Ingin Mengisi Waktu di Sela Aktivitas Kerja? Coba Tanam 5 Tanaman Obat Ini

tanaman obat

Sejak dulu, banyak orang yang sudah mempercayai khasiat tanaman obat bagi kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk memelihara kesehatan, tumbuhan tradisional tersebut juga dianggap ampuh mengobati berbagai macam penyakit. Banyak orang lebih memilih tanaman herbal untuk terapi pengobatan karena dianggap lebih aman daripada mengonsumsi obat-obatan kimiawi. 

Konsumsi olahan tanaman herbal pun kini semakin diminati sejak merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia bahkan dunia. Banyak orang yang kemudian rutin meminum ramuan tanaman herbal sebagai upaya menangkal virus corona dan meningkatkan sistem imun tubuh. Tahukah kamu bahwa berbagai tanaman herbal yang bermanfaat tersebut ternyata bisa kamu tanam di rumah dengan mudah? Daripada penasaran, yuk ketahui lebih lanjut tentang jenis dan manfaat rempah obat yang bisa kamu tanam sendiri berikut ini.

  • Kunir/Kunyit

kunyit - Ingin Mengisi Waktu di Sela Aktivitas Kerja? Coba Tanam 5 Tanaman Obat Ini

Sumber: freepik

Tak hanya dipakai sebagai campuran bumbu masakan saja, konsumsi kunyit nyatanya efektif untuk memelihara kesehatan tubuhmu. Kunyit atau yang juga disebut kunir adalah rempah tradisional yang mempunyai warna orange jingga sebagai ciri khasnya. Di dalamnya terdapat zat kurkumin yang membantu menjaga kesehatan tubuh dan menangkal berbagai penyakit. Banyak orang yang memanfaatkan kunyit sebagai alternatif pengobatan untuk masalah pencernaan, kulit, liver, jantung, dan lain-lain.

Kunyit adalah salah satu tanaman obat yang bisa ditanam sendiri di rumah dengan mudah. Kamu bahkan bisa menanamnya lewat pot tanaman sederhana pada umumnya. Walaupun bisa ditanam dengan mudah, membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 bulan untuk bisa memetik hasil panen. Biasanya, bibit kunyit yang sudah siap dipanen ditandai dengan daunnya yang mulai layu dan berubah warna menjadi kuning.

  • Jahe

top view arrangement ginger table 700x468 - Ingin Mengisi Waktu di Sela Aktivitas Kerja? Coba Tanam 5 Tanaman Obat Ini

Sumber: freepik

Selain kunyit, jahe juga jadi primadona tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mencegah sekaligus mengobati gangguan kesehatan di tubuh. Selain sebagai bumbu dapur, jahe juga sering diolah menjadi jamu, obat herbal, atau sekedar minuman jahe yang menghangatkan tubuh. Tak disangka, jahe terbukti punya khasiat lebih dari itu. Kandungan gingerol yang ada di dalam jahe, membuatnya banyak diburu untuk mengatasi banyak masalah kesehatan.

Sama halnya dengan kunyit, jahe juga membantu mengatasi problem pencernaan seperti mual , muntah, dan sakit pada perut. Konsumsi jahe pada saat menstruasi juga efektif mampu meredakan rasa nyeri yang sering menyertainya. Selain itu jahe juga ampuh mengobati pusing akibat vertigo, nyeri sendi, dan juga rematik. 

Bahkan, senyawa gingerol yang ada di dalam jahe juga akan meminimalisir pertumbuhan sel kanker pada usus besar seseorang. Walaupun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, konsumsi jahe tetap harus dibatasi. Mengonsumsi jahe secara berlebihan malah bisa menjadi bumerang dan mengakibatkan perut kembung, mulas, hingga diare.

  • Lengkuas

galangal natural herbal is natural herbal asia white wall 700x467 - Ingin Mengisi Waktu di Sela Aktivitas Kerja? Coba Tanam 5 Tanaman Obat Ini

Sumber: freepik

Lengkuas atau laos adalah rempah Indonesia yang menambah kenikmatan pada setiap masakan nusantara. Tak hanya itu saja, lengkuas juga menjadi satu dari sekian banyak tanaman obat yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan di dalam lengkuas juga terdapat berbagai sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Selain antioksidan, lengkuas juga mengandung zat antibakteri yang ampuh menekan pertumbuhan bakteri penyebab diare.

Sakit pada tenggorokan, batuk, dan suara yang serak bisa kamu atasi dengan lengkuas juga lho! Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara menyeduh beberapa sendok bubuk lengkuas yang disiram dengan air panas. Sifat ekspektoran yang ada di dalam lengkuas akan membantu mengencerkan dahak sehingga batuk perlahan-lahan sembuh. Selain masalah tenggorokan, lengkuas juga baik untuk dijadikan tanaman obat untuk meredakan gejala asma.

  • Lidah Buaya

aloe vera cosmetic cream white surface 700x467 - Ingin Mengisi Waktu di Sela Aktivitas Kerja? Coba Tanam 5 Tanaman Obat Ini

Sumber: freepik

Lidah buaya juga merupakan tanaman obat serbaguna yang mudah untuk dirawat di rumah. Memang, tumbuhan yang satu ini lebih populer berkhasiat untuk perawatan kulit dan rambut. Oleh karena itu banyak produk kecantikan dan kosmetik yang memanfaatkan tanaman ini menjadi salah satu komponen di dalam tiap-tiap produknya. Namun, kamu juga harus tahu kalau lidah buaya ternyata juga punya peran penting dalam bidang kesehatan. 

Gel di dalam lidah buaya punya banyak manfaat bagi tubuhmu lho! Beberapa jenis penyakit seperti radang, maag, gatal-gatal, hingga asma bisa kamu atasi dengan tanaman lidah buaya. Gel pada lidah buaya juga bisa kamu oleskan langsung sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi luka bakar ringan. 

Cara menanam lidah buaya pun sangat gampang, kamu cukup menyiapkan pot berisi tanah gambut atau tanah organik. Pilih daun lidah buaya dengan ukuran minimal 8 sentimeter, dan pastikan lidah buaya mendapatkan sinar matahari yang cukup. Untuk perawatannya kamu disarankan untuk menyiramnya sesekali saja agar akar lidah buaya tidak mudah busuk.

  • Daun Sirih

keerthi v KIOy4ov5upc unsplash - Ingin Mengisi Waktu di Sela Aktivitas Kerja? Coba Tanam 5 Tanaman Obat Ini

Sumber: unsplash

Zaman dulu, daun sirih sering digunakan oleh banyak orang lanjut usia untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut. Caranya pun cukup simpel yaitu hanya dengan mengunyahnya. Selain itu, kamu pasti juga sering melihat berbagai produk kesehatan organ intim wanita yang memanfaatkan daun sirih sebagai kandungan utamanya. Ternyata, manfaat tanaman obat yang satu ini tak hanya itu saja.

Secara medis, daun sirih memang sudah terbukti mampu membasmi kuman di mulut, sehingga kamu akan terhindar dari gigi berlubang dan masalah gusi. Daun sirih juga kerap dipakai untuk menghentikan darah saat seseorang terkena mimisan. Hal ini karena di dalam daun sirih terdapat zat antioksidan tanin yang berfungsi membekukan darah sekaligus menyembuhkan luka dengan cepat. Sama halnya dengan lidah buaya, daun sirih ternyata juga bisa membantu mengatasi luka bakar ringan.

Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Demikian berbagai informasi tentang tanaman obat yang bisa kamu tanam sendiri di rumah. Selain baik untuk menjaga kesehatan, beberapa tanaman di atas juga mampu memelihara sistem imunitas. Nah, Sahabat Qelola, untuk menjaga kesehatan tubuh selama pandemi, kamu bisa melakukan berbagai transaksi keuangan secara online dari rumah melalui aplikasi Qelola

Selain bisa transfer uang dari Malaysia ke Indonesia, melalui aplikasi ini kamu juga bisa beli pulsa, serta bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, dan BPJS. Cukup unduh aplikasi Qelola disini, dan rasakan kemudahan melakukan berbagai transaksi secara online hanya dari rumah saja.

Tags: , ,