Usaha Kerajinan, Bisa Ekspor dan Sangat Menguntungkan!

Usaha Kerajinan

Usaha kerajinan seringkali dianggap hanya akan menjadi bagian dari UMKM yang sulit berkembang. Faktanya, peluang keuntungan dan ekspansi bisnis kerajinan cukup tinggi. Minat pasar luar negeri terhadap kerajinan tidak pernah mati. Hal itu membuat potensi ekspor berbagai usaha kerajinan lokal terbuka lebar.

Sudah banyak orang yang sukses besar dari menjalankan usaha kerajinan lokal. Tidak hanya menghasilakan uang, usaha kerajinan turut serta membantu memberdayakan masyarakat. Hanya saja, kamu tetap harus pandai bersaing jika ingin sukses. Pastikan kerajinan yang dibuat menarik dan unik. Berikut ini terdapat beberapa ide usaha kerajinan yang bisa kamu coba dan tentunya berpeluang untuk disukai pasar luar negeri.

1. Anyaman Rotan dan Bambu

hands 5409293 640 - Usaha Kerajinan, Bisa Ekspor dan Sangat Menguntungkan!

Sumber: pixabay

Siapa sangka rotan dan bambu bisa dijadikan kerajinan dengan nilai tinggi? Potensi ekspor produk anyaman dari rotan dan bambu sangatlah bagus. Ide usaha kerajinan anyaman rotan dan bambu patut kamu coba. Berbagai bentuk produk bisa kamu hasilkan seperti tas, kipas, laundry bag, dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa mengeksplorasi berbagai bentuk lain dengan bahan bambu serta rotan yang dianyam lalu tawarkan pada pasar internasional.

2. Batik Tulis

batik 5697482 640 - Usaha Kerajinan, Bisa Ekspor dan Sangat Menguntungkan!

Sumber: pixabay

Batik tulis merupakan jenis kerajinan yang memiliki nilai tinggi baik dari segi historitas maupun harga. Batik sendiri sudah cukup terkenal di mancanegara sebagai salah satu kain khas dari Indonesia. Kamu bisa turut serta meramaikan pasar internasional dengan usaha kerajinan batik. Berikan motif khas dan unik agar produksimu berbeda dari yang lain.

Selain itu, kamu juga bisa mengolah kain batik tersebut terlebih dulu. Misalnya dengan membuat gaun, rok, atau kemeja. Semakin variatif semakin bagus sebab konsumen akan punya banyak pilihan. Pastikan juga kualitas kain dan pewarna yang kamu gunakan adalah yang terbaik, ya!

3. Kain Tenun

towels 2296963 640 - Usaha Kerajinan, Bisa Ekspor dan Sangat Menguntungkan!

Sumber: pixabay

Ide usaha kerajinan selanjutnya yaitu kain tenun. Mirip seperti batik, kamu bisa memanfaatkan kain tenun untuk diolah menjadi berbagai jenis produk lain. Beberapa yang bisa dicoba misalnya dompet, rok, baju, tas yang menggunakan bahan kain tenun. Warna dari kain tenun yang cerah dan cantik seringkali menarik minat pembeli.

Dari segi proses pembuatan, kain tenun menawarkan nilai tinggi. Hingga saat ini terdapat berbagai jenis kain tenun berbeda khas masing-masing daerah. Untuk harganya, sudah tidak perlu diragukan lagi. Kain tenun bisa dihargai sangat mahal di pasar internasional.

4. Ukiran Kayu

archway 1230340 640 - Usaha Kerajinan, Bisa Ekspor dan Sangat Menguntungkan!

Sumber: pixabay

Usaha kerajinan ukiran kayu Indonesia juga telah terkenal. Ukiran Jepara menjadi salah satu primadona. Alasan minat tinggi warga mancanegara yaitu ukiran yang dihasilkan di Indonesia sangat bagus dan detail. Pilihan kayu yang digunakan pun bermacam-macam sebab pilihan bahan bakunya tersedia. Berbagai ukiran tersebut biasanya berbentuk relief, patung, kaligrafi, dan lain sebagainya.

5. Keramik 

pottery 1139047 640 - Usaha Kerajinan, Bisa Ekspor dan Sangat Menguntungkan!

Sumber: pixabay

Produk keramik juga cukup laris manis di luar negeri. Pengrajin keramik Indonesia cukup diakui kemampuannya, lho! Berbagai jenis keramik yang tinggi peminat di antaranya vas bunga, patung, dan guci. Kamu bisa menjadikan hal ini sebagai peluang usaha kerajinan yang menguntungkan. Bahkan, Tiongkok yang menghasilkan keramik bagus pun sering melakukan impor dari Indonesia, lho!

6. Kulit Kerang

shells 792912 640 - Usaha Kerajinan, Bisa Ekspor dan Sangat Menguntungkan!

Sumber: pixabay

Dibandingkan usaha kerajinan lainnya, kulit kerang termasuk yang kurang terkenal. Padahal kerajinan kulit kerang banyak peminatnya di pasar mancanegara. Kerajinan dari kulit kerang umumnya terlihat cantik dan mewah sehingga harganya juga mahal. Kerajinan dari kulit kerang juga cukup beragam seperti hiasan dinding dan pintu, pernak-pernik, fosil kulit kerang, sendok, mangkok, dan masih banyak lainnya.

Berbagai negara memiliki minat tinggi dengan kerajinan jenis ini. Berbagai negara Asia (seperti Tiongkok, Jepang, Korea) hingga Eropa (Jerman dan Belanda) merupakan pasar tertinggi terhadap kerajinan kerang. Harganya pun cukup fantastis. Untuk satu mangkok kulit kerang bisa mencapai harga sekitar 10 juta rupiah.

7.  Perhiasan Batu Mulia

gemstone 665698 640 - Usaha Kerajinan, Bisa Ekspor dan Sangat Menguntungkan!

Sumber: pixabay

Perhiasan merupakan barang mewah yang disukai banyak perempuan, tak jarang juga laki-laki. Usaha kerajinan perhiasan mungkin tidak sebanya usaha batik, namun peluangnya sangat baik. Pasar internasional menaruh minat pada kerajinan perhiasan dalam negeri yang terbuat dari batu mulia.

Tidak sembarang batu mulia, perhiasan yang diminati yaitu yang berasal dari Indonesia. Beberapa batu mulia yang sering dijadikan perhiasan tersebut yaitu batu bacan, batu kalimaya, batu indocrase, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa mengolah batu mulia tersebut menjadi cincin, gelang, atau kalung.

 

Itulah beberapa ide usaha kerajinan yang berpotensi dapat menembus pasar ekspor. Peminat kerajinan tersebut memang cukup tinggi dari luar negeri. Selain memperhatikan kerajinan yang diproduksi, kamu juga perlu mengelola keuangan dengan baik. Telah hadir aplikasi Qelola untuk memudahkan urusan keuanganmu.

Melalui aplikasi ini kamu bisa transfer uang luar negeri secara mudah dan cepat. Tagihan rutin juga bisa dibayar tepat waktu dengan menggunakan aplikasi Qelola. Segera unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store untuk merasakan berbagai manfaat lainnya!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,