Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Punggung

sakit punggung

Sakit punggung atau nyeri punggung menjadi salah satu gejala yang timbul ketika kita terlalu lama melakukan aktivitas fisik tertentu. Banyak dari kita pasti memiliki cara sendiri dalam menyembuhkan sakit punggung ini. Mulai dari menempelkan koyo, mengoleskan balsem, hingga mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun apakah cara-cara tersebut sesuai dengan anjuran dokter? Apakah bisa menyebabkan penyakit lain jika dilakukan terlalu sering? Atau sebaiknya kita hanya cukup tidur saja? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, tentu kita harus memahami dulu penyebabnya ya Sahabat Qelola. Agar penanganannya sesuai sehingga aman dalam jangka panjang. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

A.  Penyebab Sakit Punggung

duduk 700x467 - Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Punggung

Sumber : freepik.com

Sakit punggung bisa dialami oleh hampir semua orang dengan berbagai rentan usia. Pada umumnya, sakit punggung bukanlah suatu tanda dari penyakit serius tertentu. Namun jika rasa sakit tersebut menjalar hingga punggung bagian bawah dan/atau paha bagian belakang, maka ada baiknya kamu waspada. Berikut ini beberapa penyebab yang mungkin kamu alami.

1.       Kebiasaan yang tidak sehat bagi punggung

Pada dasarnya, sakit punggung terjadi karena saraf-saraf pada otot punggung memiliki tekanan tertentu yang membuatnya kaku. Biasanya akibat tidak bergerak dalam waktu yang lama dengan posisi tertentu. Beberapa hal yang memengaruhi hal ini adalah duduk terlalu lama, baik dalam kendaraan maupun di ruang kerja, tidak terbiasa olahraga, dan sebagainya. Bahkan kondisi kasur yang kurang baik juga ikut memengaruhi karena tulang punggung tidak ditopang dengan baik saat tidur.

Selain itu, kebiasaan mengangkat tas terlalu berat juga memengaruhi kondisi otot punggung. Baik itu tas ransel maupun tas selempang, beratnya tidak boleh lebih dari 20% berat tubuh kamu ya. Kemudian penyebab lain yang mungkin tidak kamu sadari adalah memakai sepatu yang kurang pas. Sepatu dengan bentuk lengkungan yang tidak sesuai dengan telapak kaki akan menyebabkan masalah pada kemampuan kaki dalam menopang dan menjalar hingga ke otot punggung.

2.      Peradangan tulang

Jaringan ikat yang menghubungkan otot dan tulang punggung bernama tendon. Ketika tendon mengalami peradangan, maka kamu bisa saja ada dalam kondisi tendonitis. Kondisi ini biasanya dipicu oleh cedera akibat gerakan berulang yang tidak biasa seperti terlalu sering memutar punggung saat kamu merasa pegal. Namun, orang dengan berat badan berlebih juga memiliki risiko mengalami hal ini.

3.       Saraf terjepit

Kamu pasti sering mendengar saraf terjepit jika berhubungan dengan sakit punggung. Hernia Nukleus Pulposus (HNP) atau saraf terjepit adalah penyakit yang menyerang bantalan ruas tulang belakang. Saraf tulang belakang tertekan akibat bantalan tersebut bergeser. Rasa sakit yang dialami saat kondisi ini berlangsung tergantung pada letak pergeseran bantalan tulang tersebut. Bisa jadi ada di punggung bagian atas, bagian bawah, kanan, kiri, hingga sampai ke paha dan kaki.

4.      Skoliosis

Skoliosis adalah kondisi tulang belakang mengalami pelengkungan sehingga mirip bentuk huruf C atau S. Penyakit ini sering dialami anak-anak dan remaja dengan rentan usia 10-15 tahun. Apabila tidak ditangani sedini mungkin, penyakit tersebut tidak hanya membuat sakit punggung berkepanjangan namun juga gangguan sistem pernapasan.

B.  Cara Mengatasinya

sakit punggung 1 700x467 - Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Punggung

Sumber : freepik.com/jcomp

Dari mengetahui berbagai penyebab sakit punggung di atas, kamu bisa menyesuaikan cara yang tepat untuk mengatasinya. Beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. Lakukanlah kompres dingin pada area punggung atau tengkuk untuk mengurangi rasa sakit. Apabila cara ini kurang bisa menghilangkan rasa nyeri pada punggung, kamu bisa mengonsumsi pereda nyeri.
  2. Cobalah untuk memberikan tubuh istirahat yang lebih banyak. Istirahat dari aktivitas duduk, membungkuk, mengangkat beban terlalu berat, dan sebagainya. Perlu diketahui juga bahwa kebiasaan menggunakan bantal terlalu tinggi tidak baik bagi punggung.
  3. Apabila masalahnya ada pada berat badan, maka diet sehat bisa menjadi salah satu cara mengatasinya. Hal ini tentu akan menghilangkan sakit punggung dan sakit pada organ tubuh lain dalam jangka panjang.
  4. Pada beberapa kasus yang lebih serius tentu diperlukan penanganan yang lebih pula. Beberapa diantaranya adalah penggunaan korset untuk memperbaiki bentuk tulang punggung, fisioterapi, dan sebagainya.

Dengan informasi di atas tentu kamu jadi semakin paham tentang sakit punggung, bukan? Sakit punggung memang sering diremehkan. Namun jika diatasi dengan obat-obatan kimia terlalu sering justru membuat organ tubuh lain ikut terancam mengalami masalah. Pada beberapa kasus, sakit punggung bisa menjadi tanda dari penyakit yang lebih serius. Untuk itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika beberapa cara mengatasi di atas kurang berhasil. Bicara soal mengatasi masalah, tahukah kamu bahwa Qelola bisa membantu mengatasi hampir semua jenis transaksi dari Malaysia ke Indonesia? Mulai dari transfer uang hingga membayar tagihan bisa kamu lakukan dalam 1 aplikasi. Unduh dan install aplikasi Qelola sekarang juga di sini.

Tags: , , , , ,