Alat Keselamatan Kerja Ini Harus Ada Pada Pekerja Industri!

sampul alat keselamatan kerja

Alat keselamatan kerja yang sering terpasang pada para pekerja industri ternyata adalah hal wajib sebelum bekerja loh! Apakah kamu pernah melihat seseorang dengan pakaian lengkap ketika ada konstruksi gedung? Atau seseorang yang bekerja di pabrik. Mereka memaka helm, kacamata, pelindung telinga, baju tertutup hingga sepatu boots. Perusahaan memang memiliki prioritas untuk membuat para pekerja memakai standar keamanan.

Standar keamanan alat keselamatan kerja ini ternyata ada dalam Undang-Undang No 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja tertuang pada pasal 3 (tiga). Alat keselamatan kerja atau sering tertulis Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah bentuk usaha melindungi dan mencegah terjadinya suatu risiko kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, peledakan, kebakaran, hingga pencemaran lingkungan. Lalu apa saja alat-alat yang digunakan?

Jenis Alat Keselamatan

Helm KeamananHelm Keamanan 700x467 - Alat Keselamatan Kerja Ini Harus Ada Pada Pekerja Industri!

sumber: Pexels.com

Pelindung kepala berbentuk helm ini berfungsi untuk melindungi kepala dari segala risiko bahaya dan benda jatuh. Penggunaan helm ini tidak sembarangan karena harus sesuai ukuran kepala penggunanya. Produk safety helmet memiliki jenis yang berbeda sesuai fungsi perlindungannya. Helm dengan Tipe General (G) berguna untuk melindungi kepala dari benturan ataupun kemungkinan jatuhan benda dan mampu mengurangi paparan listrik dengan tegangan rendah sampai 2.200 Volt. Helm Tipe Electrical (E) ) berfungsi mengurangi paparan listrik yang memiliki tegangan tinggi sampai sekitar 22.000 Volt. Terakhir, Tipe Conductive (C) hanya mampu melindungi dari benturan dan jatuhan benda.

Safety Glasses

Safety Glasses 700x525 - Alat Keselamatan Kerja Ini Harus Ada Pada Pekerja Industri!

sumber: Pexels.com

Perlindungan mata terhadap segala bentuk risiko bahaya jatuhnya benda, debu, percikan bahan kimia, kilauan sinar dan partikel kecil. Jenisnya ada 2 yaitu Safety Spectacles yang bentuknya sama dengan kacamata pada umumnya dan berguna saat proses pemotongan dan menyolder sesuatu. Fungsinya melindungi mata dari benda tajam, partikel kecil, debu dan sinar. Dan Safety Goggles, memiliki bentuk menempel tepat pada muka dan dipakai oleh pekerja teknisi mesin produksi. Berfungsi untuk melindungi mata dari percikan bahan kimia, uap, debu dan asap.

Masker dan Respirator

Respirator 700x467 - Alat Keselamatan Kerja Ini Harus Ada Pada Pekerja Industri!

sumber: Pexels.com

Masker adalah alat keselamatan kerja yang berfungsi sebagai pelindung pernapasan bagian hidung dan mulut. Material yang ada dalam masker berupa kain atau kertas sehingga bisa melindungi dari paparan debu, asap, dan bau bahan kimia. Berbeda halnya dengan respirator yang hanya terpakai pada kondisi kerja dengan potensi bahaya cukup tinggi. Contohnya pada lingkungan pengolahan bahan kimia, nuklir, dan tempat sedikit oksigen seperti gua.

Pelindung Wajah

Pelindung Wajah 700x560 - Alat Keselamatan Kerja Ini Harus Ada Pada Pekerja Industri!

sumber: Pexels.com

Face shield merupakan alat keselamatan kerja yang melindungi wajah dari kemungkinan terpapar bahan yang panas. Bisa juga melindungi dari goresan benda tajam dan zat kimia berbahaya. Kamu bisa melihat seorang pekerja menggunakan pelindung wajah pada tempat yang melakukan proses pengelasan.

Penutup Telinga dan Ear Plug

Ear Plug 700x525 - Alat Keselamatan Kerja Ini Harus Ada Pada Pekerja Industri!

sumber: Pexels.com

Penutup telinga (Ear Muff) merupakan alat keselamatan kerja untuk melindungi telinga dari risiko suara berfrekuensi tinggi. Hal ini agar gendang telinga dan organ pendengaran lainnya tetap terjaga. Bentuknya menyerupai headphone dan alat ini biasanya dipakai oleh teknisi mesin dan generator.

Wearpack dan Rompi Keamanan

Wearpack 700x525 - Alat Keselamatan Kerja Ini Harus Ada Pada Pekerja Industri!

sumber: Pexels.com

Pakaian yang berguna untuk melindungi seluruh bagian tubuh dari leher hingga mata kaki. Bahan wearpack ini adalah kain drill atau katun dengan ciri khas memiliki garis berwarna terang. Garis ini berfungsi sebagai penanda agar terhindar dari risiko tertabrak dan yang lainnya. Berbeda dengan rompi, bahan pembentuknya berupa bahan poliester dan mampu memantulkan cahaya.

Safety Shoes

Safety Shoes 700x500 - Alat Keselamatan Kerja Ini Harus Ada Pada Pekerja Industri!

sumber: Pexels.com

Sepatu yang berfungsi untuk melindungi bagian kaki dari benda tajam, benda jatuh, larutan bahan kimia hingga aliran listrik. Sepatu ini memiliki desain anti selip, tidak menghantar listrik, tahan panas, dan tahan terhadap bahan kimia. Alat keselamatan kerja ini juga bisa terpakai dalam jangka panjang.

Sarung Tangan

Sarung Tangan 700x467 - Alat Keselamatan Kerja Ini Harus Ada Pada Pekerja Industri!

sumber: Pexels.com

Perlindungan tangan terhadap bahan kimia yang mungkin berbahaya sehingga tidak terjadi kontak secara langsung. Sarung tangan ini terbagi menjadi 4 jenis yaitu Cotton Gloves dan Leather Gloves dengan fungsi melindungi tangan dari sayatan, tergores dan luka ringan. Rubber Gloves yaitu sarung tangan karet untuk melindungi tangan supaya tidak melakukan kontak langsung dengan bahan kimia. Terakhir Electrical Gloves yang memiliki fungsi melindungi tangan dari arus listrik tegangan rendah hingga tinggi.

Jas Hujan

Alat keselamatan kerja ini melindungi pekerja dari air ketika harus berada dalam kondisi hujan atau pencucian peralatan. Selain tahan air, jas hujan khusus ini juga bisa tahan panas dan api.

Pelampung

Pelampung 700x467 - Alat Keselamatan Kerja Ini Harus Ada Pada Pekerja Industri!

sumber: Pexels.com

Bekerja pada lingkungan berair seperti jembatan, pelabuhan, bendungan dan yang lainnya tentu cukup berbahaya. Pelampung atau safety life vest menjadi alat keselamatan kerja untuk menghindari kejadian seperti terjatuh dan tenggelam.

Body Harness

Body Harness 700x467 - Alat Keselamatan Kerja Ini Harus Ada Pada Pekerja Industri!

sumber: Pexels.com

Alat keselamatan kerja ini hanya terpakai pada pekerja yang melakukan aktivitas pekerjaan di ketinggian. Alat ini menjadi pelindung agar pekerja tidak terjatuh. Pemakaiannya pada seluruh tubuh dengan kaitan yang berfungsi sebagai pengaman.

Selesai sudah ulasan mengenai alat keselamatan kerja dan berbagai jenis serta fungsinya. Jangan lupa untuk kunjungi website Qelola (https://qelola.com/) karena informasi di dalamnya sesuai dengan kebutuhanmu untuk belajar cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola (https://play.google.com/store/apps/details?id=app.qelola.com) di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,