Tips Menabung Asyik Meski Gaji Cuma UMR

Tips Menabung

Tips menabung seringkali dicari sebab mengumpulkan uang memang bukan hal mudah. Terlebih jika gaji yang diterima sahabat Qelola tiap bulan hanya sesuai Upah Minimum Regional (UMR). Pendapatan yang pas-pasan disandingkan dengan pengeluaran yang tidak sedikit akan membuat kamu semakin ragu untuk menabung.

Bahkan terkadang kamu sudah mulai mencoba menabung namun merasa uangnya selalu habis untuk hal tertentu. Akhirnya, kamu jadi malas menabung. Hal itu bisa diatasi dengan menerapkan sistem menabung yang tepat dan sesuai. Sebelum mulai menabung, kamu perlu memahami urutan rencana keuangan yang benar terlebih dulu.

Yakinkan diri sendiri juga bahwa menabung akan memberi banyak keuntungan. Saat mulai menabung, kamu tidak bisa asal-asalan. Cobalah untuk menerapkan tips menabung yang asyik sehingga kamu betah mengumpulkan uang terus menerus padahal gaji UMR. Agar lebih jelas, simak penjelasan berikut ini, ya!

Urutan Rencana Keuangan yang Benar

emil kalibradov K05Udh2LhFA unsplash - Tips Menabung Asyik Meski Gaji Cuma UMR

Sumber: unsplash

Tidak ada gunanya kamu menabung jika urutan rencana keuanganmu belum benar. Banyak orang mengira menabung adalah hal utama untuk dilakukan. Padahal konsep tersebut kurang tepat. Urutan rencana keuangan yang disarankan yaitu memenuhi dana darurat terlebih dulu, setelah itu menabung, dan kemudian investasi.

  • Dana darurat

Dana darurat adalah jumlah uang simpanan tertentu yang disiapkan untuk kondisi darurat. Beberapa jenis kondisi darurat seperti perlu membeli tiket perjalanan mendadak, kerusakan pada rumah, dan lain sebagainya. Alokasi dana darurat sangatlah penting sebelum kamu memikirkan tabungan. Jika tidak punya dana darurat, biasanya kamu akan menggunakan uang tabungan ketika kebutuhan mendesak melanda.

  • Tabungan

Jika dana darurat telah terisi penuh atau minimal separuh dari target, kamu bisa mulai menabung. Tabungan ini merupakan uang yang dikumpulkan dengan tujuan tertentu seperti jalan-jalan, membeli rumah, biaya pendidikan, dan lain sebagainya. Artinya, kamu tidak menabung tanpa tujuan. Dengan adanya goal yang akan dicapai, maka kamu bisa makin semangat menabung.

  • Investasi

Jika sudah beres dengan urusan dana darurat serta tabungan, artinya secara finansial sudah mulai tertata. Kini kamu bisa melanjutkan urutan rencana keuangan ketiga yaitu investasi. Dalam berinvestasi kamu harus menggunakan uang dingin (uang yang tidak digunakan untuk kebutuhan). Investasi ini nantinya bisa menjadi sumber penghasilan pasif untukmu.

Keuntungan Menabung 

money 3431769 640 - Tips Menabung Asyik Meski Gaji Cuma UMR

Sumber: pixabay

Bagi sahabat Qelola yang bergaji UMR, menabung seringkali tidak diutamakan. Menabung bisa menjadi terasa berat sebab alokasi dana untuk kebutuhan yang lain sudah cukup tinggi. Kamu butuh motivasi agar bisa mulai menabung. Alangkah baiknya sebelum mulai kamu mengetahui keuntungan apa saja yang didapat dari menabung. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Bisa mengumpulkan sejumlah uang dari gaji bulanan
  • Melatih kedisiplinan dan rasa sabar
  • Belajar membuat anggaran keuangan
  • Keuangan yang lebih stabil dan rapi
  • Mampu membeli barang impian
  • Menciptakan gaya hidup hemat
  • Semakin terampil dalam mengelola keuangan

Tips Menabung Asyik 

money 256312 640 - Tips Menabung Asyik Meski Gaji Cuma UMR

Sumber: pixabay

Setelah paham urutan rencana keuangan, baiknya kamu segera mulai penerapannya. Sebenarnya, kamu bisa mulai mengumpulkan dana darurat dan menabung secara bersamaan. Tidak percha ada sistem yang paling baku untuk urusan keuangan. Semuanya perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhanmu.

Jika sudah mulai menabung, terkadang muncul rasa lelah dan bosan. Kamu perlu trik agar bisa terus menabung meski gaji tidak banyak. Berikut ini terdapat beberapa tips asyik menabung untuk sahabat Qelola yang bergaji UMR.

  • Tentukan tujuan menabung 

Menentukan tujuan menabung perlu dilakukan. Mengapa? Dengan begitu kamu akan semakin termotivasi. Saat tujuan ditetapkan, nantinya kamu juga tidak merasa rugi ketika uang tabungan digunakan. Misalnya, kamu ingin membeli oven. Saat uang terkumpul dan kamu membeli oven terbaru maka rasa bersalah tidak akan muncul karena menghabiskan tabungan.

  • Buat anggaran dan catat pengeluaran

Bagi sahabat Qelola bergaji UMR tentu menabung adalah tantangan. Kamu perlu membuat anggaran bulanan dan mencatat pengeluaran secara rinci. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi finansialmu terutama pada pos pengeluaran rutin. Kamu hanya perlu menabung sesuai jumlah yang telah dianggarkan. Jika terdapat uang sisa dari pengeluaran dan tidak terpakai, kamu bisa memasukkannya sebagai tabungan juga, lho!

  • Buat tabungan jangka pendek dan jangka panjang

Pisah tabungan menjadi 2 jenis: jangka pendek dan jangka panjang. Tabungan jangka pendek untuk berbagai keinginan yang tidak terlalu mahal seperti sepeda, perhiasan, atau ponsel baru. Tabungan jangka panjang bisa diluta untuk tujuan besar seperti rumah, mobil, atau pendidikan lanjutan.

Jika hanya membuat tabungan jangka panjang saja, nantinya kamu akan merasa bosan dan lelah sebab target terasa sangat jauh. Tabungan jangka pendek yang digunakan ketika jumlah target tercapai akan semakin members motivasi dalam menabung. Kamu akan menyadari bahwa ternyata mampu membeli barang impian tanpa mengorbankan kebutuhan.

  • Menabung rutin tepat setelah terima gaji

Tips menabung selanjutnya yaitu lakukan dengan rutin tepat ketika kamu menerima gaji. Mengapa demikian? Dengan gaji UMR maka kamu harus cerdas dalam membaı keuangan sesuai kebutuhan. Jika menunda menabung, maka uang nantinya malah digunakan untuk hal lain. Meski sedikit jumlahnya, cobalah menyisihkan uang gaji di awal bulan dan langsung ditabung, ya!

  • Pisahkan rekening tabungan dan harian

Kamu perlu membuat dua rekening. Satu rekening untuk keperluan harian, dan satu lagi untuk tujuan tabungan. Dengan begitu tidak akan ada lagi alasan tanpa sengaja menggunakan uang tabungan. Kini telah banyak bank swasta maupun BUMN yang memiliki jenis rekening khusus untuk menabung sehingga tidak ada potongan bulanan. Pilih jenis rekening tersebut agar kamu tidak rugi karena potongan bulanannya.

Jadi, makin semangat untuk menabung dengan tips asyik di atas, kan? Perhatikan juga alur keuanganmu agar tetap rapi. Tidak peduli seberapa besar pendapatanmu, uang akan tetap habis tanpa pengelolaan yang tepat. Jadi, pastikan kamu tetap belajar mengelola keuangan yang disesuaikan dengan kondisi saat itu.

Kini telah hadir aplikasi Qelola yang membantu memudahkan segala transaksi keuanganmu. Kamu bisa kirim uang luar negeri dengan praktis. Cek dan bayar tagihan juga menjadi cepat. Kamu tidak akan lagi terlewat membayar PDAM, BPJS, membeli listrik pulsa, dan urusan pembayaran lainnya. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola di Google Play Store secara gratis untuk menikmati kemudahan mengatur keuangan.

Tags: , , , , , , , , , , , ,