Mari Tetap Produktif Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

ramadan 7 - Mari Tetap Produktif Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Tidak terasa kita sudah berada di minggu kedua bulan suci ramadhan. Selama berpuasa, pastikan kita tetap menjaga kualitas ibadah walau masih dalam masa karantina. Saat pandemi seperti ini, sebagian orang lebih banyak melakukan kegiatan di rumah daripada di luar rumah. Hal ini memicu kita lebih cepat merasa bosan, jenuh dan pekerjaan lebih terasa berat. 

Nah, agar terhindar dari masalah di atas, kita bisa memanfaatkan bekerja lebih keras serta melakukan aktivitas ringan sehingga memudahkan pekerjaan lebih produktif selama berpuasa. Tenang aja, Qelola sudah merangkum beberapa tips jitu agar pekerjaanmu tetap produktif selama bulan ramadhan. Apa saja tipsnya? Yuk, langsung lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Memperbaiki jam tidur

ramadan 9 700x466 - Mari Tetap Produktif Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Memaksimalkan waktu tidur merupakan salah satu cara untuk mendukung pekerjaanmu lebih produktif. Dengan jam tidur yang cukup, bisa menghindari rasa lesu saat beraktivitas selama bulan ramadhan. Apalagi ketika berpuasa, kamu harus menyisihkan waktu untuk bangun, mempersiapkan dan menikmati santapan sahur. Oleh karena itu, jam tidurmu harus diperbaiki. Usahakan tidak tidur terlalu larut, dan merubah jadwal tidur menjadi lebih awal. Tubuhmu memerlukan istirahat yang cukup agar bisa beraktivitas dan beribadah dengan lancar saat berpuasa di esok hari.

Membuat daftar kegiatan

ramadan 8 700x467 - Mari Tetap Produktif Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Walau merasa lemas dan lesu, kita harus menjaga aktivitas sehari-hari agar bisa bekerja lebih baik. Cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah membuat to-do-list atau daftar kegiatan harian selama bulan ramadhan. Tentukan pekerjaan yang sekiranya memiliki tingkat kesulitan tinggi sehingga diprioritaskan di pagi hari. Prioritaskan kegiatanmu yang lebih urgen untuk lebih dulu dilakukan. Jangan lupa selesai jam kerja usahakan mengisinya dengan beribadah seperti membaca Al-Qur’an.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar selama Puasa Ramadhan

Memanfaatkan waktu istirahat

ramadan 10 700x466 - Mari Tetap Produktif Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Biasanya saat bekerja di kantor siang hari, waktu istirahat digunakan untuk menyantap makan siang atau mengobrol dengan teman kantor. Berbeda dengan hari biasa, saat bulan ramadhan ada baiknya untuk memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang singkat sekitar 20-30 menit. Hal ini akan membantumu merasa lebih baik dan siap untuk produktif kembali. Kamu bisa memasang alarm di smartphone-mu agar tetap bekerja tepat waktu. 

Kurangi waktu untuk mengakses media sosial

ramadan 11 700x466 - Mari Tetap Produktif Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Kadang kita tidak terasa sudah menjelajahi media sosial selama berjam-jam. Sebaiknya kebiasaan ini kita hindari demi bisa melakukan kegiatan yang lebih produktif. Lebih baik memanfaatkan waktu kosongmu untuk mengerjakan kerjaan yang masih menumpuk atau melakukan hobi yang bermanfaat. Selain itu, kamu juga bisa melaksanakan kegiatan ibadah dengan waktu yang lebih banyak.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan untuk tetap produktif selama berpuasa di bulan ramadhan. Dengan melakukan tips ini, kamu bisa memiliki kualitas dalam beraktivitas hingga beribadah. Nah, jika sudah lancar dalam beraktivitas dan beribadah jangan lupa untuk mengelola keuanganmu pakai Qelola. Kamu bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia lebih mudah dan langsung sampai di hari yang sama. Selain itu, kamu juga bisa bayar tagihan air, pulsa, beli token listrik dan bayar BPJS. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola melalui Google Playstore sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,