Simak 5 Tips Mengasuh Anak Ketika Terpaksa Hidup Berjauhan

Orang tua mengasuh anak

Semua orang pasti berharap bisa mengasuh anak secara langsung. Orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Setiap pasangan memiliki tips mengasuh anak yang berbeda-beda dan ingin bisa mengetahui perkembangan buah hati. Hanya saja ada kondisi tertentu yang membuat orang tua terpaksa berjauhan dengan anak.

Situasi yang bisa terjadi pada pasangan suami istri adalah kondisi Long Distance Marriage (LDM). Bagi pasangan tertentu, situasi seperti ini tak bisa dihindari, alasannya karena pendidikan atau pekerjaan. Ada pasangan suami istri yang terpaksa berjauhan di saat sudah memiliki anak. Meskipun bukan situasi yang ideal tetapi harus dihadapi oleh para orang tua. Saat ini banyak pasangan muda yang mampu melakukan LDM karena berbagai pertimbangan masa depan baik pendidikan, ekonomi, hingga urusan karir.

Setiap pasangan akan memiliki caranya sendiri melakukan dan menikmati LDM. Ada risiko dan cara yang akan dilakukan para orang tua untuk menjalin komunikasi termasuk memperhatikan tumbuh kembang anak. Zaman sudah modern dan banyak teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan sapaan hingga mengasuh anak. Meski jarak jauh tapi tetap bisa merasa dekat dengan anak dan keluarga.

Berikut Tips Mengasuh Ketika Berjauhan dengan Buah Hati

1. Jadwal Video Call

Komunikasi penting dilakukan para orang tua maupun anggota keluarga lainnya. Ketika sedang berjauhan karena jarak rutinlah membangun komunikasi. Salah satu caranya adalah membuat jadwal video call. Saat ini sudah ada handphone dengan harga terjangkau dan internet. Saat ini jauh lebih mudah dan menyenangkan menggunakan handphone bisa mendekatkan yang jauh.

Ada berbagai aplikasi untuk melakukan video call. Sepakati jadwal bertemu meski secara virtual. Lakukan komunikasi lewat video untuk bisa saling melihat wajah maupun tingkah lucu anak. Kamu bisa berbicara, memberikan nasihat, arahan, dan lainnya saat panggilan video.

2. Orang Tua Mengirim Hadiah

hadiah untuk anak 700x423 - Simak 5 Tips Mengasuh Anak Ketika Terpaksa Hidup Berjauhan

Sumber: Pixabay/ Pexels

Langkah berikutnya untuk menggantikan ketidakhadiran di rumah adalah mengirimkan hadiah untuk anak. Meskipun tak bisa mengasuh anak secara langsung, kamu bisa memberikan perhatian dalam bentuk kado yang membuat anakmu teringat pemberian orang tuanya.

Kirimkan hadiah yang berguna untuk melatih tumbuh kembang anak, keperluan sehari-hari, ataupun untuk mendukung pendidikan anak. Misalnya, buku cerita, puzzle, buku gambar, peralatan menggambar, sepatu untuk latihan berjalan, sepeda, dan lainnya. Hadiah akan membuat anak senang sekaligus belajar.

3. Rekam Tumbuh Kembang Anak

Setiap orang tua ingin melihat perkembangan anaknya secara langsung. Saling memberikan dukungan adalah hal diperlukan bagi pasangan yang LDM termasuk memperhatikan anak-anaknya. Orang tua yang di rumah bisa merekam momen pertumbuhan sang anak, seperti saat sedang bertingkah lucu, latihan berjalan, latihan bersepeda, lahap makan dan lainnya.

Kemudian kirimkan kepada pasangan yang sedang jauh. Dengan begitu, pasangan bisa saling mengerti bagaimana cara mengasuh anak meskipun jarak jauh. Sehingga saat jadwal video call berlangsung bisa memberikan perhatian, ucapan selamat, dan asyik ngobrol.

4. Memberi Pengertian

Tips mengasuh anak berikutnya adalah memberikan pengertian kepada anak mengapa ayah atau ibunya berada jauh dan tidak tinggal bersama. Kamu bisa menyampaikan bahwa saat ini harus jauh karena sedang bekerja, cari uang untuk beli susu, dan lainnya. Anak juga perlahan akan paham kalau hanya bertemu lewat video call. Perlahan akan mudah diajak berkomunikasi meskipun tidak bisa bertemu secara fisik.

5. Menjalin Komunikasi 

komunikasi anak 700x467 - Simak 5 Tips Mengasuh Anak Ketika Terpaksa Hidup Berjauhan

Sumber: Pixabay/Chuck Underwood

Komunikasi keluarga harus terus dibina meskipun terkesan mudah tapi bisa jadi tantangan yang berat. Terkadang perbedaan waktu lebih dari 5 jam bisa jadi kendala berkomunikasi. Alasan lelah bekerja atau banyak pekerjaan juga kadang kala bisa menghambat komunikasi. Orang tua yang enggan membangun komunikasi maka anak bisa lupa karena lama tidak berjumpa. Beruntung ada kecanggihan teknologi sehingga bisa bertemu secara virtua. Nah, cara mengasuh anak yang dapat dilakukan adalah memberikan dukungan, semangat serta motivasi pada anak.

Kamu bisa mendongeng, menceritakan pembelajaran nyata pada anak, memberikan motivasi untuk anak, beri apresiasi pada anak. Meskipun lewat video tapi bisa sekaligus memberikan perhatian dan kasih sayang pada buah hati. Jangan sampai anak takut bahkan melawan orang tua saat beranjak remaja atau dewasa.

Kamu juga bisa melakukan transfer uang secara online. Ada aplikasi Qelola yang memungkinkan kamu kirim uang dari Malaysia ke Indonesia secara lebih mudah! Tidak hanya kirim uang, melalui Qelola kamu juga bisa bayar berbagai macam tagihan. Hanya dengan download Qelola melalui Playstore di smartphone-mu lalu verifikasi akun, kamu sudah bisa menikmati fitur-fitur yang tersedia.

Tags: , , , ,