Tips Cara Melunasi Utang Agar Tidak Semakin Menumpuk

bayar hutang

Ketika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan kadang kala jadi terpaksa utang. Agar tidak sampai jadi masalah besar maka penting untuk mengetahui cara melunasi utang supaya tidak makin menumpuk. Semakin bertambah usia belum tentu makin banyak uang yang bisa ditabung. Jika terus menerus berhutang sedangkan pemasukan juga kecil akan menjadi beban jangka panjang di masa depan.

Masalah keuangan saat ini penting diperhatikan dan dipikirkan supaya tidak menjadi beban. Masih banyak generasi muda saat ini yang masih harus menanggung utang orang tuanya. Jangan sampai menurunkan utang kepada anak-anak. Berapa hutangmu sekarang dan untuk keperluan apa saja?

Simak Tips Melunasi Utang Supaya Keuangan Lekas Aman

Ketika kamu berani meminjam uang maka harus melakukan beberapa cara melunasi utang tersebut. Sebelum berhutang kamu juga perlu mempertimbangkan dahulu apakah bisa membayar tepat waktu atau terlalu berat. Pengelolaan utang yang tidak baik bisa menghancurkan impian finansial, kehidupan pribadi maupun rumah tangga.

Tentu saja banyak orang ingin bebas dari hutang tetapi bingung bagimana cara melunasi utang. Kadang kala melunasi utang lebih cepat dari tanggal jatuh tempo jadi hal yang sulit bagi sebagian orang. Ingat! makin lama berhutang dan tidak segera dibayar saat jatuh tempo akan dikenakan denda. Simak ulasan berikut ini:

  • Mencatat semua utang

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencatat daftar utang kamu ambil. Termasuk sistem pembayarannya dan bunga. Adapun cara melunasi utang langkah pertama ini wajib dilakukan untuk mengetahui berapa utang yang didapatkan dan cicilan yang harus dibayarkan.

Daftar utang tersebut juga memudahkan untuk menentukan skala prioritas utang termasuk anggaran belanja rutin per bulan. Pasalnya uang yang dimiliki tidak hanya untuk melunasi utang tapi juga kebutuhan sehari-hari. Sehingga anggaran belanja yang tidak perlu bisa dicoret dan uangnya dapat dialihkan untuk menyelesaikan pinjaman.

  • Menentukan skala prioritas pembayaran

pembuatan anggaran 700x465 - Tips Cara Melunasi Utang Agar Tidak Semakin Menumpuk

Sumber: Pixabay/ Firmbee

Bebas dari utang merupakan impian tapi kalau sudah terlanjur pinjam uang sesegera mungkin dilunasi. Kamu perlu menetapkan skala prioritas pembayaran setiap bulannya termasuk cicilan hutang. Cara melunasi utang ini harus kamu terapkan untuk mengontrol pengeluaran baik dari yang jumlahnya kecil hingga besar. Bayar utang dari yang nominalnya paling kecil.

Selanjutnya, bayar hutang pada pinjaman dengan suku bunga paling tinggi barulah suku bunga yang rendah. Ketika bayar utang jadi prioritas utama maka kamu akan menyisihkan uang untuk bayar cicilan utang setelah mendapatkan gaji. Bayar sebelum jatuh tempo untuk menghindari tambahan biaya denda.

  • Bukan gali lubang tutup lubang

Saat kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman maka sebagai peminjam harus bertanggung jawab membayar cicilan setiap bulannya sampai lunas. Kamu memang bisa meminjam uang saudara sehingga segera dikembalikan tanpa cicilan alias utuh. Meski berani pinjam uang di berbagai tempat masih saja ada orang yang menyepelekan cara melunasi hutang sehingga pinjaman sampai menumpuk.

Hindari sistem gali lubang tutup lubang demi melunasi utang. Bukannya cepat selesai berhutang tapi kamu malah kerepotan selalu mencari cara melunasi hutang di tempat yang lainnya. Kamu pinjam uang di tempat C untuk membayar utang di tempat A. Ingatlah kalau cara melunasi utang dengan cara gali lubang tutup lubang bukanlah solusi yang tepat.

  • Kerja sampingan

Apabila merasa pemasukan lebih sedikit daripada pengeluaran per bulannya maka harus mencari penghasilan tambahan. Adanya pemasukan lain akan menjadi solusi dan mempermudah melunasi utang. Kamu dapat melakukan pekerjaan sampingan seperti penulis lepas, fotografer, make up artis, reseller, jual produk milik sendiri, buat masker kain, dan lainnya.

  • Berhemat

hemat belanja 700x466 - Tips Cara Melunasi Utang Agar Tidak Semakin Menumpuk

Sumber: Pixabay/ Steve Buissinne

Kamu juga wajib membuat perencanaan keuangan karena ada pengeluaran kebutuhan harian. Ada anggaran belanja bulan yang rutin atau wajib dibayarkan selain utang. Ketika jatuh tempo bayar hutang baru kebingungan dan alhasil sampai telat membayar. Nah, cara melunasi utang yang satu ini wajib kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, yakni berhemat.

Jangan sampai uang habis terpakai untuk membeli barang-barang untuk menuruti keinginan saja. Apakah kamu termasuk orang yang konsumtif? Mulailah untuk tidak sering mengeluarkan uang hanya untuk sekedar beli kopi, minuman boba, beli makanan yang sedang hits. Kamu perlu menyisihkan uang untuk ditabung dan segera menyelesaikan utangmu. Jika belanja kebutuhan sehari-hari, kamu bisa memanfaatkan promo atau diskon.

  • Pembayaran Online

Demi mengontrol pengeluaran bulanan, Anda bisa gunakan aplikasi Qelola untuk bayar tagihan. Mulai dari tagihan PLN, PDAM, BPJS, hingga beli pulsa listrik prabayar, dan masih banyak lagi. Hanya dengan satu aplikasi saja, Qelola juga bisa Anda gunakan untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Biaya transaksi murah dan proses yang mudah akan membuat tidak menyesal download Qelola di handphone.

Tags: , , , , ,