Serba-serbi Tentang Penduduk Malaysia yang Menarik untuk Diketahui

penduduk malaysia

Malaysia merupakan negara yang terletak di ujung tenggara Benua Asia, dan berbatasan secara tidak langsung dengan Indonesia. Bahasa yang digunakan Malaysia adalah bahasa Melayu yang juga menjadi cikal bakal Bahasa Indonesia. Malaysia menjadi salah satu negara dengan perpaduan ras dan agama yang tidak sedikit. Ada orang Melayu, India, China, dan kelompok etnis lainnya yang hidup berdampingan di Malaysia. Ada pula orang yang beragama islam, Kristen, Buddha, Hindu, dan China yang tinggal bersama dan hidup damai. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang penduduk Malaysia, berikut ini ulasannya.

Mengenal Penduduk Malaysia

qelola 4 2 - Serba-serbi Tentang Penduduk Malaysia yang Menarik untuk Diketahui

sumber: freepik

Berdasarkan keterangan data Jabatan Perangkaan Malaysia mengenai jumlah penduduk Malaysia tahun 2020, jumlahnya mencapai 33 juta lebih. Adapun beberapa etnik atau suku yang mendiami Malaysia ada beberapa macam, yaitu:

  1. Etnik Bumiputera, yaitu etnik yang paling banyak menghuni Malaysia yang jumlahnya mencapai 21 juta jiwa lebih.
  2. Etnik Cina, jumlahnya mencapai 6,9 juta jiwa lebih.
  3. Lalu di peringat tiga ada Etnik India, dengan jumlah 2,1 juta jiwa.
  4. Ada juga yang tidak termasuk dalam tiga etnik sebelumnya, berjumlah sekitar 330 ribu jiwa.
  5. Serta mereka yang bukan warga negara di Malaysia, jumlahnya mencapai 1,2 juta jiwa lebih.

Jika dipetakan menurut struktur usia, mereka yang ada di kelompok usia 30 sampai dengan 34 tahun tercatat sebagai penduduk yang terbanyak. Sementara penduduk yang paling sedikit adalah kelompok usia 80 tahun ke atas, yaitu sebanyak 384 ribu jiwa.

Fakta Menarik Seputar Negara Malaysia

qelola 5 1 - Serba-serbi Tentang Penduduk Malaysia yang Menarik untuk Diketahui

sumber: freepik

Masih ingat pepatah “Tak kenal maka tak sayang”? Untuk bisa menyayangi Malaysia, maka kita harus kenal lebih dekat dengan negara tetangga yang satu ini. Berikut ini ada beberapa fakta menarik tentang Malaysia yang perlu diketahui.

1. Mayoritas penduduk Malaysia beragama islam

Indonesia dan Malaysia pada dasarnya tidak jauh beda, yaitu mayoritas penduduknya beragama islam. Maka tidak heran jika kamu akan menemukan banyak masjid besar di Malaysia. Sekitar 60 persen bangsa Malaysia (sebutan untuk penduduk Malaysia) adalah beragama islam. Sedangkan sisanya, bangsa Malaysia beragama Kristen, Buddha, Hindu, China tradisi, hingga agama yang lainnya.

2. Memiliki kesultanan tertua di dunia

Malaysia terdiri dari sembilan kesultanan atau diperintah oleh sultan serta empat negara bagian yang diperintah oleh “Yang Dipertuan Negeri” atau istilah di Indonesia adalah seorang gubernur. Kesembilan kesultanan Malaysia tersebut antara lain adalah Johor, Kedah, Selangor, Kelantan, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, dan Trengganu. Kesultanan Kedah adalah kesultanan awal di Semenanjung Malaya yang juga merupakan kesultanan tertua yang ada di dunia. Kesultanan Kedah ini berdiri sekitar tahun 1136 silam, dan berkaitan dengan dinasti Hindu. Namun, tidak lama kemudian Kesultanan Kedah yang awalnya masih berbau Hindu ini menjadi Kesultanan Islam.

3. Memiliki gua bawah tanah terbesar di dunia

Untuk tempat liburan, Malaysia memiliki Taman Nasional Gunung Mulu atau Gunung Mulu National Park yang wajib dikunjungi. Area ini terletak di negara Malaysia yang berbatasan langsung dengan Indonesia, yaitu di pulau Kalimantan. Atau lebih tepatnya, are ini terletak di Gunung Mulu National Park. Di Taman Nasional Gunung Mulu tersebut, terdapat sebuah gua bawah tanah yang sangat besar. Yaitu Sarawak Chamber, gua bawah tanah di Malaysia yang merupakan gua terbesar di dunia. Besarnya gua ini diperkirakan mampu menampung hingga 40 pesawat Boeing 747. Ditambah lagi dengan wisata hutan hujan yang sangat menarik perhatian para wisatawan.

4. Hukuman cambuk

Untuk bidang hukum, Malaysia terkenal dengan hukuman cambuk. Cambuk dengan menggunakan rotan merupakan hukuman utama dalam Undang-Undang di Malaysia. Jumlah cambukan terbanyak adalah sebanyak 24 kali. Kendati Malaysia memberlakukan cambuk rotan sebagai hukuman utama mereka, namun hukuman cambuk ini dikecualikan bagi wanita dan anak-anak. Hukum cambuk rotan ini juga diberlakukan bagi orang Indonesia yang berada di sana. Itulah mengapa kita mungkin pernah mendengar TKI yang dihukum cambuk di Malaysia hingga menuai pro dan kontra.

5. Arsitektur bangunan Malaysia yang unik

Tidak hanya penduduk Malaysia saja yang beragam, namun arsitektur bangunan di Malaysia pun cukup beragam dan unik. Ada arsitektur bangunan khas Melayu, China, India, Orang Pribumi Sabah dan Sarawak, hingga arsitektur khas zaman kolonial. Bangunan khas Melayu pada umumnya tersokong tiang di atas permukaan tanah, seperti rumah panggung di Indonesia. Kemudian, bangunan khas China dan India lebih menonjolkan ukiran yang indah dengan warna cat yang megah. Sedangkan, arsitektur bangunan Orang Pribumi Sabah dan Sarawak memiliki ciri khas rumah panjang dan perkampungan di atas air.

Malaysia yang pernah dijajah oleh Portugis, Belanda, dan Inggris. Jadi tidak heran jika banyak bangunan tua di Malaysia yang memiliki arsitektur khas zaman kolonial. Contohnya, bangunan Sultan Abdul Samad Building yang membuktikan bahwa banyak arsitektur bangunan di Malaysia yang masih kental dengan sejarah di masa lalu.

Baca juga: Serba Serbi Tentang Kondisi Geografis Malaysia yang Perlu Kamu Tahu

Begitulah ulasan singkat mengenai penduduk Malaysia dan fakta-fakta menarik tentang Malaysia. Pada dasarnya, Indonesia dan Malaysia merupakan satu rumpun, karena tak hanya lokasi dan jarak waktu yang tak jauh berbeda, budaya penduduknya pun memiliki banyak kesamaan. Dengan mengetahui informasi di atas, tentunya kamu tidak akan mengalami culture shock saat berkunjung ke Malaysia. Berbicara mengenai berkunjung di Malaysia, kamu pasti memiliki kepentingan yang berkaitan dengan keuangan. Seperti transfer uang, beli pulsa, bayar tagihan, dan lain sebagainya. Tenang saja, karena kamu bisa pakai aplikasi Qelola. Qelola akan  mempermudah urusanmu selama berada di Malaysia. Yuk, unduh dan coba layanan Qelola!

Tags: , , , ,