Cara Efektif Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Cara mendapatkan beasiswa kuliah secara efektif memang perlu dipelajari. Tentu persaingan dałam mendapat beasiswa sangat ketat. Banyak dokumen yang perlu dipersiapkan serta ada sederet tes yang harus diikuti. Banyak yang telah mencoba barkali-kali namun masih gagal. Untuk mengantisipasi kegagalan, maka sebaiknya kamu memahami berbagai faktor yang menentukan penerimaan beasiswa. Simak penjelasan lebih detail dan lengkapnya berikut ini.

Sebelum Mendaftar Beasiswa Kuliah, Perhatikan Beberapa Hal Ini

board 928378 640 - Cara Efektif Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Sumber: pixabay

Sebelum mulai menerapkan cara mendapatkan beasiswa kuliah yang efektif, perlu diketahui beberapa hal terlebih dulu. Jika biasanya pelamar hanya berpikir dari sisi beasiswanya saja, kini coba ubah cara pandang itu. Perhatikan diri sendiri sebelum mulai memutuskan untuk melamar beasiswa kuliah. Beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelumnya yaitu seperti berikut.

  • Pahami jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan. Terdapat berbagai jenis beasiswa seperti fully funded, beasiswa uang sekolah saja, beasiswa residen, dan masih banyak lainnya. Pilih yang menurutmu cocok, ya.
  • Tentukan ingin mendapatkan beasiswa kuliah dalam negeri atau luar negeri.
  • Pahami syarat dan ketentuan yang diajukan pihak pemberi beasiswa agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Misalnya, selama masa studi IPK minimal harus selalu 3,2 dan terdapat denda pengembalian beasiswa 50% jika tidak mencapai IPK minimal yang telah dijanjikan di awal studi.
  • Pastikan kemampuan Bahasa Inggris baik, dan jika memungkinkan kuasai terlebih dulu bahasa asing tambahan sesuai negara tujuan.
  • Pastikan bahwa pihak pemberi beasiswa memang kredibel dan bisa dipercaya.
  • Ukur kemampuan dan kualifikasi diri agar bisa disesuaikan dengan beasiswa yang ditawarkan. Artinya, tidak perlu mendaftar semua beasiswa sekaligus. Cukup pilih yang paling sesuai saja.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah yang Efektif

interview 4835116 640 - Cara Efektif Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Sumber: pixabay

Bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah yang efektif? Tentu kamu perlu berusaha sebaik mungkin untuk meraih mimpimu. Cobalah ikuti beberapa tips berikut ini saat akan berburu beasiswa kuliah. 

  • Pilih penyedia beasiswa secara teliti

Penyedia beasiswa tidak hanya lembaga pemerintah saja. Banyak pihak swasta yang juga menawarkan beasiswa kuliah menarik. Selain itu, pihak institusi pendidikan juga umumnya akan membuka penawaran beasiswa kuliah. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kampus yang dituju, jurusan yang dipilih, rincian beasiswa yang ditawarkan, latar belakangmu, serta lain sebagainya. Misalnya kamu bekerja di kantor BUMN dan ingin melanjutkan kuliah. Kesempatanmu mendapatkan beasiswa lembaga pemerintah tentu cukup tinggi.

  • Lakukan riset sederhana terhadap beasiswa yang diinginkan

Kamu sebaiknya mencari informasi jelas dan rinci terkait beasiswa yang diinginkan. Dengan begitu, kamu tidak akan ketinggalan berita terbarunya. Selain itu, hal ini juga akan membantu nantinya ketika sesi wawancara. Kamu juga bisa bertanya pada kerabat atau teman yang pernah mendapat beasiswa serupa untuk mendapat informasi.

  • Persiapkan semua kelengkapan dan syarat yang diminta sejak jauh hari

Hindari menunda apapun itu agar urusanmu tidak terhambat. Kumpulkan semua berkas yang dibutuhkan sejak jauh hari. Jika ada kesalahan berkas, kamu masih punya waktu sebelum penutupan pendaftaran untuk memperbaikinya. Pastikan juga bahwa dokumen yang disiapkan sesuai dengan yang diminta, tidak kurang dan tidak lebih.

  • Tulis esai dan resume secara menarik dan kreatif

Esai dan resume sangatlah penting saat mendaftar beasiswa. Kamu harus menulis semenarik mungkin. Jika perlu, belajarlah terlebih dulu membuat esai. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat esai dan resume biasanya memang paling lama dibandingkan mengumpulkan syarat lainnya.

  • Lakukan persiapan wawancara dengan matang

Faktor penentu yang tidak kalah penting yaitu wawancara. Berbagai cara mendapat beasiswa tentu berhubungan dengan tips ketika wawancara berlangsung. Berikan kesan baik dan pastikan kamu memiliki pemahaman tentang pihak pemberi beasiswa, kampus yang dituju, lingkup studimu, dan lain sebagainya. Persiapkan dengan matang sebelum wawancara dengan cara mengantisipasi kemungkinan pertanyaaan yang muncul.

Kesalahan Umum Terkait Pengajuan Beasiswa Kuliah

mistake 4084211 640 - Cara Efektif Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Sumber: pixabay

Ada yang mengatakan bahwa beasiswa kuliah memang bukan untuk semua orang. Perkataan tersebut bisa dipatahkan sebab bisa jadi kegagalan mendapat beasiswa karena kamu melakukan kesalahan yang berulang. Terdapat beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pemburu beasiswa seperti berikut ini.

  • Mudah patah semangat dan cepat menyerah. Baru gagal sekali saja sudah tidak mau mencoba lagi? Tentu tidak akan pernah dapat beasiswa kuliah.
  • Syarat administrasi kurang lengkap atau tidak sesuai yang diminta. Misalnya, kamu diminta memberikan foto berukuran 4×6 namun malah memberikan foto ukuran 3×4.
  • Esai dan resume kurang menarik, bahasa yang digunakan tidak baik dan benar, serta terlalu pendek atau panjang. Untuk menghindari kesalahan ini maka sebaiknya kamu belajar dari penerima beasiswa yang telah berhasil sebelumnya.
  • Tidak memberi kesan baik saat wawancara. Perlunya berlatih wawancara untuk menghindari rasa panik serta dapat menjawab dengan lancar.
  • Kualifikasi diri tidak sesuai dengan permintaan pemberi beasiswa. Kamu perlu memperhatikan apakah memang kamu cocok dari seni kualifikasi untuk jenis beasiswa tersebut atau tidak. Misalnya minimal IPK yang diminta 3,5 sedangkan IPK-mu 3,4 maka sudah tentu tidak akan diterima.

 

Itulah berbagai cara mendapatkan beasiswa kuliah secara efektif yang bisa kamu terapkan. Pastikan tidak mudah menyerah jika gagal, dan terus coba lagi. Selalu ada kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa kuliah, bahkan di luar negeri. Jika nanti kamu sudah berkuliah di luar negeri, tidak perlu repot mengirim uang lewat bank.

Kirim uang luar negeri kini lebih mudah dan tanpa biaya tambahan menggunakan aplikasi Qelola. Manfaat lain dari aplikasi ini pun cukup banyak seperti membantu pembayaran tagihan rutin BPJS, PDAM, membeli pulsa, dan lain sebagainya. Unduh segera aplikasi Qelola di Google Play Store secara gratis!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,