Ternyata, Ini Alasan Kenapa TKI Dijuluki sebagai Pahlawan Devisa

pahlawan devisa

Saat mendengar kata Tenaga Kerja Indonesia (TKI), apa yang pertama kali terlintas di benakmu? Sebagian besar orang mungkin akan langsung tertuju dengan pekerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. TKI memang mereka yang dikirim untuk bekerja di luar negeri, baik itu menjadi pembantu rumah tangga, buruh, maupun pegawai pabrik. Sebagai kompensasinya, para TKI tersebut akan mendapatkan gaji sesuai dengan hasil kerja mereka. Tentunya, gaji yang mereka dapatkan menggunakan mata uang tempat mereka bekerja. Lantas, apa hubungannya TKI dengan pahlawan devisa? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu Pahlawan Devisa?

pahlawan devisa 2 - Ternyata, Ini Alasan Kenapa TKI Dijuluki sebagai Pahlawan Devisa

sumber: freepik

Secara umum, devisa didefinisikan sebagai suatu alat pembayaran luar negeri. Alat pembayaran luar negeri berupa emas, surat berharga, mata uang asing, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Devisa dapat digunakan untuk:

  1. Membiayai perdagangan luar negeri yang berupa impor barang dan jasa.
  2. Membayar pokok utang, cicilan utang, bunga utang, atau utang luar negeri.
  3. Membiayai pembinaan dan pemeliharaan hubungan luar negeri, yaitu untuk kedutaan, konsulat, biaya kontingen olahraga, dan misi kebudayaan ke luar negeri.
  4. Mengatasi kesulitan perekonomian negara dalam kaitannya dengan pembayaran luar negeri.
  5. Memudahkan transaksi dalam perdagangan internasional.

Nah, para TKI yang mendapatkan gaji biasanya tidak akan mereka habiskan sendiri. Ada yang mengirimkannya kepada keluarga mereka di tanah air, ditabung di bank yang berlokasi di Indonesia, atau lainnya. Karena mata uang yang mereka dapatkan adalah mata uang asing, maka ketika mereka menabung di bank Indonesia, tentunya harus melalui konversi ke mata uang rupiah. Di sinilah proses di mana mata uang asing disimpan oleh bank, yang kemudian dapat digunakan untuk melakukan pembayaran luar negeri oleh negara Indonesia. Semakin banyak mata uang asing yang ditukarkan dalam bentuk rupiah, maka akan berakibat pada:

  1. Bertambahnya mata uang asing di kas Negara Indonesia, sehingga mata uang asing ini disebut sebagai sumber devisa.
  2. Kebutuhan terhadap rupiah meningkat. Jika dibiarkan terus demikian, maka sesuai hukum “supply and demand”, nilai rupiah akan menguat dibandingkan mata uang asing.

Jadi, semakin banyak penghasilan yang dibawa oleh TKI kembali ke tanah air, maka akan semakin besar pula kontribusi mereka terhadap pertumbuhan devisa Negara Indonesia. Apabila devisa Negara meningkat, maka tentunya juga akan berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi bangsa indonesia.

Tips Aman Menjadi Pahlawan Devisa

pahlawan devisa - Ternyata, Ini Alasan Kenapa TKI Dijuluki sebagai Pahlawan Devisa

sumber: freepik

Sebagian orang mungkin memilih menjadi Pahlawan Devisa karena umumnya memang tidak banyak skill yang dibutuhkan ketika melamar menjadi TKI. Namun, permasalahan tidak berhenti di situ saja. Masih ada hal yang membuat proses untuk menjadi Pahlawan Devisa cukup sulit. Proses yang panjang, perbedaan kebudayaan, mental yang belum cukup kuat, dan hal lainnya juga bisa menjadi penghalang. Dan ini pula yang banyak dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan. Akan tetapi, segala masalah ini bisa kamu hindari jika kamu menerapkan tips-tips berikut:

  1. Hal pertama yang harus kamu siapkan sebelum menjadi TKI adalah niat yang kuat. Niat inilah yang akan membuat kamu bisa bertahan selama menjadi TKI, bagaimanapun keadaannya. Selain itu, niat yang kuat juga akan menumbuhkan hasil yang baik. Tanpa niat tersebut, pekerjaanmu bisa menjadi berantakan dan tidak produktif, yang ujung-ujungnya hanya akan mengecewakan orang lain serta menyusahkan diri sendiri.
  2. Carilah informasi mengenai buruh-buruh migran, keuntungan dan kerugian menjadi TKI, hak dan kewajiban seorang TKI, sponsor, perusahaan penyalur TKI, dan lain sebagainya. Kamu bisa mencari informasi ini melalui Disnakertrans, internet, atau bertanya kepada orang-orang yang telah menjadi TKI sebelumnya.
  3. Kalau kamu sudah memiliki tekad yang bulat dan mengetahui negara mana yang akan dituju, langkah berikutnya adalah mencari tahu gaya hidup di negara tersebut. Pasalnya, setiap negara mempunyai gaya hidup yang berbeda. Mengetahui gaya hidup ini akan membantumu untuk lebih mudah beradaptasi.
  4. Menjadi calon TKI, biasanya kamu akan direkrut oleh petugas lapangan yang dikenal dengan sponsor atau calo. Jadi, pastikan sponsor tersebut memiliki surat tugas dari PPTKIS dan surat rekomendasi perekrutan yang dikeluarkan oleh Disnakertrans yang telah ditandatangani oleh Kepala Dinas.
  5. Tips selanjutnya, pilih pekerjaan yang benar-benar kamu kuasai. Dengan begitu, kamu akan melakukan pekerjaan tersebut dengan baik dan lebih bersemangat.

Sabar adalah Kunci Menjadi TKI yang Sukses

Saat memilih menjadi Pahlawan Devisa, kesabaran menjadi hal yang benar-benar harus ditanamkan dalam diri. Kalau kamu tidak sabar, maka jangan pernah berniat untuk menjadi TKI. Pasalnya, akan ada banyak hal yang terjadi karena budaya dan kebiasaan yang berbeda. Selain itu, tuntutan pekerjaan juga cukup menguras kesabaran. Satu hal lagi yang menjadi jebakan adalah masalah gaji, di mana kebanyakan calon TKI terlalu berekspektasi tinggi mengenai gaji. Padahal setelah sampai di negara tujuan dan bekerja beberapa bulan, hasilnya tidak seperti yang dibayangkan. 

Baca juga: Serba-serbi PKWT: Kelebihan dan Kekurangan PKWT bagi TKI

Untuk masalah gaji, kamu dituntut untuk pintar dalam mengelolanya jika ingin menikmati hasilnya. Pasalnya, banyak TKI yang akhirnya terlalu konsumtif karena merasa mendapatkan uang yang cukup banyak. Untuk itu, bijaklah dalam mengelola keuangan. Kamu bisa menabung sebagian dari gajimu setiap bulannya di tempat yang aman, seperti di bank atau aplikasi penyimpanan uang lainnya. Untuk hal ini pastikan kamu memilih bank dan aplikasi yang tidak mempersulit proses keluar-masuknya uang. Salah satu aplikasi pengelolaan finansial yang tidak akan mempersulit kamu dalam bertransaksi adalah Qelola. Aplikasi Qelola ini akan memfasilitasi kamu dengan proses pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia secara cepat, murah, dan aman. Download aplikasinya dan daftarkan dirimu sekarang juga!

Tags: , , , , , ,