Wajib Coba! 6 Makanan Tradisional Malaysia Favorit Para Traveler

makanan tradisional malaysia

Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Negeri dengan menara kembar Petronasnya ini punya banyak daya tarik wisata yang tidak boleh kamu lewatkan. Bahkan, Kuala Lumpur yang merupakan ibukota Malaysia menjadi favorit para pelancong backpacker. Selain singgah di berbagai objek wisata yang ada disana, kamu pasti tak ingin ketinggalan untuk mencicipi makanan tradisional Malaysia.

Malaysia adalah negara dengan penduduk multietnis. Oleh karena itu, kuliner khas yang ada di negara ini dipengaruhi oleh budaya Melayu, Cina, India, Arab, dan juga Thailand. Dengan kata lain, kamu bisa merasakan berbagai macam makanan dari belahan bumi lainnya saat singgah di Malaysia. Lalu makanan khas Malaysia apa saja yang wajib kamu coba? Temukan jawabannya dengan membaca artikel berikut ini.

  • Nasi Lemak

traditional nasi lemak meal assortment 700x467 - Wajib Coba! 6 Makanan Tradisional Malaysia Favorit Para Traveler

Sumber: freepik

Nasi lemak adalah makanan tradisional Malaysia yang wajib kamu cicipi. Walaupun tampilan dan rasanya hampir mirip dengan nasi uduk yang ada di Indonesia, sebenarnya keduanya punya perbedaan. Dibuat dari bahan utama beras yang diolah bersama santan, proses memasak nasi lemak menggunakan rempah-rempah yang lebih sederhana. Umumnya rempah yang dipakai seperti serai, kayu manis, dan jahe. Tapi jangan salah, walau diproses dengan bumbu-bumbu yang simpel, rasa dari nasi liwet ini sungguh luar biasa di lidah.

Nasi liwet lebih nikmat jika disantap dengan lauk pendamping seperti ayam goreng, telur rebus, sambal goreng, rendang, atau tumis sayur kangkung. Citarasa gurih yang ada pada nasi liwet dijamin akan membuatmu ketagihan.

  • Ayam Percik

Ayam Percik Kelantan MFF Kelantan 700x525 - Wajib Coba! 6 Makanan Tradisional Malaysia Favorit Para Traveler

Sumber: pinterest

Jika kamu jalan-jalan ke kawasan Kelantan atau Terengganu, jangan lupa untuk merasakan kuliner Ayam Percik yang ada disana. Sesuai dengan namanya, makanan khas Malaysia ini dibuat dengan bahan utama ayam yang dibumbui dengan rempah-rempah pilihan. Ada perbedaan citarasa antara Ayam Percik Kelantan dengan Ayam Percik Terengganu. Jika Ayam Percik khas Kelantan dimasak dengan perpaduan santan dan rempah, Ayam Percik Terengganu diberi bumbu cabai yang membuat citarasanya lebih kuat.

Proses memasak ayam ini dimulai dengan merendam ayam dengan bumbu kemudian dipanggang sampai sedikit hangus. Setelah itu ayam dibumbui lagi dengan cara dipercik. Sebelum dihidangkan, ayam yang sudah selesai dipanggang diolesi dengan saus untuk menambah kelezatan.

  • Asam Laksa Penang

Laksa Bintan - Wajib Coba! 6 Makanan Tradisional Malaysia Favorit Para Traveler

Sumber: freepik

Asam Laksa Penang adalah makanan khas Malaysia yang merupakan perpaduan Melayu dan Cina. makanan ini cukup populer di kalangan wisatawan karena citarasa pedasnya yang menonjol. Saat memesan makanan ini, kamu akan mendapati mangkuk yang berisi bihun yang disiram dengan kuah kental. Rasa asam dan pedas pada kuah menjadikan makanan ini terasa segar di lidah. Biasanya, Asam Laksa Penang disantap dengan tambahan selada, mentimun, cabai, dan ikan mackerel.

  • Palak Paneer

 

Palak Paneer - Wajib Coba! 6 Makanan Tradisional Malaysia Favorit Para Traveler

Sumber: pinterest

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa makanan tradisional Malaysia mendapat pengaruh dari berbagai etnis lain, diantaranya adalah India. Salah satu makanan khas Malaysia yang punya sentuhan negeri India adalah Palak Paneer. Makanan yang satu ini dibuat dari sayur bayam sehingga menghasilkan warna hijau yang segar. Proses pengolahannya dengan menambahkan keju kambing untuk memperkaya citarasa. Tampilan dari Palak Paneer memang sedikit kurang menarik. Namun saat dicicipi dengan roti khas India seperti chapatis atau bhatura, kamu justru akan ketagihan.

  • Murtabah

The 11 best street foods worth blowing your diet over - Wajib Coba! 6 Makanan Tradisional Malaysia Favorit Para Traveler

Sumber: pinterest

Murtabah adalah salah satu jajanan street food Malaysia yang sangat mirip dengan martabak telur yang dijual di Indonesia. Cemilan gurih nan lezat ini juga jadi favorit baik oleh penduduk lokal Malaysia atau wisatawan yang datang. Umumnya, makanan khas Malaysia yang satu ini akan mudah kamu temukan di daerah Penang pada malam hari.

Baca juga: 9 Street Food Penang Favorit Para Foodies, Pasti Suka!

  • ABC/ Air Batu Campur

bowls malaysian cendol dessert 700x467 - Wajib Coba! 6 Makanan Tradisional Malaysia Favorit Para Traveler

Sumber: freepik oleh rawpixel.com

Tak hanya makanan saja, Malaysia juga punya menu lokal lain yang berupa minuman segar. Jika dilihat dari tampilannya, minuman ini terlihat seperti es teler dengan warna yang cantik. Bahan-bahan untuk membuat air batu campur diantaranya adalah es serut, kacang merah, agar-agar, kolang-kaling, nata de coco, cendol, dan susu kental manis.

Pada saat-saat tertentu, minuman ABC ini juga disajikan dengan buah durian. Bagi kamu yang pernah melihat serial anak upin-ipin pasti sudah tidak asing dengan minuman ini karena biasanya bisa dipesan di kedai Uncle Muthu.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Malaysia Keren, Bikin Serasa Keliling Dunia

Demikian berbagai makanan tradisional Malaysia yang wajib kamu coba saat berlibur ke negeri Jiran. Dari makanan berat, camilan, hingga minuman khas Malaysia di atas bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai rumah makan atau warung pinggir jalan yang ada di Malaysia. Saat berada di Malaysia, ada baiknya untuk menginstal aplikasi Qelola di gawai pribadimu. Qelola adalah aplikasi keuangan online yang akan memberimu kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi.

Mulai dari kirim uang dari Malaysia ke Indonesia, bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, BPJS, dan TV kabel, juga beli pulsa dan kuota internet. Semua itu bisa kamu lakukan langsung dari hp secara online lho! Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola dan rasakan manfaatnya sekarang juga!

Tags: , , , , , , ,