4 Konsep Dasar Table Manner yang Wajib Kamu Pahami

table manner

Saat menghadiri acara formal, biasanya pihak penyelenggara akan menyajikan jamuan makan dengan standar table manner. Seringnya, tata cara makan yang bersifat elegan tersebut dianut oleh orang-orang dari kalangan atas seperti keluarga kerajaan, pejabat pemerintahan, atau para pebisnis besar. Namun, tidak ada salahnya jika kamu juga mempelajari etika makan tersebut. Jika suatu saat berkesempatan menghadiri acara jamuan khusus, kamu sudah punya bekal tentang tata cara makan yang benar di meja makan. 

Sikap makan di meja atau table manner ini pertama kali mencuat di negara Prancis pada abad ke 18. Seiring dengan perkembangan zaman, etika makan tersebut banyak diterapkan oleh khalayak umum terutama saat datang ke event formal. Aturan makan yang baik dan benar ini meliputi jenis makanan, alat-alat makan, sikap duduk, peletakan serbet, hingga tata tertib makan yang tidak boleh dilanggar. Informasi lengkap tentang etika makan di meja tersebut bisa kamu simak melalui artikel di bawah ini.

Apa Itu Table Manner?

Table manner adalah norma-norma tertentu yang diterapkan saat menyantap suatu hidangan. Hal ini juga meliputi bagaimana tata cara duduk yang sopan serta aturan memakai alat makan yang benar. Dengan mempelajari tata cara makan yang benar, hal ini juga akan membuat kepribadianmu terlihat lebih baik dan sopan. Kamu bisa mulai praktekan sendiri di rumah agar nantinya terbiasa dan tidak kaget lagi saat harus menghadiri jamuan khusus yang sifatnya resmi.

Berbagai aturan dalam etika makan bertujuan agar jamuan makan dapat berlangsung dengan tenang dan khusyuk. Selain mematuhi berbagai tata tertib yang harus dilakukan, kamu juga harus tahu hal-hal yang dilarang atau dianggap tak pantas saat sedang makan. Walaupun memiliki dasar yang sama, tiap-tiap negara mungkin punya peraturan yang sedikit berbeda. Oleh sebab itu saat berada di negara lain, sebaiknya kamu juga memastikan terlebih dulu tentang berbagai tata cara makan yang benar di negara tersebut.

Baca juga: Perhatikan Etika dalam Bekerja Berikut Demi Karir Anda di Masa Depan

Dasar-dasar Table Manner 

Setelah tahu apa itu table manner, sekarang kamu akan diajak untuk mempelajari lebih detail tentang tata cara atau etika makan yang baik dan benar, berikut ulasannya.

  • Memahami hidangan yang disajikan

ezgif.com gif maker 1 700x467 - 4 Konsep Dasar Table Manner yang Wajib Kamu Pahami

Sumber: pixabay

Menyantap makanan ala table manner berbeda dengan makan di restoran atau tempat umum lainnya. Saat mengikuti jamuan makan khusus, kamu akan menyantap berbagai jenis hidangan yang disajikan secara berurutan. Rangkaian menu makan ini dimulai dari makanan pembuka, makanan utama, dan yang terakhir adalah makanan penutup. Oleh sebab itu kamu wajib tahu hidangan apa yang termasuk makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup tersebut agar tidak melakukan kesalahan.

Hidangan pembuka juga disebut dengan istilah appetizer. Jenis hidangan yang mengawali serangkaian table manner ini dibedakan menjadi hot appetizer dan cold appetizer. Hot appetizer umumnya diwakili dengan menu sup, sedangkan cold appetizer umumnya adalah menu salad. 

Beralih ke hidangan utama atau yang disebut main course yang berisi berbagai menu makanan berat. Contohnya adalah steak, nasi, kentang, aneka lauk pauk, sayuran, dan menu berat lainnya. Pada akhir acara makan kamu akan menikmati hidangan penutup atau yang disebut dengan istilah dessert. Makanan pamungkas ini meliputi berbagai jenis minuman, jus buah, es krim, puding, atau macam-macam kue.

  • Perhatikan posisi duduk yang benar

pexels andrea piacquadio 3811649 - 4 Konsep Dasar Table Manner yang Wajib Kamu Pahami

Sumber: pexels oleh Andrea Piacquadio

Sikap duduk yang benar juga merupakan hal penting dalam mempraktekkan table manner. Pastikan kamu duduk dengan tegak dan menghindari posisi membungkuk. Selain itu, kamu juga dilarang keras untuk menyandarkan badan ke kursi karena akan dianggap tidak sopan. Saat tiba waktunya makan, perhatikan kedua sikumu. Posisi siku yang benar adalah berada di udara dan tidak menempel di meja makan. Jika kamu duduk berjejer dengan banyak orang, pastikan siku-sikumu tidak menyentuh siku orang lain yang berada di kanan kirimu. 

Jika makanan sudah masuk ke mulut, kunyahlah dengan pelan dengan mulut tertutup karena mengecap makanan hingga terdengar orang di sekitar sangatlah tidak sopan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tujuan table manner adalah menciptakan suasana makan yang tenang dan khusyuk, sehingga hindari makan sambil berbicara.

  • Menguasai tata cara pemakaian alat-alat makan

table setting 2107600 960 720 700x467 - 4 Konsep Dasar Table Manner yang Wajib Kamu Pahami

Sumber: pixabay

Pada jamuan resmi kamu akan mendapati banyak alat makan yang sudah ditata sedemikian rupa di atas meja. Peralatan makan ini meliputi sendok, garpu, dan juga pisau dengan jenis dan ukuran yang berbeda. Masing-masing alat makan tersebut punya fungsinya sendiri dan digunakan pada hidangan yang berbeda-beda. Sendok dan garpu dipakai untuk menikmati makanan utama seperti nasi, sayur, dan lauk dengan posisi sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. 

Perhatikan jenis sendok yang kamu pakai untuk makan hidangan pembuka seperti sup. Walaupun sama-sama menggunakan sendok, tapi sendok untuk menikmati sup memiliki ukuran yang berbeda dengan sendok yang dipakai untuk menyantap main course. Penggunaan pisau dan garpu lumrahnya dipakai saat menikmati hidangan steak. Posisi pisau dan garpu yang benar adalah pisau di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. 

  • Cara memakai serbet

serbet 700x463 - 4 Konsep Dasar Table Manner yang Wajib Kamu Pahami

Sumber: pixabay

Serbet makan adalah salah satu item wajib yang ada di jamuan table manner. Penggunaan serbet biasanya dilakukan sebelum menyantap makanan dan setelah selesai mencicipi hidangan penutup. Sebelum menikmati hidangan pembuka, kamu cukup membuka lipatan serbet dan meletakkannya di atas pangkuan. Pada akhir sesi makan, gunakan ujung serbet yang ada di pangkuan untuk mengusap bibir dan membersihkan jari-jari tangan.

Tiap-tiap negara mungkin memiliki sedikit adat yang berbeda dalam aturan table manner. Namun pada intinya poin-poin yang sudah disebutkan di atas sudah mewakili etika dasar tentang tata cara makan yang baik dan benar. Sahabat Qelola, jika saat ini kamu sedang berada di negara Malaysia dan ingin melakukan transfer uang ke Indonesia, lakukan saja lewat aplikasi Qelola.

Selain kirim uang, melalui aplikasi Qelola kamu juga bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Beli pulsa dan kuota internet pun bisa dengan mudah dilakukan melalui aplikasi ini. Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu. 

Tags: , ,