Yuk, Mulai Kelola Gaji Bulanan Kamu Menggunakan Formula Ini!

pressing economy investment calculation business holding scaled - Yuk, Mulai Kelola Gaji Bulanan Kamu Menggunakan Formula Ini!

Pernah merasa gaji bulanan atau pendapatanmu habis tanpa menyisakan untuk tabungan atau investasi? Jika pernah, kamu perlu tips dan trik untuk mengelola pendapatanmu loh. Mengelola keuangan sangat penting demi mengetahui apakah anggaran hingga pengeluaran sudah tepat atau belum. Jika kamu berhasil dalam mengatur keuanganmu sendiri, maka uang yang bisa disimpan akan lebih besar jumlahnya. Dengan sikap cermat serta bijak dalam mengatur gaji bulanan kamu, tentu akan membuka peluang untuk bisa berinvestasi serta memenuhi kebutuhanmu lebih optimal.

Untuk itu, Qelola punya tips nih untuk kamu yang ingin memulai kebiasaan budgeting gaji bulanan. Formula 40-30-20-10 bisa menjadi salah satu cara untuk mengelola keuanganmu. Tenang, formula ini bersifat universal yang artinya bisa diterapkan pada orang yang memiliki rentang gaji 2 juta hingga 10 juta. Yuk, langsung simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

40 Persen untuk Kebutuhan Sehari-hari

woman with tablet checking shopping cart see if she has everything she needs lunch min 700x467 - Yuk, Mulai Kelola Gaji Bulanan Kamu Menggunakan Formula Ini!

Kamu bisa alokasikan sekitar 40 persen dari gaji bulanan untuk pengeluaran rutin seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan tersebut mencakup biaya makan, transportasi, tagihan utilitas, pulsa telepon seluler, langganan televisi, keanggotaan olahraga, pakaian, rekreasi, hobi dan sebagainya. Yang termasuk dalam kebutuhan pokok hingga gaya hidup bisa masuk dalam bagian ini.

30 Persen untuk Cicilan dan Tagihan

entrepreneur working with bills 700x467 - Yuk, Mulai Kelola Gaji Bulanan Kamu Menggunakan Formula Ini!

Memiliki cicilan untuk membeli aset yang bersifat produktif tentu tidak masalah. Misalnya, cicilan membeli rumah, kendaraan dan barang yang bersifat produktif lainnya. Jika belum memiliki rumah pribadi atau masih kontrak rumah, biaya sewanya bisa masuk dalam alokasi ini. 

Hindari menggunakan alokasi dana ini untuk membeli barang yang bersifat konsumtif. Misalnya membeli gadget mewah, traveling dan sebagainya. Kebiasaan ini juga bisa memicu untuk berhutang. Jika memang belum memiliki dana yang cukup, belilah barang sesuai dengan kemampuan kamu.

Baca Juga: Simak 4 Cara Mudah Proteksi Akun Qelola kamu!

20 Persen untuk Tabungan Masa Depan

hand inserting coin piggy bank 700x467 - Yuk, Mulai Kelola Gaji Bulanan Kamu Menggunakan Formula Ini!

Dalam mengelola keuangan tentunya memiliki alokasi dana khusus untuk simpanan atau tabungan masa depan. Tabungan ini bisa mencakup sebagai dana darurat, dana pendidikan anak, asuransi kesehatan dan jiwa, dana pensiun dan lainnya. Selain itu, pemenuhan tabungan masa depan bisa memanfaatkan berbagai produk keuangan lainnya seperti investasi. Investasi bisa dari berbagai macam jenis misalnya investasi emas, reksa dana, saham dan sebagainya. Namun, sebelum memulai investasi ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu mengenai cara kerja, risiko, hingga hak dan kewajibannya.

10 Persen untuk Amal dan Kebaikan

hands holding donation box with provisions 700x466 - Yuk, Mulai Kelola Gaji Bulanan Kamu Menggunakan Formula Ini!

Kamu masih bisa menyisihkan 10 persen dari penghasilanmu untuk menebar kebaikan loh. Banyak kebaikan yang bisa kamu lakukan misalnya memberi sedekah, bayar zakat, memberi ke orang tua dan berdonasi. Angka 10 persen bukanlah nominal yang wajib, tidak masalah dengan persentase yang lebih kecil namun usahakan tetap ada alokasi untuk kebaikan. 

Formula di atas bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu yang ingin mengelola keuangan. Tentunya formula ini bersifat usulan, kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Jika alokasi dana 40-30-20-10 ini masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan, maka segeralah benahi kondisi keuangan dan kerja keras untuk meningkatkan penghasilanmu. 

Jika kamu butuh aplikasi yang bisa mengatur keuanganmu juga ada loh! Kan ada Qelola. Aplikasi Qelola akan membantumu mengelola keuangan lebih mudah dan praktis. Kamu bisa gunakan fitur-fitur yang tersedia seperti transfer uang ke Malaysia, beli pulsa, bayar BPJS, beli token listrik dan bayar PDAM. Lengkap banget bukan? Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola melalui Google Playstore di handphone kamu sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,