Ketahui 7 Macam Hak Anak yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

hak anak

Setiap pasangan yang ingin mempunyai anak sebaiknya harus mengetahui dulu apa saja hak anak yang wajib dipenuhi oleh orang tua. Dari pertama dilahirkan, seorang anak memiliki hak yang sama seperti orang dewasa yaitu mempunyai kehidupan yang layak. Menjadi orang tua berarti bertanggung jawab untuk memenuhi hak anaknya agar dapat tumbuh berkembang secara optimal. Nah, kira-kira apa saja yang perlu orang tua ketahui? Simak 7 macam hak anak yang wajib dipenuhi pada artikel berikut:

1. Hak untuk mendapatkan pendidikan 

Seorang anak memiliki hak mendapatkan pendidikan yang layak dengan tujuan untuk menjadi generasi yang unggul dan berkualitas. Pemerintah melalui undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak bertanggung jawab untuk memberi bantuan biaya jika anak tersebut berasal dari keluarga ekonomi rendah yang tidak mampu menyekolahkan anaknya. 

Mengetahui pendidikan adalah hak anak yang harus dipenuhi orang tua, alangkah baiknya bagi orang tua untuk memikirkan biaya pendidikan anak sebelum merencanakan kehamilan. Hal ini merupakan upaya untuk memenuhi hak anak dengan baik juga untuk menghindari adanya pendidikan yang terabaikan di kemudian hari. Selain pendidikan dari sekolah, orang tua wajib memberikan pendidikan moralitas untuk anak di rumah. 

2. Hak untuk bermain 

full shot kids playing with paper 700x466 - Ketahui 7 Macam Hak Anak yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

Sumber: Freepik

Orang tua terkadang berpikir bahwa bermain adalah hal yang sepele. Padahal selain hak mendapatkan pendidikan dan belajar, anak juga boleh mengklaim haknya untuk bermain. Bagi anak, bermain bukan hanya sarana untuk hiburan tapi juga sebagai cara untuk mengeksplorasi dunianya dan mengenal lingkungan sekitar. Orang tua wajib memenuhi haknya dengan mendukung dan memberikan anak waktu untuk bermain. Selain itu, orang tua juga bisa membelikan permainan yang bersifat seru dan edukatif namun tidak harus mahal, karena bagi anak bermain apa saja bisa menarik.   

3. Hak untuk mendapatkan makanan yang sehat 

Sejak dari lahir anak berhak mendapatkan nutrisi yang baik untuk menunjang pertumbuhannya. Memenuhi nutrisi untuk anak seperti air susu ibu (ASI) dilakukan dari enam bulan pertama di awal kehidupannya. Air susu ibu memiliki nutrisi yang sempurna yang akan melindungi anak dari berbagai penyakit. Setelah itu, anak diberikan makanan pendamping asi (MPASI) dan makanan bergizi seimbang 4 sehat 5 sempurna sampai tumbuh remaja hingga dewasa. 

4. Hak untuk mendapatkan akses jaminan kesehatan 

doctor checking evolution fever while nurse taking notes healthcare physician specialist medicine providing health care services radiographic treatment examination hospital cabinet 700x394 - Ketahui 7 Macam Hak Anak yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

Sumber: Freepik

Selain menyediakan kebutuhan nutrisi dan makanan bergizi, orang tua wajib memenuhi hak anak untuk mendapatkan jaminan kesehatan yang baik. Berikan anak imunisasi yang lengkap, mempunyai akses untuk pergi ke Pos Layanan Terpadu (Posyandu) dan melakukan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali. Ketika sudah beranjak dewasa, anak berhak mendapatkan pelayanan kesehatan reproduksi untuk terus menjaga kesehatannya.

5. Hak untuk mendapatkan kesejahteraan hidup 

Hak anak lainnya yang harus dipenuhi oleh orang tua adalah kesejahteraan hidup. Setiap anak berhak mendapatkan hal-hal yang membuatnya nyaman dan tidak merasa kesulitan selama hidup di dunia. Orang tua bertanggung jawab memberikan pakaian yang layak, tempat tinggal yang nyaman, uang jajan untuk pergi bersekolah dan juga berlibur. 

Tidak hanya orang dewasa yang mengalami stress, anak-anak juga bisa mengalaminya. Untuk menghilangkan stres, orang tua bisa mengajak anak untuk berlibur ke tempat favoritnya. Selain bisa jadi momen berkumpul bersama, liburan dapat membuat anak tumbuh dengan perasaan bahagia. Terlebih anak yang terbebas dari stres biasanya akan memiliki perkembangan yang baik. 

6. Hak mendapatkan perlindungan 

Orang tua yang sudah memiliki komitmen untuk mengasuh anak harus selalu ingat untuk merawatnya dengan baik. Mengawasi keselamatan jasmani dan rohani juga memberi anak perlindungan. Perlindungan apa saja?. Perlindungan yang termasuk adalah memastikan anak aman dari berbagai mara bahaya yang mengancam, kekerasan fisik maupun psikis, ketidakadilan, penelantaran, diskriminasi dan perilaku salah lainnya. 

Contoh tindakan buruk yang kerap anak alami di masa sekarang adalah bullying. Hal ini bisa terjadi di banyak tempat bahkan di lingkungan terdekat, yaitu rumah dan sekolah. Bullying akan memberikan dampak buruk untuk masa depan anak. Oleh karena itu, anak sangat membutuhkan peran orang tuanya untuk menghindari hal tersebut terjadi. 

7. Hak untuk mendapatkan kasih sayang 

happy asian young family homeowners bought new house japanese mom dad daughter embracing looking forward future new home after moving relocation sitting sofa with boxes together 700x467 - Ketahui 7 Macam Hak Anak yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

Sumber: Freepik

Meskipun dengan memenuhi 6 hak anak tersebut sudah menunjukkan rasa kasih sayang orang tua. Ada baiknya, bagi orang tua untuk menunjukkan kasih sayang kepada anak secara nyata seperti sering memeluk, mencium dan mengatakan bahwa Ibu atau Ayah mencintainya. Dengan cara ini, anak akan merasa benar-benar merasa kedua orang tuanya sangat mencintai dan mengasihi mereka. 

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Sekolah Ramah Anak Berikut Ini!

Agar bisa memenuhi hak anak dengan baik dan lancar, sahabat Qelola harus berhati-hati untuk mengelola keuangan. Gunakan aplikasi Qelola untuk mempermudah transaksi pembayaran  tagihan air, listrik, BPJS dan membeli pulsa juga kuota internet. Untuk para TKI dapat menggunakan Qeloa untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Yuk segera unduh aplikasinya dan nikmati berbagai macam fitur keuangan menarik lainnya. 

Tags: , , , ,