Usaha Modal Kecil Ini Memberikan Keuntungan Besar Lho!

Kondisi pandemi membuat banyak orang dengan usaha modal kecil menjadi kalang kabut. Pembatasan sosial terjadi pada seluruh area dan penerapan prokes tambah ketat. Banyak berita bermunculan yang isinya terkait perusahaan yang akhirnya tidak selamat dan gulung tikar. Kemudian banyak pemutusan hubungan kerja yang membuat kondisi perekonomian semakin berat.

Pada setiap musibah selalu ada pelajaran yang bisa kita ambil. Kondisi pandemi membuat banyak orang akhirnya putar haluan untuk tetap bertahan dengan berjualan. Pelan-pelan banyak usaha rumahan mulai bermunculan dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Apakah kamu tertarik juga untuk mencoba? Jika iya, simak beberapa rekomendasi usaha modal kecil yang bisa kamu lakukan sekarang.

Jenis Usaha Modal Kecil

Menyikapi kondisi pandemi yang belum berakhir membuat kamu harus bisa mengambil keputusan terutama soal kondisi keuangan. Perekonomian yang sedang tidak berjalan baik harus kamu siasati dengan perubahan dan inovasi untuk menghadapi situasi ini. Berikut beberapa rekomendasi usaha modal kecil yang bisa kamu jalani bahkan dari rumah, apa saja?

Toko Online

toko online 700x467 - Usaha Modal Kecil Ini Memberikan Keuntungan Besar Lho!

sumber: Pexels.com

Sudah bukan barang umum, seseorang memiliki toko online pada platform e-commerce. Memiliki toko online memang membuka kesempatan meraih kesejahteraan keuangan. Kamu bisa berjualan barang-barang yang kamu sukai atau yang kamu tahu banyak orang membutuhkan. Peluang ini harus kamu ambil karena persaingan semakin ketat. Ada berbagai platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan toko online. Mulai dari Instagram, Shopee, Tokopedia, website tokomu sendiri dan platform yang lain.

Jual Produk Kesehatan

produk kesehatan 700x467 - Usaha Modal Kecil Ini Memberikan Keuntungan Besar Lho!

sumber: Pexels.com

Usaha modal kecil yang bisa kamu pilih adalah menjual produk-produk kesehatan seperti masker, hand sanitiser, sabun dan alat kesehatan yang lain. Kondisi pandemi membuat kebutuhan akan produk kesehatan meningkat cukup tajam. Kamu bisa memilih supplier produk yang menawarkan pembelian grosir sehingga bisa jual kembali. Rata-rata harga per kotak masker mulai dari 15 ribu hingga puluhan ribu. Dengan supplier yang tepat, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan jika pembelian banyak.

Kamu juga bisa menjual beberapa kebutuhan kesehatan lain seperti minyak aromaterapi atau essential oil. Dalam kondisi yang serba tidak nyaman ini penting untuk memiliki kondisi mental yang stabil dan itu bisa dengan relaksasi. Produk minyak esensial ini cocok sebagai bahan untuk menjaga kesehatan.

Produk Kebersihan

produk kebersihan 700x467 - Usaha Modal Kecil Ini Memberikan Keuntungan Besar Lho!

sumber: Pexels.com

Hampir serupa dengan produk kesehatan, layanan jasa kebersihan ini bisa menjadi usaha modal kecil yang kamu pilih. Kamu bisa membuka jasa kebersihan untuk membersihkan rumah, mobil atau motor dan yang lainnya. Atau sebagai alternatif lain, kamu bisa menjual sabun kebersihan sesuai dengan kebutuhan. Seperti sabun cuci antikuman, sabun lantai antiseptik atau peralatan elektronik kebersihan seperti air purifier.

Catering

catering 700x467 - Usaha Modal Kecil Ini Memberikan Keuntungan Besar Lho!

sumber: Pexels.com

Kondisi pandemi saat ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat bisnis katering terutama buat orang yang sedang isoman karena sakit. Mereka yang sedang isoman membutuhkan support makanan yang siap santap karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk memasak. Buat paket isoman berisi makanan sehat, paket pekerja kantor atau paket keluarga dengan jumlah dan menu yang bervariasi.

Frozen Food

frozen food 700x467 - Usaha Modal Kecil Ini Memberikan Keuntungan Besar Lho!

sumber: Pexels.com

Tidak bisa mudah untuk bepergian membuat bahan makanan beku menjadi salah satu solusi menyimpan stok makanan. Jenis makanan ini juga mudah dalam pengolahannya dan cukup praktis. Perbanyak variasi makanan beku seperti sosis, nugget, mix sayuran hingga makanan ready to eat. Sekarang sudah banyak bentuk masakan jadi yang dibuat beku agar tahan lebih lama, misalnya sup matahari beku, gudeg beku, ayam bakar beku dan yang lainnya. Hal yang perlu kamu siapkan adalah adanya freezer atau chiller untuk menyimpan barang dagangan kamu.

Produk Herbal

produk herbal 700x415 - Usaha Modal Kecil Ini Memberikan Keuntungan Besar Lho!

sumber: Pexels.com

Selalu fit dengan stamina yang baik adalah cara untuk menjalani pandemi dengan lebih nyaman. Peluang berjualan produk herbal seperti jahe bubuk, aneka jenis teh, jus buah botol, atau jamu botol bisa menjadi ide bisnis yang cemerlang. Kamu perlu memperhatikan waktu produk bisa bertahan berapa lama. Hal ini karena produk herbal memiliki treatment yang berbeda pada proses penyimpanannya.

Produk Hobi

produk hobi 700x482 - Usaha Modal Kecil Ini Memberikan Keuntungan Besar Lho!

sumber: Pexels.com

Menghabiskan banyak waktu berada di rumah membuat banyak orang mulai mencari hobby atau kebiasaan baru. Peluang ini bisa kamu ambil sebagai usaha modal kecil dengan menjual produk hobi seperti tanaman hias, peralatan melukis, paket merajut, hingga berternak ikan hias. Melakukan kegiatan hobi menjadi salah satu cara melepas penat setelah bekerja seharian atau juga karena situasi dan kondisi yang tak kunjung membaik. Alasan lain juga karena banyaknya waktu berada di rumah membuat seseorang ingin melakukan banyak hal dengan memiliki kebiasaan baru.

Mengerti peluang kebutuhan dan keinginan pasar agar bisa meluncurkan usaha modal kecil cukup penting. Kenali dan pelajari mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan pangsa pasar produkmu supaya jualanmu bisa laris. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya sesuai dengan kebutuhanmu untuk belajar cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,