Cara Bijak Mengelola Uang Saku Untuk Mahasiswa Agar Punya Tabungan

Mahasiswa mengelola uang

Mahasiswa tidak hanya fokus kuliah dang mengerjakan tugas tetapi juga perlu pintar mengelola uang saku. Apalagi kalau kamu adalah mahasiswa yang sedang merantau di daerah lain atau negara lain. Kamu harus tahu cara mengelola keuangan, kebutuhan, serta menabung. Hal ini penting kamu terapkan meskipun belum bekerja atau berumah tangga.

Makin dewasa kamu harus tahu cara mengelola keuangan mulai dari uang saku. Kadang kala saat harus jauh dari orang tua tidak bisa melulu minta uang. Apalagi bagi mahasiswa dari keluarga yang hidup pas-pasan, anak bisa kuliah saja sudah bersyukur. Jika kamu sudah bisa mengelola keuangan mulai dari uang saku nantinya bisa menjadi bekal di masa depan.

Tak hanya mengatur uang saku saja tetapi sebisa mungkin punya uang tabungan. Kadang kala ada hal-hal yang mendadak harus dilakukan, mengerjakan tugas kuliah yang butuh biaya tambahan, dana darurat kalau sakit. Namun, ada juga yang enggan menabung karena ingin menikmati masa muda, masa kuliah bersama teman. Anak muda pastinya ingin bersenang-senang mulai dari nongkrong, nonton film di bioskop, traktir teman, kadang kala ingin liburan dan lainnya.

Langkah Mengelola Keuangan Mahasiswa

Meskipun soal tabungan dan uang adalah hal yang kerap didengar dan sering membosankan tapi ini penting bagi masa depan. Lantas bagaimana cara mengelola uang saku bagi mahasiswa hingga punya tabungan meskipun hanya sedikit? Simak ulasan berikut ini:

Menabung

menabung uang 700x396 - Cara Bijak Mengelola Uang Saku Untuk Mahasiswa Agar Punya Tabungan

Sejak kecil kita sering mendengar pesan dari orang tua agar menabung. Sedikit demi sedikit menyisihkan uang, dari uang koin hingga uang kertas. Saat kamu berstatus mahasiswa kamu bisa membuat tabungan dan menjadikan prioritas. Setelah mendapatkan uang saku dari orang tua segera sisihkan sedikit uang sebagai tabungan.

Menabung memang sebaiknya dilakukan saat punya uang lebih saja tetapi seharusnya masuk dalam pos perencanaan keuangan rutin setiap bulannya. Jangan berpikir masih kuliah maka orang tua akan terus mengirim uang. Justru kamu bisa membuat bangga orang tua kalau kamu bisa punya tabungan.

Langkah menabung yang dilakukan setiap minggu atau bulan dapat digunakan sebagai investasi kecil-kecilan. Paling tidak kalau kamu ingin pergi liburan tidak perlu minta orang tua. Tujuan menabung lainnya kamu bisa membeli buku hingga barang yang mendukung perkuliahanmu seperti printer, laptop, dan lainnya.

Utamakan kebutuhan bukan keinginan

Demi menjaga keuangan aman sampai akhir bulan, kamu harus membuat perencanaan atau anggaran belanja setiap bulannya. Kamu harus memprioritaskan kebutuhan dan mengesampingkan keinginan. Kebutuhan adalah hal-hal yang harus kamu penuhi sehari-hari termasuk juga keperluan kuliah.

Kamu bisa membuat perencanaan keuangan setiap pekannya atau per bulan. Langkah ini dapat membantumu mengelola uang saku dengan baik. Tuliskan berapa uang yang kamu dapatkan, kemudian buat daftar pengeluaran rutin setiap bulannya.

Contoh kebutuhan sehari-hari adalah makan dan minum, keperluan peralatan kuliah, ongkos transportasi, kuota internet,pulsa, fotokopi, hingga print tugas kuliah. Ada mahasiswa yang harus bayar uang sewa kos atau kontrakan. Hati-hati saat kamu punya keinginan seperti hanya ingin menunjukkan penampilan keren di kampus. Keinginan belanja barang hanya karena ingin atau bersifat sesaat ini harus diwaspadai. Jangan sampai kamu malah kebingungan kehabisan uang saat akhir bulan tiba.

Catat Pengeluaran

Tidak hanya mencatat pemasukan atau uang kamu terima tetapi juga penting mencatat pengeluaran. Aktivitas mencatat pengeluaran memang terasa repot bahkan kadang kala malas untuk memulainya. Namun, cara ini akan sangat bermanfaat kalau sudah terbiasa membuat perencanaan hingga pengeluaran. Ada banyak aplikasi untuk mencatat keuangan harian. Catatan pengeluaran merupakan dasar membuat perencanaan keuangan.

Selain itu, catatan pengeluaran akan berguna untuk menelusuri apa saja yang sudah dibelanjakan. Kamu dapat melakukan evaluasi antara perencanaan dengan pengeluaran melalui catatan tersebut. Kamu akan merasakan manfaat mengelola uang saku dengan baik di kemudian hari. Saat kamu sudah membuat anggaran belanja tentu saja butuh komitmen dan harus konsekuen dengan anggaran yang kamu buat.

Kerja Part Time

tambahan uang 700x466 - Cara Bijak Mengelola Uang Saku Untuk Mahasiswa Agar Punya Tabungan

Sumber: Pixabay/ janeb13

Jika uang yang diberikan belum juga cukup untuk biaya sehari-hari tentu saja harus ada pemasukan tambahan. Cara mengelola uang saku bukan hanya soal pengeluaran tetapi juga pemasukan. Mahasiswa dapat menambah pos pemasukan uang saku supaya bisa memenuhi keinginanmu. Jangan mengambil uang saku yang dialokasikan dalam tabungan.

Mahasiswa memiliki banyak peluang untuk mendapatkan tambahan uang saku. Melakukan pekerjaan seperti mengajar, penulis lepas, part time di kafe, reseller, fotografer, penerjemah, jualan, dan lainnya. Kuliah tidak hanya sekadar menuntut ilmu tapi juga sembari mengasah keahlian sehingga jadi nilai plus. Kamu mendapatkan uang saku dengan melakukan pekerjaan yang diperlukan oleh orang-orang di sekitarmu.

Batasi Aktivitas 

Kadang kala godaan datang menghampiri. Teman yang mengajak piknik, wisata kuliner, nongkrong di kafe, atau hanya sekadar jalan-jalan di mall. Hal itu dapat membuat pengeluaranmu jadi membengkak. Misalnya segelas kopi harganya Rp20.000, kalau dilakukan 5 kali dalam sebulan sudah Rp100.000 ribu. Belum lagi kalau harus membeli makanan yang harga seporsinya di atas Rp25.000 ribu.

Masih ada lagi godaan belanja pakaian, sepatu, tas dan lainnya yang harganya ratusan ribu. Soal harga yang murah atau mahal memang relatif, tergantung seberapa banyak uang kamu miliki tiap bulannya. Alangkah baik jika kamu bijak mengelola uang saku. Lebih baik punya tabungan dan dana cadangan di masa muda, tua bisa kaya raya.

Salah satu cara untuk mengelola uang saku, kamu bisa menggunakan aplikasi Qelola. Ada banyak fitur pada aplikasi Qelola yang dapat kamu manfaatkan untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia, membayar tagihan BPJS, beli pulsa, listrik dan lainnya. Segera unduh aplikasi Qelola pada handphonemu supaya bisa menikmati manfaatnya.

Tags: , , , , , ,