Ingin Staycation Hemat Budget? Coba Terapkan 5 Tips Ini!

staycation

Tren liburan singkat di kota sendiri atau yang biasa disebut staycation semakin banyak diminati. Pasalnya, tren ini memang bisa menjadi alternatif menarik saat kamu ingin melepas penat karena banyaknya kesibukan. Di hari Sabtu-Minggu atau di tanggal merah, kamu bisa booking hotel dan menikmati waktu santai tanpa harus memikirkan pekerjaan. Lari sejenak dari rutinitas pekerjaan dengan menginap di hotel memang bisa jadi cara ampuh agar kamu tidak kepikiran soal tugas dan urusan rumah. 

Kenapa staycation ini penting? Kalau hari libur hanya dihabiskan di rumah saja, biasanya kamu akan mudah terpikir dengan urusan yang belum sempat diselesaikan. Entah itu mencuci baju, membersihkan rumah, memperbaiki perabot yang rusak, mengurus tanaman, dan bahkan malah terpikir dengan pekerjaan kantor. Itulah mengapa, staycation bisa jadi alternatif yang paling tepat untuk terlepas sejenak dari rutinitas yang membuat kamu suntuk.

Melansir US News, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati staycation dengan harga yang lebih terjangkau. Penasaran kan? Hal utama yang harus dilakukan dalam merencanakan liburan adalah dengan membuat anggaran untuk mencegah pengeluaran yang berlebihan. Agar pengeluaran tetap terkontrol, maka kamu perlu terlebih dulu membuat daftar kegiatan dan estimasi biaya yang akan dikeluarkan untuk setiap kegiatan tersebut. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih aman dan tidak perlu khawatir kehabisan uang. Berikut ini ada sejumlah tips yang bisa kamu terapkan agar bisa staycation dengan hemat. 

1. Membuat Rencana Anggaran Staycation

qelola 5 - Ingin Staycation Hemat Budget? Coba Terapkan 5 Tips Ini!

Sumber: freepik

Membuat rencana anggaran untuk staycation sangat penting dilakukan. Tujuannya adalah untuk menghindari pengeluaran berlebihan dan terhindar dari hutang. Kamu bisa memulainya dengan membuat daftar kegiatan yang paling ingin kamu lakukan, lalu buat estimasi biaya yang akan dikeluarkan saat melakukan aktivitas tersebut.

2. Cari Promo Hotel Terdekat

Kalau kamu membutuhkan suasana baru untuk liburan, maka memilih hotel terdekat bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan hotel yang kamu pilih juga menyediakan fasilitas yang mampu membuat kamu rileks dan merasa seperti sedang liburan. Dengan begitu, kamu tidak hanya akan berdiam diri di kamar saja. Supaya lebih hemat, kamu bisa memilih hotel atau penginapan yang menawarkan promo agar pengeluaran kamu tidak terlalu banyak. Informasi seperti ini bisa kamu dapatkan melalui pencarian secara online maupun secara langsung dengan cara menghubungi hotel yang menjadi tempat tujuanmu.

3. Memilih Waktu yang Tepat

Saat akan melakukan liburan singkat, maka memilih waktu yang tepat merupakan hal yang sangat penting. Kalau kamu ingin mengeluarkan uang yang lebih sedikit, maka kamu bisa memilih bulan-bulan yang sepi pengunjung, atau memilih hari biasa dibandingkan akhir pekan. Bagi kamu yang tidak terlalu suka keramaian, maka waktu-waktu itu merupakan pilihan tepat untuk menjalani staycation dengan tenang dan nyaman. 

4. Membandingkan Beberapa Platform

qelola 6 - Ingin Staycation Hemat Budget? Coba Terapkan 5 Tips Ini!

Sumber: freepik

Sebelum memesan tempat tinggal untuk staycation, sebaiknya kamu periksa berbagai aplikasi traveling atau pemesanan hotel untuk mengecek mana yang menawarkan harga lebih murah. Pastikan kamu mendapatkan tarif yang terbaik agar lebih menghemat uang. Selain itu, ketika mencari lokasi menginap, jangan lupa untuk memperhatikan apa saja yang kamu butuhkan. Seperti sarapan, kolam renang, wifi, ataupun fasilitas lainnya. Hal ini penting, karena beberapa hotel biasanya menetapkan tambahan tarif untuk sarapan sehingga kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak.

5. Membuat Agenda Liburan Bersama

Tips staycation hemat budget selanjutnya adalah menyusun perencanaan bersama teman ataupun anggota keluarga untuk staycation bareng. Tidak hanya akan membuat staycation lebih seru, tapi kalau lebih banyak yang ikut, tentunya biaya staycation akan jadi lebih murah. Yang penting untuk diperhatikan adalah rencana teman-temanmu sama pentingnya dengan rencana kamu. Maka supaya tidak bentrok, kamu dan teman-temanmu bisa berdiskusi untuk menyusun agenda liburan. Agenda ini nantinya akan berisi gabungan dari idemu dan ide teman-temanmu. 

Misalnya wisata kuliner, yoga, jalan-jalan ke tempat wisata terdekat, berkeliling kota, dan masih banyak lagi. Dengan lebih banyak ide, maka daftar kegiatan yang bisa dilakukan selama staycation akan lebih seru dan beragam. Untuk kamu yang lebih suka bersantai di dalam hotel, siapkan saja daftar film atau series yang akan ditonton saat staycation bareng. Kamu bisa menulis daftar film yang belum sempat ditonton saja, jadi tidak akan ada yang bisa membocorkannya. Jangan lupa untuk menyiapkan cemilan dan minuman yang banyak supaya acara nontonnya lebih nyaman.

Bagaimana, sekarang kamu sudah semakin siap melakukan staycation, bukan? Agar staycation kamu tidak terganggu dengan urusan bayar tagihan, percayakan saja pada aplikasi Qelola. Dengan aplikasi ini, kamu bisa bayar tagihan listrik, PDAM, dan beli pulsa hanya dengan satu kali klik. Tidak hanya itu, kamu pun bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia dengan lebih mudah dan aman pakai Qelola. Cukup download dan install aplikasi Qelola di ponselmu, kamu sudah bisa menikmati berbagai fitur menariknya. 

Tags: , , ,