi waktu untuk mengunjungi perpustakaan sehingga tercipta efisiensi.

Pemantauan dan Pengelolaan Aset Pustaka

Pustakawan yang bertugas bisa secara mudah melakukan pemantauan dan juga pengelolaan aset pustaka secara langsung. Sistem digital berbasis internet membantu mereka untuk melihat jumlah stok yang masih tersisa. Tak hanya jumlah, pustakawan juga terbantu untuk mengetahui riwayat seseorang dalam meminjam buku sehingga mudah untuk membuat pelaporan ke pihak lain.

Kunjungi website Qelola karena menyediakan berbagai informasi menarik dan bermanfaat seputar pendidikan, kesehatan, pariwisata dan TKI. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,