Wanita Karir Sukses, Apa Tips dan Triknya?

Wanita Karir

Wanita karir merupakan sebutan umum untuk perempuan yang bekerja di bidang apapun. Kini sudah banyak wanita yang memilih berkarir bahkan sambil menjadi ibu rumah tangga sekaligus. Hal tersebut tentu tidak mudah dilakukan. Menjadi wanita karir biasa saja sudah sebuah tantangan tersendiri, apalagi menjadi wanita karir sukses.

Meski begitu, banyak wanita karir sukses menduduki berbagai jabatan penting dan menjadi pilar utama sebuah perusahaan. Tentunya, usaha yang dilakukan pun lebih besar dibanding wanita karir pada umumnya baik dari segi pikiran, waktu, serta tenaga. Untuk bisa menjadi wanita karir sukses, kamu tentu harus benar-benar menguasai dan unggul di bidang yang ditekuni.

Namun itu saja tidak cukup, lho! Ada banyak faktor yang menentukan seseorang baik wanita maupun laki-laki bisa menjadi sukses. Pintar saja belum cukup. Berikut ini akan dibahas secara lengkap tips dan trik untuk bisa menjadi wanita karir. Baca ulasannya berikut dengan seksama, ya.

1. Konsisten, kunci utama yang perlu dibentuk

chase clark dGqWUPPesrQ unsplash - Wanita Karir Sukses, Apa Tips dan Triknya?

Sumber: unsplash.com

Kunci utama untuk bisa sukses yaitu konsisten. Tanpa sikap tersebut sudah dipastikan seseorang akan stagnan karir dan pekerjaannya. Menjadi konsisten bukan perkara mudah dan perlu dilatih terus menerus. Pada dasarnya manusia memang mudah berubah, sehingga konsisten bisa jadi musuh berat. Upaya agar bisa tetap konsisten dalam bekerja perlu kamu coba seperti fokus pada tujuan, tidak takut gagal, membuat prioritas, serta stop talking start action.

2. Melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati

Cintai apa yang kamu kerjakan maka apapun hasilnya nanti akan tetap membuatmu merasa bangga dan lega. Untuk menjadi wanita karir yang sukses maka kamu tidak boleh setengah-setengah dalam melakukan pekerjaan. Lakukan semuanya dengan sepenuh hati bahkan dari detail terkecil sekalipun.

3. Percaya pada diri sendiri 

krakenimages 376KN ISplE unsplash - Wanita Karir Sukses, Apa Tips dan Triknya?

Sumber: unsplash.com

Jika kamu merasa ragu pada dirimu sendiri, tentu orang lain juga akan berpikir hal yang sama. Menjadi wanita karir sukses perlu memiliki sikap percaya diri yang tinggi. Bedakan dengan sikap arogan, ya. Percaya diri di sini berarti kamu berani mencoba inovasi baru, berani mengambil risiko, serta yakin pada kemampuan yang dimiliki. Orang yang percaya diri biasanya akan menciptakan energi baik dan lingkungan bisa merasakannya.

4. Pertajam kecerdasan sosial 

Sepintar apapun kamu, tanpa kecerdasan sosial maka karirmu tidak akan berkembang pesat. Skill khusus dan mumpuni di bidangmu memanglah penting, namun untuk menjadi wanita karir sukses butuh tambahan lain yaitu kecerdasan sosial. Apa itu? Secara sederhana, kecerdasan sosial merupakan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi, beradaptasi, serta bersosialisasi dengan orang lain. Hal tersebut bisa diasah dan dilatih, lho!

Cara melatihnya bisa dengan belajar menolak sesuatu jika memang tidak setuju, mengutarakan pendapat dengan bahasa yang jelas dan santun, tidak mudah percaya isu, berpikir matang sebelum bertindak atau berkata-kata, dan banyak lainnya. Seseorang dengan kecerdasan sosial tinggi biasanya memiliki rasa empati, dapat membaca situasi, mudah memahami perasaan orang lain, serta memiliki banyak teman yang suportif. Kamu masih merasa kurang tajam di bagian kecerdasan sosial? Tenang saja. Selama mau terus mengasahnya, tentu nanti bisa semakin tajam dengan sendirinya.

5. Mau menerima kritik dan saran 

brett jordan mS20cgMWaPw unsplash - Wanita Karir Sukses, Apa Tips dan Triknya?

Sumber: unsplash.com

Menjadi wanita karir sukses bukan berarti tidak mungkin melakukan kesalahan. Berbuat salah merupakan hal wajar selama tidak terulang terus menerus. Malah, dari kesalahan tersebut kamu bisa belajar lebih banyak. Terkadang menyadari bahwa memang salah itu sulit. Maka peran kritik dan saran dari orang lain sangatlah penting dan berguna. Dengarkan baik-baik semua kritik dan saran yang muncul dan cobalah untuk selalu intropeksi diri. Menganggap diri sendiri telah mengetahui semua hal merupakan awal dari kegagalan sebab kamu akan berhenti belajar dan cepat merasa puas.

6. Terus belajar dan pantang menyerah

Semua orang sukses di luar sana, baik wanita maupun laki-laki, tentu pernah merasakan kegagalan berkali-kali. Hanya saja, mereka pantang menyerah. Jika kamu ingin menjadi wanita karir sukses maka sebaiknya nyalakan terus api semangat agar tidak mudah menyerah. Yakinlah bahwa setiap hari merupakan awal yang baru dan akan selalu ada hal baru yang  bisa dipelajari untuk menjadi lebih baik lagi.

7. Networking, penting untuk terus dibangun dan dirawat

brooke cagle g1Kr4Ozfoac unsplash - Wanita Karir Sukses, Apa Tips dan Triknya?

Sumber: unsplash.com

Sering dilupakan, networking padahal berperan penting dalam kehidupan karir seseorang. Banyak orang terlalu fokus meningkatkan skill namun lupa membangun jaringan. Jika sudah memiliki networking yang baik, kamu juga harus merawatnya. Banyak sekali manfaat networking untuk menunjang karirmu di dunia kerja seperti bertambahnya wawasan, mendapat teman diskusi yang sebanding, update terhadap isu terkini, dan masih banyak lainnya.

 

Meski tidak mudah, kamu perlu meyakini bahwa semua orang berkesempatan untuk menjadi sukses. Tidak ada hasil instan sebab semua hal butuh proses termasuk saat kamu menerapkan tips menjadi wanita karir sukses di atas. Lakukan dengan tekad penuh maka usahamu pasti akan berbuah hasil yang manis. Melatih konsistensi merupakan bagian yang paling sulit sebab pada hakikatnya manusia memang mudah berubah.

Kamu bisa menerapkan dari hal basic namun penting seperti mengelola keuangan. Pastikan finansialmu tidak berantakan sebab jika ingin menjadi wanita sukses tentu kamu pun perlu bisa mengatur keuangan. Untuk pembayaran tagihan bulanan seperti BPJS, PDAM, dan listrik cobalah gunakan aplikasi Qelola agar lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa kirim uang luar negeri tanpa tambahan biaya dengan aplikasi ini. Yuk, unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store dan nikmati berbagai manfaatnya!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,