Serikat Buruh: Pengertian, Tujuan, Fungsi, hingga Cara Menjadi Anggota

serikat buruh

Secara sederhana, serikat buruh atau yang juga sering disebut serikat pekerja merupakan sebuah organisasi yang dibentuk untuk melindungi hak-hak pekerja/buruh. Di Indonesia, pembentukannya juga diatur resmi secara hukum. Pembentukan serikat pekerja ini dianggap cukup penting karena memungkinkan terjalinnya hubungan yang baik antara pekerja dan pihak pemberi kerja. Lantas, seperti apa penjelasan lebih lanjut mengenai serikat pekerja ini?

Apa itu Serikat Buruh? 

Berdasarkan ketentuan umum pasal 1 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, serikat buruh adalah organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja, baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan, yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Fungsinya adalah untuk memperjuangkan, membela, serta melindungi hak dan kepentingan pekerja, dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja beserta keluarganya.

Serikat buruh juga dapat diartikan sebagai suatu asosiasi atau perkumpulan pekerja yang memiliki tujuan yang sama untuk melindungi hak-hak pekerja sesuai dengan ketentuan yang ada. Apabila terjadi permasalahan yang berkaitan dengan hak-hak pekerja sebagai anggotanya, maka pengurus serikat pekerja akan membantu menanganinya atas nama pekerja, dengan melakukan pembicaraan atau negosiasi dengan pihak manajemen, atau pemilik perusahaan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Apa Tujuan dan Fungsi Kehadiran Serikat Buruh? 

qelola 23 - Serikat Buruh: Pengertian, Tujuan, Fungsi, hingga Cara Menjadi Anggota

sumber: freepik

Setiap pekerja tentunya ingin mendapatkan kesejahteraan dari tempatnya bekerja, di mana hak-haknya terpenuhi sekaligus dapat menjalankan kewajiban dengan tenang. Nah, untuk bisa mencapai hal tersebut, serikat pekerja memiliki beberapa fungsi yang mana diatur di dalam Pasal 4 Ayat 2 Undang-undang Nomor 21 Tahun 2000. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Berperan sebagai pihak dalam pembuatan perjanjian kerja bersama dan penyelesaian perselisihan industrial.
  • Bertindak sebagai wakil pekerja/buruh dalam lembaga kerja sama di bidang ketenagakerjaan sesuai dengan tingkatannya.
  • Menjadi sarana untuk menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Menjadi sarana penyalur aspirasi dalam memperjuangkan hak kepentingan anggotanya.
  • Sebagai perencana, pelaksana, serta penanggung jawab pemogokan pekerja/buruh sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Sebagai wakil pekerja/buruh dalam memperjuangkan kepemilikan saham atau lainnya di perusahaan.

Selain memiliki fungsi yang memihak para pekerja jika terjadi permasalahan, serikat pekerja juga memiliki beberapa tujuan yang penting, yaitu:

  • Salah satu fungsi dan manfaat serikat pekerja adalah untuk mendukung pekerja/buruh yang memiliki masalah terkait hak dan kewajiban mereka ketika bekerja. Sehingga pekerja/buruh mendapatkan kesempatan untuk hidup sejahtera.
  • Ketika suatu permasalahan terjadi dan justru menyebabkan kerugian pada pekerja/buruh, maka serikat pekerja dapat berperan sebagai penengah antara pekerja dengan manajemen perusahaan.
  • Fungsi dan manfaat serikat pekerja lainnya adalah untuk bisa membantu pekerja/buruh agar pendapat mereka juga turut didengarkan oleh perusahaan.

Bagaimana Cara Menjadi Anggota Serikat Buruh? 

qelola 2 2 - Serikat Buruh: Pengertian, Tujuan, Fungsi, hingga Cara Menjadi Anggota

sumber: freepik

Pada dasarnya, serikat buruh harus terbuka untuk menerima anggota tanpa membedakan aliran politik, agama, suku, dan jenis kelamin. Jadi sebagai seorang pekerja di suatu perusahaan, kamu hanya tinggal menghubungi pengurus serikat buruh di tempat kerja. Kemudian biasanya kamu akan diminta untuk mengisi formulir keanggotaan. Ada pula sebagian serikat pekerja yang memungut iuran bulanan kepada anggotanya yang relatif sangat kecil, yaitu berkisar Rp1,000 sampai Rp5,000. Iuran tersebut berguna untuk pelaksanaan-pelaksanaan program penyejahteraan anggota. Tidak mahal bukan? 

Ada banyak sekali keuntungan menjadi anggota serikat pekerja, terlebih jika serikat pekerja perusahaan kamu sudah berafiliasi ke federasi serikat pekerja dan konfederasi serikat pekerja. Sebagai contoh, anggota serikat pekerja akan mendapatkan program-program training peningkatan kemampuan kerja seperti training negotiation skill, training pembuatan perjanjian kerja bersama, dan lain sebagainya. Selain itu, anggota serikat pekerja juga akan mendapatkan bantuan hukum saat tertimpa masalah dengan perusahaan yang berkaitan dengan hukum, dan pemenuhan hak-hak sebagai pekerja.

Apa Saja Hak Menjadi Anggota Serikat Buruh? 

Serikat buruh, federasi, dan konfederasi serikat buruh yang telah mempunyai nomor bukti pencatatan akan mendapatkan hak-hak berikut ini:

  • Melakukan perundingan Perjanjian Kerja Bersama dengan pihak manajemen perusahaan. 
  • Mewakili pekerja dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial di dewan dan lembaga juga perburuhan. 
  • Membentuk lembaga ataupun melakukan kegiatan yang berkaitan dengan usaha peningkatan kesejahteraan pekerja/buruh.
  • Mengadakan kegiatan perburuhan selama tidak bertentangan dengan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga: 8 Daftar Ide Usaha Kreatif yang Bisa Menambah Penghasilan

Dengan terdaftar sebagai anggota serikat buruh, kamu akan lebih nyaman selama bekerja, termasuk bagi kalian yang saat ini menjadi TKI di Malaysia. Kemudian, agar kamu tidak perlu pusing saat harus kirim uang untuk keluarga di Tanah Air, kamu bisa pakai aplikasi Qelola. Qelola akan membantumu kirim uang dari Malaysia ke Indonesia dengan mudah, cepat, murah, dan tentunya aman. Yuk, segera bergabung dengan pengguna Qelola lainnya! Selain kirim uang antar negara, kamu juga bisa pakai Qelola untuk keperluan bayar tagihan. Mulai dari tagihan listrik, tagihan PDAM, beli pulsa, kuota data internet, token listrik, dan lain sebagainya. Sangat praktis, bukan?

Tags: , , , , , ,