7 Obat Flu Alami yang Ampuh dan Mudah Didapat

obat flu alami

Flu menjadi salah satu penyakit yang sering diremehkan. Masih banyak orang yang menganggap bahwa flu mudah diobati, obatnya pun mudah ditemukan di apotik terdekat. Sayangnya, masih banyak yang menjadikan obat kimia sebagai jalan keluar utama untuk mengatasi flu. Bukan berarti mengonsumsi obat kimia adalah cara yang salah. Namun, alangkah lebih baiknya jika kamu mampu mengatasi flu dengan obat yang alami, bukan? Selain mengatasi sumber masalahnya, obat flu alami juga akan mengurangi beban kerja ginjal akibat konsumsi obat kimia. Berikut ini 7 obat flu alami yang ampuh menyembuhkan dan mudah didapat.

1.   Madu

Madu memiliki sifat antimikroba alami yang bertugas sebagai pembasmi kuman penyebab flu. Baik itu flu akibat bakteri maupun virus. Selain menyembuhkan kamu dari flu, madu juga bisa mencegah semakin parahnya pilek dan batuk yang seringkali menyertai orang yang sakit flu. Meskipun bahan satu ini sangat baik, namun tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak usia kurang dari 1 tahun.

Untuk cara mengonsumsinya, kamu bisa melarutkan 2 sendok madu ke dalam 1 gelas air putih hangat. Minumlah secara rutin setiap pagi dan malam hari. Agar tidak bosan, kamu bisa melarutkannya dalam teh herbal favoritmu dan keluarga.

2.   Jahe

Obat alami berikutnya adalah jahe atau jahe merah. Salah satu bumbu dapur ini ternyata bisa banget loh untuk menyembuhkan flu. Selain sifatnya yang hangat, jahe juga mampu melemaskan otot pernapasan. Bahkan jika kamu mengalami hidung tersumbat, jahe juga akan membantu melegakannya. Baik juga dikonsumsi sehari-hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara mengonsumsinya pun mudah sekali. Kamu bisa merebus jahe yang sudah dicuci bersih dan dipotong. Air rebusan jahe inilah yang bisa kamu konsumsi. Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan teh herbal lho.

3.   Essential Oil

essential oil untuk flu 700x467 - 7 Obat Flu Alami yang Ampuh dan Mudah Didapat

Essential oil atau minyak esensial memiliki sifat sebagai penghambat perkembangan virus, termasuk penyebab flu. Banyaknya varian minyak esensial mungkin akan membuat kamu bingung mana yang harus digunakan. Pilih salah satu dari beberapa jenis berikut: minyak tea tree, minyak lemon, minyak eukaliptus, minyak peppermint, atau minyak kayu manis. Kamu bisa meneteskannya beberapa kali dalam humidifier. Uap air yang keluar akan meringankan flu yang diderita.

4.   Garam

Apabila flu yang dialami disertai dengan batuk kering, maka kamu harus mengombinasikan obat alami yang dikonsumsi dengan berkumur air garam. Air garam berfungsi sebagai anti bakteri yang tumbuh di area mulut dan tenggorokan. Selain itu, air garam juga mampu mengencerkan lendir pada dinding hidung sehingga lendir akan lebih mudah keluar. Kamu bisa mencampurkan ½ sendok ke dalam segelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Ulangi langkah ini setidaknya 3 kali dalam sehari agar hasilnya maksimal.

5.   Daun Mint

Daun mint yang memberikan sensasi menyegarkan mulut ternyata juga ampuh mengencerkan lendir yang membuat hidung tersumbat. Selain itu, kandungan mentholnya juga mampu memperlancar saluran sistem pernapasan. Apabila daun mint sedikit sulit didapatkan, kamu bisa menggantinya dengan minyak esensial daun mint. Hampir sama dengan minyak esensial lainnya, aroma daun mint dapat membantu kamu lebih cepat tidur dan meredakan sakit kepala yang biasanya menyertai flu.

6.   Sup Ayam dan Bawang Putih

sup ayam 700x465 - 7 Obat Flu Alami yang Ampuh dan Mudah Didapat

Sup ayam menjadi makanan yang juga mampu menjadi obat flu alami. Ayam yang direbus memiliki kandungan carnosine yang akan membantu mengurangi gejala flu. Ditambah lagi dengan paduan bawang putih yang sudah terkenal menjadi obat flu alami sejak dulu kala. Mengonsumsi bawang putih mentah sebenarnya memiliki efek yang jauh lebih ampuh dalam menyembuhkan flu dan memperkuat daya tahan tubuh karena adanya vitamin c dan zat allicin. Namun, mengolahnya bersama sup ayam juga sudah membantu meredakan flu. Pastikan bawang putih dalam sup kamu dimakan juga ya.

7.   Uap Air Panas

Jika flu menyebabkan kamu susah bernapas, cobalah untuk menghirup uap air panas. Uap hangat ini akan menenangkan saluran hidung yang tersumbat sekaligus mengencerkan lendir. Masukkan air panas ke dalam wadah yang lebar lalu posisikan wajahmu di atas wadah. Jangan lupa untuk menutupi kepalamu dengan kain atau handuk agar uap air tidak terbuang ke sisi lain. Kamu juga bisa menggunakan campuran minyak esensial di atas.

Bagaimana Sahabat Qelola? Bahan-bahan di atas mudah ditemukan, bukan? Beberapa obat flu alami tersebut memiliki masa simpan yang lama sehingga kamu bisa menyimpannya untuk berjaga-jaga. Tidak hanya menyembuhkan flu, beberapa bahan di atas juga terbukti ampuh memperkuat daya tahan tubuh kamu dan keluarga. Jadi, boleh banget lho kalau kamu konsumsi tidak hanya saat flu menyerang. Nah, saat flu semakin parah, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter ya. Untuk membantu kamu menyelesaikan segala urusan transaksi dari Malaysia ke Indonesia, kamu bisa menggunakan berbagai fitur yang dimiliki Qelola. Tidak akan ada lagi cerita kamu harus terpaksa ke ATM hanya untuk transfer uang padahal kamu sedang flu, misalnya. Download aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , , ,