Trik Menyiasati Pengeluaran yang Meningkat karena Sekolah Online

student class looking course scaled - Trik Menyiasati Pengeluaran yang Meningkat karena Sekolah Online

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi membuat kita masih harus membatasi kegiatan di luar rumah. Salah satu kegiatan yang terkena dampak yaitu kegiatan belajar mengajar. Seluruh kegiatan belajar mengajar di Indonesia menerapkan sistem belajar secara daring atau sekolah online demi terhindar dari resiko penularan virus Covid-19 di sekolah. Sistem pembelajaran sekolah online ini tentu membuat penyesuaian terhadap beberapa hal baru. Mulai dari gaya belajar, sikap, hingga penyesuaian biaya sekolah yang meningkat oleh orang tua siswa. Seperti yang kita ketahui, untuk melakukan sistem pembelajaran secara online, siswa harus dibekali dengan gadget dan akses internet.

Kondisi ini membuat kita sebagai orang tua harus mempersiapkan dana ekstra untuk kebutuhan pembelajaran online anak. Kebutuhan yang dimaksud adalah laptop atau tablet, smartphone, printer dan sebagainya. Agar dana ekstra tersebut tidak bengkak, orang tua harus cerdik untuk menyiasati pengeluaran sekolah online anaknya. Seperti apa tips dan triknya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1.Susun daftar prioritas penggunaan akses internet

high view smart young student 700x525 - Trik Menyiasati Pengeluaran yang Meningkat karena Sekolah Online

Kebutuhan akses internet yang baik dan stabil dapat mempengaruhi proses pembelajaran online. Untuk itu ada baiknya Anda menyusun daftar prioritas pengguna internet di rumah. Jika Anda dan pasangan bekerja dari rumah maka mendapatkan posisi pertama, alasannya karena kegiatan ini bersifat produktif. Selanjutnya, kebutuhan internet untuk sekolah online anak berada di posisi kedua teratas. 

Agar kegiatan bekerja dan sekolah online di rumah berjalan dengan lancar, pastikan koneksi internetnya stabil. Untuk kebutuhan tersebut, menggunakan layanan internet melalui kabel, seperti fibre optic, lebih tepat daripada layanan internet melalui seluler. Selain koneksi yang lebih stabil, harga layanan internet melalui kabel tidak dihitung berdasarkan pemakaian per byte, melainkan berdasarkan kecepatan akses. Usahakan tidak menggunakan akses internet untuk kebutuhan yang lain seperti main game atau hiburan lainnya.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan subsidi kuota internet dari pemerintah. Tersedia bantuan kuota sebesar 7-10GB per bulan untuk siswa, 12GB per bulan untuk guru, dan 15GB per bulan untuk mahasiswa dan dosen. Anda bisa melengkapi ketentuan dan persyaratannya untuk mendapat bantuan ini. 

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Rumahan Selama Pandemi? Kenapa Tidak

2.Optimalkan gadget yang sudah ada

top view copy space with devices 700x467 - Trik Menyiasati Pengeluaran yang Meningkat karena Sekolah Online

Proses pembelajaran online di rumah mengharuskan kita memiliki gadget sebagai alat bantu untuk belajar. Gadget yang biasanya digunakan seperti laptop, tablet, handphone dan sebagainya. Anda tidak perlu harus membeli gadget baru, cukup manfaatkan saja dengan gadget yang Anda punya.

3.Manajemen penggunaan gadget

mother using laptop tablet teaching with her son online home his room 700x520 - Trik Menyiasati Pengeluaran yang Meningkat karena Sekolah Online

Mengatur penggunaan gadget diperlukan jika dalam satu rumah memerlukan lebih dari dua gadget untuk melakukan kegiatan belajar online serta bekerja secara bersamaan. Agar proses belajar jarak jauh dan bekerja bisa berlangsung lebih lancar, Anda perlu membagikan gadget sesuai skala prioritas. Dengan melakukan manajemen gadget yang tepat, Anda tak perlu langsung membeli gadget baru. 

Misalnya, jika Anda memiliki fasilitas menggunakan gadget dari kantor maka manfaatkan fasilitas tersebut untuk bekerja dari rumah. Sehingga gadget yang di rumah Anda bisa digunakan untuk kebutuhan sekolah online anak. Jika tidak memiliki fasilitas tersebut, Anda bisa bergantian menggunakan handphone untuk conference call, lalu anak Anda bisa menggunakan laptop untuk pembelajaran online.

Itu dia trik menyiasati pengeluaran yang meningkat akibat sekolah online yang bisa Anda coba. Dengan tips di atas tentunya Anda bisa meminimalisir pengeluaran dengan lebih cermat. Tapi jangan lupa, Anda harus tetap mengelola keuangan lainnya  juga loh. Untuk mengelola keuangan, serahkan saja pada aplikasi Qelola! Dengan satu aplikasi ini, Anda bisa membayar tagihan air, membeli token listrik, bayar tagihan BPJS hingga beli voucher pulsa lebih cepat dan praktis. Sangat mudah bukan? Yuk, langsung unduh aplikasi Qelola di Google Playstore handphone-mu sekarang!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,