4 Fakta Menarik Tentang Profil Negara Malaysia yang Wajib Kamu Tahu

bentuk pemerintahan Malaysia

Negara Malaysia dan Indonesia sering dibilang serumpun. Hal ini karena keduanya punya budaya, sejarah, etnis, dan bahasa yang hampir sama. Selain itu, Malaysia terbagi menjadi dua kawasan yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Nah, Malaysia Timur ini berada di satu pulau dengan Indonesia yaitu pulau Kalimantan. Dulunya, negara Malaysia menjadi pusat perdagangan dunia karena letaknya yang strategis. Beberapa orang bahkan memilih untuk menetap di negeri Jiran tersebut. Oleh karenanya Malaysia menjadi negara multietnis dengan berbagai bahasa.

Selama ini, hubungan Indonesia dan Malaysia juga identik dengan pertukaran tenaga kerja atau yang akrab disapa Tenaga Kerja Indonesia/ TKI. Padahal Malaysia juga jadi tempat melanjutkan pendidikan universitas, wisata, dan tujuan berobat bagi warga negara Indonesia. Untuk tahu lebih banyak tentang profil negara Malaysia, kamu bisa simak informasinya berikut ini.

  • Letak Geografis

pexels pixabay 209154 - 4 Fakta Menarik Tentang Profil Negara Malaysia yang Wajib Kamu Tahu

Sumber: pexels-pixabay

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, negara Malaysia terbagi menjadi dua kawasan yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat berbatasan dengan Thailand di sebelah utara dan Singapura serta Indonesia di sebelah selatan. Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Indonesia dan di sebelah timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Malaysia Timur letaknya berada jauh dari Malaysia Barat, tepatnya ada di pulau Kalimantan atau Borneo. Profil negara Malaysia Timur sendiri di sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Indonesia di sebelah selatan. Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Indonesia dan Filipina di sebelah timur.

Total luas wilayah Malaysia adalah 320.000 km persegi dengan jumlah penduduk yang kurang lebih 27 juta jiwa. Ibu kota sekaligus kota terbesar dari Malaysia adalah Kuala Lumpur. Namun, ada kota lain di Malaysia yang ditunjuk sebagai ibukota administrasi pemerintahan persekutuan yaitu kota Putrajaya. Pemisahan tersebut bertujuan untuk menekan kemacetan di kota Kuala Lumpur. Beberapa kota terkenal lainnya di Malaysia adalah Ipoh, George Town, Petaling Jaya, Melaka, Johor Bahru, Kuching, dan Kota Kinabalu.

  • Sistem Pemerintahan

pexels ben cheung 462671 - 4 Fakta Menarik Tentang Profil Negara Malaysia yang Wajib Kamu Tahu

Sumber: pexels oleh Ben Cheung

Bentuk pemerintahan negeri Jiran adalah monarki konstitusional. Sistem pemerintahannya pun cukup unik, karena diatur oleh kepala negara dan kepala pemerintahan. Kepala negara di Malaysia disebut dengan Yang di-Pertuan Agong atau yang juga disebut dengan istilah Raja Malaysia. Sedangkan kepala pemerintahannya dipegang oleh seorang Perdana Menteri. Pemilihan Raja ditetapkan atas keputusan bersama dari sembilan sultan Negeri-negeri Malaya dengan masa jabatan 5 tahun. Sedangkan kepala pemerintahan ditunjuk oleh Yang di-Pertuan Agong bersama dengan anggota parlemen.

  • Budaya dan Etnis

girl praying temple 700x467 - 4 Fakta Menarik Tentang Profil Negara Malaysia yang Wajib Kamu Tahu

Sumber: freepik oleh freestockcenter

Hari kemerdekaan Malaysia jatuh pada 31 Agustus 1957 dengan lagu kebangsaannya yang berjudul “Negaraku”. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Malaysia. Sedangkan mata uang yang dipakai adalah Ringgit Malaysia. Negara Malaysia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Namun, di negeri tersebut juga terdapat penganut kepercayaan lain seperti Budha, Kristen, Hindu, dan lain-lainnya. Hal menarik lainnya yang perlu kamu tahu dari negara ini adalah keragaman etnisnya. Penduduk Malaysia terdiri dari ras Melayu, Bumiputera, Tionghoa, India, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Cara Belajar Bahasa Malaysia yang Bisa Dicoba Pemula

  • Sejarah Singkat Malaysia

profil negara malaysia - 4 Fakta Menarik Tentang Profil Negara Malaysia yang Wajib Kamu Tahu

Sumber: freepik

Sejarah Malaysia dimulai sejak tahun 1400 Masehi pada era Kesultanan Malaka. Kala itu negara ini menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Asia Tenggara karena lokasinya yang sangat strategis. Hal ini kemudian menarik minat negara lain untuk menjajah negeri Menara Kembar Petronas tersebut. Hingga akhirnya pada tahun 1511, Malaysia berhasil ditaklukan oleh Portugis. Namun, pada tahun 1641 kekuasaan Portugis direbut oleh Belanda yang kemudian diambil alih oleh negara Inggris pada tahun 1824.

Negara Britania Raya disebut-sebut sebagai negara yang paling lama berkuasa di Malaysia. Namun pada tahun 1945, Malaysia sempat dijajah oleh Jepang. Berbagai upaya pun dilakukan oleh rakyat Malaysia hingga akhirnya meraih kemerdekaannya pada tanggal 31 Agustus 1957. Setelah kemerdekaan, negara ini masih dijuluki dengan nama Federasi Malaya. Selanjutnya, Federasi Malaya bergandengan dengan Sabah, Sarawak, serta Singapura membentuk negara Malaysia pada tanggal 16 september 1963. Namun pada akhirnya, Singapura keluar dari negara Malaysia dan membentuk pemerintahannya sendiri sebagai negara republik.

Baca juga: Pahami Persyaratan dan Cara Mengurus Izin Tinggal di Malaysia

Profil negara Malaysia memang unik dan menarik untuk dipelajari. Nah, jika kamu saat ini ada di Malaysia, jangan lewatkan aplikasi Qelola di smartphone-mu ya! Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan online yang akan memberimu kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi. Mulai dari kirim uang dari Malaysia ke Indonesia, bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, BPJS, dan TV kabel, juga beli pulsa dan kuota internet. Semua itu bisa kamu lakukan langsung dari hp secara online lho! Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola dan rasakan manfaatnya sekarang juga!

Tags: , , , ,