Taktik Jitu Menjaga Semangat Kerja Agar Tetap Produktif

semangat kerja

Apakah kamu pernah malas berangkat ke tempat kerja? Jika iya, sebenarnya kemalasan itu adalah karena kamu tidak mengetahui bagaimana cara menjaga semangat kerja. Bukan tanpa sebab, malas bekerja bisa terjadi karena banyak faktor baik secara internal maupun eksternal. Misalnya beban kerja dari atasan yang semakin bertambah, dan rekan kerja yang tidak kooperatif sehingga banyak pekerjaan tertunda dan tidak bisa selesai tepat waktu. Selain itu, lingkungan kerja yang kurang kondusif juga bisa menjadi sebab menurunnya semangat kerja. Sementara faktor dari dalam diri, di antaranya adalah adanya rasa jenuh terhadap rutinitas yang itu-itu saja, permasalahan pribadi yang mengganggu beberapa waktu ke belakang, hingga kelelahan akibat pekerjaan yang menumpuk.

Menurunnya semangat dan motivasi pekerja dalam meng-handle tugas pekerjaan dapat menimbulkan dampak negatif bagi performa perusahaan. Untuk itu, sebaiknya kamu mengetahui bagaimana cara menjaga dan meningkatkan motivasi di tempat kerja secara efektif.

Cara Sederhana agar Selalu Semangat Bekerja

semangat kerja 2 - Taktik Jitu Menjaga Semangat Kerja Agar Tetap Produktif

sumber: freepik

Cobalah beberapa taktik jitu di bawah ini agar semangat kerja kamu semakin membara, sehingga produktivitas di tempat kerja pun semakin meningkat.

  1. Temukan apa yang membuatmu bahagia. Tidak peduli apa yang kamu lakukan atau di mana kamu berada, mulailah untuk bahagia sejak detik ini.
  2. Area kerja di mana kamu beraktivitas ternyata juga dapat memberikan pengaruh besar pada semangat. Banyaknya alat-alat penunjang pekerjaan yang tidak tertata rapi terkadang membuat pikiran menjadi lebih lelah. Maka untuk mengakalinya, pertimbangkan untuk menata ulang area kerjamu. Agar lebih menumbuhkan semangat baru, tidak ada salahnya jika kamu meletakkan beberapa barang kesukaan. Misalnya pot bunga kecil, hiasan meja, atau aromaterapi untuk menambahkan wewangian yang menenangkan. 
  3. Cara menjaga semangat kerja berikutnya yang bisa dilakukan adalah peregangan dan berkeliling sejenak. Menurunnya semangat terkadang disebabkan oleh rasa bosan menatap meja kerja dengan setumpuk pekerjaan yang seolah tidak ada habisnya. Maka untuk menyiasati situasi tersebut, kamu bisa melakukan stretching atau peregangan ringan yang dapat membuat tubuh lebih rileks. Selain stretching, tidak ada salahnya kamu berjalan mengelilingi tempat kerja sejenak agar terasa lebih fresh.
  4. Memperhatikan work life balance juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga semangat kerja. Usahakan untuk meninggalkan semua pekerjaan, begitu kamu sudah sampai rumah. Jika terpaksa harus menyelesaikannya di rumah, maka usahakan agar seminimal mungkin. 
  5. Jika rasa lelah dan jenuh sudah benar-benar mengganggu performa kerja, mungkin ini saat yang tepat untuk mengambil cuti sejenak. Gunakan kesempatan kamu untuk liburan di tempat favorit. Liburan beberapa hari akan membuat badan dan pikiran menjadi lebih fresh dan terlepas dari beban pekerjaan. Usai berlibur, motivasi bisa meningkat lagi dan kinerja akan semakin baik, sehingga akan berdampak positif bagi karirmu.

Temukan Kembali Alasan Sebenarnya Kenapa Kamu Bekerja! 

semangat kerja - Taktik Jitu Menjaga Semangat Kerja Agar Tetap Produktif

sumber: freepik

Pada tahun 1983, Steve Jobs meyakinkan John Sculley untuk meninggalkan pekerjaannya di PepsiCo dengan melontarkan satu pertanyaan: “Apakah anda ingin menghabiskan sisa hidup anda berjualan soda atau anda ingin mengubah dunia?”. Selain menyentil rasa ingin tahu dan imajinasinya, pertanyaan ini ternyata memberi John Scully kesempatan untuk akhirnya melakukan pekerjaan yang memiliki arti baginya. Karyawan yang tahu betul apa makna dari pekerjaan mereka dan mampu memberikan dampak positif bagi orang banyak lewat karyanya terbukti akan lebih bahagia dan produktif, ketimbang orang-orang yang bekerja tanpa tahu arah tujuan.

Tidak peduli seberapa besar tujuan akhirnya, apakah itu menemukan obat penyembuh HIV/AIDS atau membuat pembaca tertawa, ketika kamu terlibat dalam kegiatan yang membuatmu sangat berarti, maka kamu akan lebih terinspirasi dan lebih semangat kerja. 

Pentingnya Melakukan Ritual Sebelum Bekerja

Apakah kamu lebih menyukai memulai hari dengan tenang, lengkap dengan secangkir kopi hangat dan koran di tangan? Atau kamu adalah tipe orang yang akan bekerja lebih semangat jika ditemani dentuman musik rock di pagi hari sembari mengisi ulang tenaga? Apa pun itu, lakukanlah sesuatu yang bisa mendongkrak semangat dan motivasi positif kamu di pagi sebelum mulai bekerja. Penelitian menunjukkan bahwa ketika tubuh dan mental kita “didandani” untuk menjadi lebih bahagia sebelum mengerjakan suatu tugas, maka kita akan bekerja lebih baik. 

Baca juga: Tips Memulai dan Contoh Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan

Kalau kamu butuh aplikasi serba bisa yang aman dan terpercaya, kamu wajib download Qelola. Aplikasi ini menjadi andalan para WNI yang ada di Malaysia untuk kirim uang antar negara. Transaksi kirim uang dari Malaysia ke Indonesia bisa diproses dengan mudah, cepat, dan murah. Selain fitur kirim uang antar negara, Qelola juga bisa kamu andalkan untuk urusan bayar ini-itu. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lengkap seputar fitur-fitur Qelola.

Tags: , , , , , ,