Mari Berwisata ke Kota Bharu, Paduan Wisata dan Kuliner Unik

Kota Bharu

Jika Anda mencari lokasi wisata terbaik yang bisa ditemukan di Asia Tenggara, mungkin Anda tak perlu mencarinya terlalu jauh. Selain tentu saja negeri kita sendiri, Indonesia, salah satu negara yang sangat banyak memiliki spot wisata adalah Malaysia. Malaysia sendiri memiliki banyak kota yang menawarkan area wisata unik. Kali ini mari kita bahas Kota Bharu sebagai salah satu kota unik yang menawarkan pengalaman berwisata yang tidak terlupakan.

Tentu Anda memerlukan itinerary yang tersusun rapi agar setiap kunjungan bisa dilakukan dengan maksimal, mulai dari objek yang dituju, wisata kuliner yang harus ditunaikan, hingga belanja oleh-oleh khas Kota Bharu untuk orang terdekat yang menunggu di tanah air. Untuk menunjang liburan yang Anda rencanakan, Anda bisa simak beberapa rekomendasinya berikut ini.

Fireflies Garden

Untitled design1118 - Mari Berwisata ke Kota Bharu, Paduan Wisata dan Kuliner Unik

Pernahkan Anda berangan-angan melewatkan malam sepoi-sepoi, ditemani segelas kopi pekat, dan diiringi oleh tarian kunang-kunang yang bersinar indah? Semua hal ini bisa Anda dapatkan di Fireflies Garden, satu konsep wisata yang memadukan ketenangan alam dengan keindahan yang disajikannya dengan natural.

Anda berkesempatan melakukan susur area wisata yang satu ini dengan ditemani oleh pemandu. Jadi tak perlu khawatir tersesat atau faktor keamanan lain, karena pemandu wisata di sini sudah berpengalaman. Anda tinggal mengikuti saja arahan dari pemandu dan menikmati suasana malam yang tenang dengan kerlipan cahaya kunang-kunang yang akan membius Anda dengan kedamaian.

Istana Johor Kota Bharu

Dibangun pada tahun 1855 sebagai istana warisan untuk keturunan Sultan Muhammad II dari Kelantan, bangunan bersejarah ini kini difungsikan sebagai museum yang sarat nilai sejarah. Arsitektur bangunan yang unik dan fotogenik sangat cocok jadi sasaran bidikan lensa kamera yang kamu bawa.

Awalnya, tempat ini benar-benar merupakan istana yang digunakan sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan. Seiring masuknya gelombang modernisasi, istana Johor perlahan mulai ditinggalkan oleh keturunan kerajaan dan dialihfungsikan menjadi musem. Sederhana, tujuannya agar nilai sejarah yang ada di tempat ini bisa terjaga hingga masa yang akan datang.

Menikmati Olahan Madu di Stingless Bee Farm and Gallery

Untitled design1117 - Mari Berwisata ke Kota Bharu, Paduan Wisata dan Kuliner Unik

Objek wisata yang satu ini cocok untuk Anda yang liburan bersama anak-anak. Selain bisa berkunjung ke peternakan lebah, di sini Anda juga akan mendapat penjelasan mengenai bagaimana cara beternak lebah dan bagaimana mengolah hasilnya. Uniknya lagi, di sini Anda tak perlu takut disengat lebah karena lebah yang diternakkan tidak menyengat.

Setelah seharian belajar mengenai lebah dan kehidupannya, Anda bisa menikmati sajian kuliner khas Kota Bharu sehingga Anda tak akan meninggalkan tempat ini dalam kondisi perut kosong. Jangan lupa, sebisa mungkin selalu berikan nilai pendidikan pada objek wisata yang Anda kunjungi bersama anak, agar ia dapat bermain sambil belajar di waktu yang sama.

Memahami Budaya Kelantan di Kota Bharu

Datang dan nikmati setiap koleksi di Kelantan Museum. Di sini akan banyak sekali pengetahuan baru yang diperoleh sehingga dijamin wawasan Anda akan bertambah setelah beranjak dari Kelantan Museum. Memang mungkin tidak banyak wisatawan yang akan Anda temui, karena sebenarnya area ini lebih populer di kalangan siswa yang memang didatangkan guna belajar mengenai sejarah kebudayaan Kelantan.

Tapi tidak ada salahnya juga bukan berkunjung, berwisata sekaligus belajar? Siapa tahu waktu liburan yang Anda miliki bisa berubah menjadi waktu produktif untuk belajar berbagai wawasan baru. Kunjungan ke museum sangat direkomendasikan untuk Anda yang tengah mencari inspirasi. Karena dengan melihat dan membaca hal baru, akan merangsang inspirasi muncul secara perlahan namun pasti.

Mari Belanja Kuliner dan Oleh-Oleh di Pasar Besar Siti Khadijah

Untitled design1116 - Mari Berwisata ke Kota Bharu, Paduan Wisata dan Kuliner Unik

Untuk menutup daftar ini, mari kita berkunjung ke area Pasar Besar Siti Khadijah yang menyediakan ragam kuliner, makanan ringan, hingga kenang-kenangan khas Kota Bharu. Berbagai kue-kue khas yang tak akan Anda temukan di tempat lain bisa Anda cari di sini. Mulai dari kue tradisional tahi itik, akak, jala mas, hingga buah tanjung dan serabe, semua lengkap di pasar ini.

Tentu saja jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh khas dari Kota Bharu. Jika diperlukan Anda bisa bertanya pada pedagang apakah makanan-makanan ini bisa bertahan cukup lama atau tidak. Jika bertahan cukup lama, tak ada salahnya ‘kan membawa oleh-oleh snack khas Kota Bharu untuk keluarga di rumah?

Baca Juga: 7 Keunikan Legoland Johor Malaysia yang Memikat Hati Wisatawan

Wisata ke Kota Bharu memang menawarkan pengalaman yang berbeda dari wisata di kota lainnya. Untuk memaksimalkan waktu yang Anda miliki selama di kota ini, jangan lupa mengunduh aplikasi Qelola. Mengapa? Karena aplikasi ini bisa membantu Anda membayarkan berbagai tagihan bulanan yang tiba-tiba datang untuk mengganggu waktu liburan Anda. Unduh aplikasinya di sini, dan dapatkan promo menarik untuk pelanggan setianya!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,