Menikmati Malam Dengan Wisata Kuliner Menarik di Jalan Alor

Jalan Alor

Saat melakukan travelling ke Malaysia, menjelajahi wisata kuliner tentu menjadi agenda wajib yang tidak boleh terlewatkan. Setelah puas mencari tempat-tempat indah untuk foto, saatnya memanjakan lidah untuk menikmati makanan khas yang populer di tempat itu. Selain terkenal dengan destinasi wisata alam dan seni budaya, Malaysia juga memiliki variasi wisata kuliner yang menarik. Jika kamu berada di Kuala Lumpur dan mendambakan paket wisata kuliner yang lengkap, maka Jalan Alor adalah jawabannya. Jalan ini sudah sejak lama menjadi salah satu pusat kuliner di Negeri Jiran. 

Jalan Alor terletak di kawasan elit Bukit Bintang, Kuala Lumpur. Untuk menuju kesana, kamu bisa menaiki monorail dan turun di stasiun Bukit Bintang, kemudian jalan kaki sekitar 5 menit ke arah utara menuju Jalan Bintang. Nah, tempat ini tepat berada di belakang jalan tersebut. Walaupun bersisian, pemandangan kedua jalan tersebut sangat berbeda. Jika Jalan Bintang menjadi pusat perbelanjaan yang elit, Jalan Alor justru menjadi surga kios kaki lima yang menyajikan berbagai makanan dan jajanan yang lezat. Sebagai seorang wisatawan tentu kamu harus bersiap untuk menyusuri sepanjang jalan ini dari ujung ke ujung agar tidak ada yang terlewat. 

Suasana di Jalan Alor  

16849061102 94f9f6e7fb b 700x525 - Menikmati Malam Dengan Wisata Kuliner Menarik di Jalan Alor

Secara sekilas, Jalan Alor memang terlihat seperti jalanan biasa dimana terdapat banyak tempat yang menjual makanan dan minuman. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah suasana sukacita ketika ada suara riuh ramai orang berbicara, pertunjukan masak di depan mata, aroma berbagai macam makanan yang semerbak dan denting alat masak bersentuhan. Ditambah oleh indahnya lampion yang terpasang di sepanjang jalan, menjadikan Jalan Alor terlihat menarik untuk dikunjungi. Suasana seperti ini tidak akan kamu dapatkan di restoran Malaysia lainnya. 

Wisata kuliner yang beragam 

Jalan Alor yang terbentang sekitar 500 meter memiliki beberapa zona tergantung makanan apa yang ingin kamu cari. Tidak hanya makanan ataupun jajanan lokal dari Malaysia, kamu bisa juga menemukan makanan khas negara tetangga seperti Thailand ataupun China. Selain variasi makanan, Jalan Alor terkenal karena cita rasa masakannya. Berikut beberapa macam makanan menarik yang bisa kamu coba ketika berwisata kuliner di Jalan Alor: 

  • Street food 

    job savelsberg GfJZuLeyzgI unsplash 700x467 - Menikmati Malam Dengan Wisata Kuliner Menarik di Jalan Alor

    unsplash.com

Sepanjang Jalan Alor kamu akan menemukan banyak aneka jajanan yang menarik. Kamu akan merasa kebingungan untuk memutuskan mau membeli yang mana. Pilihannya tersedia lengkap mulai dari buah-buahan segar, dimsum, aneka jenis sate dan masih banyak lainnya. Selain makanan, tentu saja ada juga berbagai macam minuman teh seperti, teh tarik, oolong tea bahkan ada juga thai tea. 

Ada juga jajanan lokal Malaysia bernama lok-lok yang sering dicari ketika berada di Jalan Alor. Camilan ini terdiri dari sayur-sayuran mentah, daging sapi dan bahan lainnya yang direbus dan penyajiannya lengkap dengan aneka saus sesuai selera seperti saus kacang atau sambal. 

  • Aneka olahan lautan

    5dba8ddd7af78 - Menikmati Malam Dengan Wisata Kuliner Menarik di Jalan Alor

    kaskus.co.id

Tidak hanya makanan ringan, kamu juga bisa menemukan banyak makanan berat di Jalan Alor. Apabila ingin makan seafood, ada berbagai macam olahan lautan yang bisa diolah sesuai dengan selera kamu. Pastikan untuk menanyakan harga terlebih dahulu agar sesuai dengan isi kantong kamu ya. 

  • Nasi Lemak 

4dc22a74 a561 46fc 8bf4 4ddc68fe8c6c 169 - Menikmati Malam Dengan Wisata Kuliner Menarik di Jalan Alor

suara.com

Makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing bagi kamu. Malaysia terkenal dengan nasi lemaknya. Kata orang, belum lengkap berkunjung ke Malaysia kalau belum mencicipi nasi lemak. Jangan khawatir, kamu bisa menemukannya di Jalan Alor. Salah satu penjualnya adalah Nasi Lemak Alor Corner.

  • Jajanan pinggir jalan yang hemat

Kamu tidak perlu khawatir dengan isi dompet yang bisa terkuras habis. Harga makanan di Jalan Alor terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan restoran atau cafe yang berada di Kuala Lumpur. Banyak makanan dan minuman yang dijual dengan harga dibawah RM10 seperti lok-lok yang dengan mengeluarkan RM2 kamu sudah dapat menikmatinya. Sebagai perbandingan, dengan uang RM 13 kamu sudah bisa mendapatkan 1 porsi sate berisi 10 tusuk, nasi putih, dan segelas es jeruk. Sedangkan dengan jumlah uang yang sama di KLCC, kamu hanya akan mendapatkan satu bungkus nasi lemak dan segelas es teh saja. 

Waspada dengan makanan non-halal

Apabila kamu seorang muslim, kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang ingin kamu nikmati di Jalan Alor. Beberapa tempat makan menyajikan daging babi dalam menunya. Namun banyak juga tempat makan yang tidak memiliki daging babi dalam variasi makanannya. Jangan malu untuk bertanya langsung kepada sang penjual. Mereka akan dengan senang hati untuk menjelaskan. Kamu juga harus tetap berhati-hati dan teliti saat membaca menu makanan. 

Tips sebelum pergi ke Jalan Alor 

Sebelum memutuskan pergi berwisata kuliner di Jalan Alor ada baiknya untuk mengetahui tips berikut: 

  • Datang saat matahari terbenam agar kamu memiliki kesempatan untuk berjalan-jalan di seluruh area 
  • Terkadang biaya dan layanan pajak sudah termasuk ke dalam harga, jadi kamu tidak perlu memberikan tip 
  • Simpan dompet dan ponsel di tempat yang hanya bisa kamu jangkau 
  • Pastikan untuk melihat ramalan cuaca. Meskipun banyak tempat menyediakan payung atau tenda kecil, namun itu tidak akan cukup untuk melindungi semua orang. 
  • Membawa tisu basah karena kamar mandi disini masing kurang memadai Baca juga: 5 Daftar Restoran Indonesia Terfavorit di Kuala Lumpur Malaysia

Itulah beberapa info tentang wisata kuliner di Jalan Alor. Sebelum pergi travelling sebaiknya kamu membayarkan tagihan kamu agar bisa tenang menjalani liburan. Kamu bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk membayarkannya dengan mudah. Selain itu, kamu bisa juga kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Lekas unduh aplikasinya dan ketahui banyak fitur menarik lainnya. 

Tags: , , , ,