Orang Tua TKI Wajib Mengerti Pentingnya Pendidikan Bagi Anak

Pentingnya pendidikan anak

Orang tua wajib memikirkan dan mempersiapkan pentingnya pendidikan bagi anak. Para orang tua tersebut termasuk mereka yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sekalipun. Pendidikan bukan hanya berlangsung secara formal di sekolah hingga perguruan tinggi tetapi dapat dimulai di keluarga. Ada pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk melatih stimulus yang mendukung tumbuh kembang anak. Pendidikan juga berlaku di rumah terutama tentang karakter anak.

Sayangnya masih ada orang tua yang menyerahkan sepenuhnya terkait pendidikan anak kepada sekolah. Betapa pentingnya pendidikan bagi anak bahkan saat menginjak usia balita. Salah satu alasannya karena sibuk bekerja sehingga tak sempat untuk mendampingi anak belajar. Kini para orang tua secara tidak langsung dipaksa untuk lebih memperhatikan anak.

Saat situasi normal tanpa pandemi, seharusnya orang tua menjadi pendidik di rumah. Semua memang perlu kerja sama agar pendidikan anak bisa maksimal. TKI juga harus wajib mengetahui pentingnya pendidikan bagi anak mulai dari usia dini hingga pendidikan di perguruan tinggi. Simak ulasan artikel ini yang membahas tentang pendidikan anak.

pentingnya pendidikan anak 700x466 - Orang Tua TKI Wajib Mengerti Pentingnya Pendidikan Bagi Anak

Sumber: PIxabay/ klimkin

Apa Saja Pentingnya Pendidikan Bagi di Anak di Zaman Sekarang?

Pendidikan merupakan aset penting untuk anak baik sekarang maupun masa depannya. Lantas apa pentingnya pendidikan bagi anak di zaman sekarang? Anak akan terus bertumbuh dan berkembang tidak hanya secara fisik saja tetapi juga bakat dan kecerdasannya. Kamu yang sudah memilik anak usia sekolah dituntut menyadari pentingnya pendidikan pada anak. Simak manfaatnya:

  • Membangun Karakter Anak

Keluarga turut berperan membangun karakter anak atau kepribadian anak. Lagi pula pendidikan tidak melulu soal pelajaran sesuai kurikulum, seperti bahasa, matematika, seni dan lainnya. Orang tua berperan membangun dan melatih karakter anak sehingga bisa sesuai yang diharapkan. Orang tua mengajarkan berdoa, mengajarkan tentang nilai-nilai sosial, budi pekerti dan lainnya.

  • Mengasah Hingga Memaksimalkan Potensi

Jangan pernah samakan anakmu dengan anak orang lain. Setiap anak memiliki karakter, kecerdasan, serta potensi yang berbeda-beda. Anak akan belajar mengolah kemampuan kognitif maupun bakat lainnya. Sehingga bisa mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Orang tua bisa memberi kesempatan pada anak agar ikut ekstrakurikuler yang disediakan sekolah atau ikut les. Apabila potensi dimaksimalkan melalui pendidikan yang tepat maka bisa menjadi peluang bahkan bekal di masa depan.

  • Masa Depan yang Cerah

Orang tua juga perlu memahami pentingnya pendidikan anak sejak dini harus dilakukan di keluarga maupun sekolah. Ketika mendapat pendidikan yang tepat maka anak akan memiliki kesempatan dan masa depan yang cerah. Keberhasilannya setelah mendapatkan pendidikan akan jadi modal untuk bekerja. Pendidikan juga akan mempengaruhi pekerjaan yang didapatkan. Anak yang punya pendidikan bagus meningkatkan taraf hidup keluarga.

Peran Orang Tua Jadi Kunci Keberhasilan Pendidikan Anak

Para orang tua tidak hanya sekadar mengetahui pentingnya pendidikan anak tetapi juga memahami aspek apa saja yang mendukung keberhasilannya. Peran orang tua sangat menentukan masa depan anak terutama soal pendidikan. Berikut beberapa upaya memaksimalkan pendidikan bagi anak:

  • Pemilihan Sekolah

Orang tua perlu  mencari informasi tentang sekolah untuk buah hati tersayang. Pertimbangkan sekolah tersebut dapat mewadahi minat serta bakat anak. Akreditasi sekolah bagus, terpercaya serta banyak prestasi. Tidak hanya pendidikan akademik saja yang unggul tetapi potensi dan bakat anak akan lebih mudah berkembang. Orang tua masih bisa memberi arahan ketika anak berusia PAUD, SD, dan SMP masih akan mudah diberi arahan. Ketika sudah memasuki tingkat SMA perlu diskusi bersama karena masalah umumnya adalah perbedaan keinginan antara orang tua dengan anak saat memilih jurusan.

peran orang tua 700x466 - Orang Tua TKI Wajib Mengerti Pentingnya Pendidikan Bagi Anak

Sumber: Pixabay/ Daniel Park

  • Berikan Motivasi dan Kasih Sayang

Orang tua sudah seharusnya memberikan arahan bukan paksaan. Jangan sampai anak jadi takut saat dekat dengan orang tua. Anak jadi enggan mengembangkan potensinya bahkan tidak berani mengambil peluang. Jangan biarkan anak jadi malash berkomunikasi karena sikap orang tua yang kelewat tegas. Anak-anak membutuhkan motivasi meski hanya kalimat-kalimat sederhana.

  • Beri Contoh

Orang tua memberikan contoh serta menanamkan rasa percaya diri pada anak. Beri pujian jika anak berhasil melakukan sesuatu yang baik. Ajari untuk minta maaf jika berbuat salah. Meskipun sibuk bekerja, upayakan untuk membantu anak mencari solusi jika ada masalah. Misalnya saat nilainya kurang baik, ketikan anak sedang marah, dan lainnya. Dukungan juga diberikan dalam bentuk tersedianya ruang belajar yang nyaman. Hindari main gadget saat mendampingi anak, hindari kata-kata yang memicu ketegangan dan bernada tinggi.

Agar bisa fokus mendampingi anak, Sahabat Qelola juga harus bijak dalam mengelola keuangan. Gunakan aplikasi Qelola untuk mempermudah beli pulsa, tagihan listrik, air, dan BPJS. Keuntungan bagi para TKI adalah bisa transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Yuk, segera unduh aplikasi Qelola di sini dan nikmati kemudahan melakukan berbagai transaksi keuangan secara online langsung dari handphonemu. Selamat mencoba!

 

Tags: , , , , ,