5 Tips Cerdas Daftar Kerja Online Agar Lolos Panggilan Kerja

daftar kerja online

Di era digital seperti sekarang, sudah bukan zamannya lagi melamar kerja dengan amplop coklat. Selain ketinggalan zaman dan tidak praktis, digitalisasi menuntut kamu untuk melakukan segala hal secara online seperti saat ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Jika sebelumnya kamu harus mengetik surat lamaran, CV, resume, dan menjadikannya dalam satu dokumen, hal itu sudah tidak perlu kamu lakukan lagi.

Daftar kerja online melalui website, email, atau situs lowongan kerja menjadi alternatif baru cara melamar kerja di era milenial seperti sekarang. Namun seringnya kamu harus menelan pil pahit dengan tidak adanya kabar dari perusahaan yang kamu impikan. Entah karena memang tidak memenuhi kualifikasi atau ada kesalahan dalam membuat surat lamaran kerja. Jika kamu pernah mengalaminya, cobalah untuk melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Observasi Perusahaan yang Ingin Kamu Lamar

creative workplace organized work space as you like inspiration man working office comfortable attire relaxed position messy table choose atmosphere you want ideal clear chaos 700x467 - 5 Tips Cerdas Daftar Kerja Online Agar Lolos Panggilan Kerja

Sumber: freepik

Sebelum melamar di perusahaan yang diinginkan, ada baiknya jika kamu melakukan riset terlebih dahulu. Kamu bisa cek apakah perusahaan tersebut fiktif atau tidak agar tidak terjerumus pada lowongan kerja palsu. Selain itu, selidiki apakah bidang yang dijalankan oleh perusahaan tersebut sesuai dengan dirimu.

Jika kamu memiliki latar belakang yang cocok dengan perusahaan yang dilamar, peluang untuk mendapat panggilan kerja akan semakin besar. Jadi jangan anggap remeh untuk melakukan riset perusahaan jika ingin cepat mendapat panggilan dari perusahaan yang kamu lamar.

Baca juga: Jangan Tertipu! Ini Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Harus Diwaspadai

  • Daftar Kerja Online di Situs Lowongan Kerja

job career hiring recruitment qualification graphic 700x467 - 5 Tips Cerdas Daftar Kerja Online Agar Lolos Panggilan Kerja

Sumber: freepik

Sekarang ada banyak platform khusus yang memuat berbagai lowongan kerja secara online. Manfaatkan berbagai situs tersebut untuk daftar kerja secara online. Kamu juga bisa memasukkan kata kunci jenis pekerjaan yang diinginkan untuk memudahkan pencarian. Sebaiknya kamu jangan hanya mengandalkan satu situs saja. Carilah lowongan kerja sebanyak-banyaknya, pilih yang kira-kira sesuai dengan keahlian dan bidangmu.

Walaupun ada ribuan lowongan kerja yang kamu temukan, namun ada jutaan pelamar yang siap bersaing untuk memperebutkan posisi tersebut. Jadi akan lebih baik jika kamu memasukkan lamaran pekerjaan di banyak perusahaan agar peluang untuk mendapat panggilan kerja juga lebih besar.

  • Buat CV yang Bisa Terdeteksi Oleh ATS

joao ferrao 4YzrcDNcRVg unsplash - 5 Tips Cerdas Daftar Kerja Online Agar Lolos Panggilan Kerja

Sumber: unsplash oleh @joaoscferrao

Perlu kamu ketahui bahwa perusahaan zaman sekarang memanfaatkan software Applicant Tracking System atau yang disingkat ATS untuk menyeleksi surat lamaran yang masuk. Umumnya, berbagai portofolio dan resume yang sesuai dengan ATS perusahaan yang dilamar akan mendapat prioritas untuk mendapat panggilan interview. Lalu bagaimana agar surat lamaran yang dibuat bisa terdeteksi ATS perusahaan tersebut?

Sedikit bocoran, CV yang sering lolos ATS biasanya memiliki format dokumen PDF. Selain itu, dalam CV tersebut mengandung kata kunci yang dicari oleh perusahaan. Misalnya perusahaan mencari sarjana ekonomi, maka lulusan sarjana di luar ekonomi tidak akan terdeteksi ATS. Selain itu CV yang punya peluang besar untuk dipanggil biasanya punya desain sederhana, memuat informasi yang tidak berlebihan, serta minim gambar dan tabel yang tidak diperlukan. Meskipun terlihat sepele, tapi beberapa kriteria tadi sangat berpengaruh terhadap lolos tidaknya surat lamaran yang kamu masukkan.

Baca juga: Tips dan Trik Membuat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Mudah Diterima

  • Hindari Membuat CV yang Terlalu Panjang

markus winkler 7iSEHWsxPLw unsplash - 5 Tips Cerdas Daftar Kerja Online Agar Lolos Panggilan Kerja

Sumber: unsplash oleh Markus Winkler

Cara sukses daftar kerja online agar cepat mendapat panggilan dari HRD selanjutnya adalah dengan membuat CV yang singkat, padat, dan jelas. Hindari menulis CV yang terlalu panjang dan bertele-tele. Niat hati ingin membuat pihak HRD merasa terkesan, surat lamaranmu justru malah dicoret dari daftar panggilan. Cukup tuliskan berbagai pengalaman kerja dan prestasi yang berkaitan dengan bidang perusahaan yang ingin dilamar. Selain itu, kamu tidak perlu menulis daftar riwayat pendidikan dari sekolah dasar hingga pendidikan terakhir. Akan lebih bijak jika kamu hanya menuliskan pendidikan SMA dan riwayat gelar sarjana terakhir.

  • Patuhi Syarat dan Ketentuan dalam Lowongan Kerja

rules 1752415 640 - 5 Tips Cerdas Daftar Kerja Online Agar Lolos Panggilan Kerja

Sumber: pixabay oleh Gerd Altmann

Setiap perusahaan pasti punya aturan-aturan tertentu yang kadang tidak sengaja kita lewatkan. Hal sepele tersebut malah kadang yang menjadikan surat lamaran kamu tidak dilirik oleh HRD. Apa saja contohnya? Misalnya ada ketentuan bahwa kamu harus mengumpulkan sampel karya dengan tema tertentu, namun yang dikirimkan justru tema yang berlainan.

Ada himbauan untuk menuliskan format posisi pekerjaan yang dilamar pada judul email, tapi kamu tulis dengan hal lainnya. Jika kamu pernah melakukan hal tersebut sebaiknya jangan diulangi lagi atau kamu tidak akan pernah mendapat panggilan kerja.

Baca juga: 10 Tips Agar Menarik di Depan HRD Saat Wawancara Kerja

Demikian berbagai tips dan trik daftar kerja online yang bisa membuat lamaranmu cepat direspon oleh pihak HRD. Kesalahan sekecil apapun bisa berakibat fatal pada hasil seleksi surat lamaran kerja yang kamu buat. Oleh karena itu camkan berbagai kiat yang sudah dijelaskan tadi agar CV yang dikirim bisa tembus ke pihak HRD ya!

Selain mempelajari berbagai tips agar lolos saat daftar kerja online, kamu juga harus tahu cara mengatur keuangan dengan menggunakan aplikasi keuangan online. Gunakan aplikasi Qelola untuk memudahkan berbagai transaksi keuanganmu. Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi.

Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

 

Tags: , ,