Tips Mudah untuk Mencapai Kecerdasan Finansial

EP 10 - Tips Mudah untuk Mencapai Kecerdasan Finansial

Sebanyak apapun uang jika tidak bisa dikelola dengan baik, niscaya tidak akan pernah mampu memenuhi kebutuhan dan akan selalu dirasa kurang. Sementara itu, meskipun upah yang didapatkan kecil namun diatur dengan sedemikian rupa, siapapun pasti bisa tercukupi kebutuhannya. Dari pernyataan di atas dapat kita lihat bagaimana kecerdasan finansial seseorang haruslah bekerja demi bisa memenuhi kebutuhan, merasa cukup serta mempunyai persiapan untuk ke depan. Tidak hanya untuk orang dewasa atau yang telah bekerja, kecerdasan finansial pun seharusnya sudah dimiliki sejak muda. Kecerdasan finansial tersebut hanya soal mental. Siapa yang siap untuk belajar dan menerapkannya. Jika Anda salah satunya, tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa hal berikut untuk mencapai kecerdasan finansial tersebut.

Baca Juga: Gaji Pas-Pasan, Begini Cara Berhemat dan Menabung untuk Keluarga

Buat Anggaran Bulanan

EP 10 1 1 - Tips Mudah untuk Mencapai Kecerdasan Finansial

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kecerdasan finansial adalah dengan membuat anggaran belanja selama sebulan ke depan. Bagi kebutuhan Anda ke dalam kategori, apakah kebutuhan primer, sekunder atau tersier. Buat patokan nominal dana yang akan digunakan untuk membelanjakan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Anda dapat membuat patokan biaya ini berdasarkan belanja-belanja Anda sebelumnya. Namun apabila sebelumnya Anda melakukan pembelian secara sembarangan, usahakan mematok biaya lebih rendah daripada itu. Karena belanja tanpa rencana biasanya mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Dan setiap akhir bulan cek kembali bagaimana realitas yang terjadi dan lakukan evaluasi.

Memahami dan Membuat Skala Prioritas

EP 10 2 - Tips Mudah untuk Mencapai Kecerdasan Finansial

Orang yang memiliki kecerdasan finansial seharusnya bisa membedakan mana yang sebenarnya menjadi kebutuhan dan mana yang sekadar keinginan. Untuk mencapai hal tersebut bisa dilakukan dengan membuat kategori pengeluaran bulanan Anda dan buatlah skala prioritas. Tentukan mana yang lebih diutamakan untuk dibeli dibandingkan lainnya. Usahakan mencatat dengan lengkap mulai dari makanan, transportasi, hiburan, pendidikan, kesehatan, investasi, dan kebutuhan lainnya. Karena masih banyak juga yang lebih memilih hal yang sekadar ingin dan dianggap lucu dibandingkan kebutuhan yang lebih mendesak. Dan ini yang membuat banyak sekali uang terbuang untuk sesuatu yang tidak penting.

Menabung dan Berinvestasi

EP 10 4 - Tips Mudah untuk Mencapai Kecerdasan Finansial

Selain mengontrol keuangan, menabung adalah hal lain yang harus dilakukan. Anda harus berani menunda keinginan dan menyisihkan sebagian uang untuk disimpan demi sesuatu yang lebih penting kedepannya. Dan menabung ini harus dilakukan di awal bulan sebelum gaji dipakai untuk kebutuhan lainnya. Nominal yang ditabung bisa disesuaikan dengan keperluan Anda yang lain. Namun, akan lebih baik jika Anda menyisihkan uang tabungan dalam jumlah yang lumayan besar agar biaya pengeluaran pribadi Anda bisa ditekan dan tidak dibelanjakan untuk yang tidak penting. Selain itu, mulailah menggandakan pendapatan dengan melakukan investasi. Investasi tidak harus besar, Anda bisa mulai dari nominal yang kecil dahulu. Tidak seperti tabungan yang mengendap dengan jumlah yang sama, investasi akan berkembang dan menghasilkan penghasilan lebih kepada Anda. Namun pastikan Anda mempelajari perihal investasi sebelum memulai ya!

Menyiapkan Dana Darurat

EP 10 3 - Tips Mudah untuk Mencapai Kecerdasan Finansial

Anda mungkin tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di kemudian hari, namun Anda bisa mempersiapkannya sejak saat ini dengan menyiapkan dana darurat. Dengan adanya dana darurat yang cukup, kejadian apapun yang mungkin terjadi di depan bisa teratasi dengan lebih mudah. Anda tidak akan mengalami kesulitan yang sangat berarti dan tidak perlu repot mencari pinjaman lagi.

Membuat Keputusan Finansial Sendiri

EP 10 5 - Tips Mudah untuk Mencapai Kecerdasan Finansial

Pahami bagaimana uang Anda datang serta bekerja dan buat keputusan finansial untuk hal tersebut. Jangan pernah mengambil suatu keputusan hanya karena hal tersebut sedang tren tanpa mengetahui seluk beluknya sebelumnya. Jika hal tersebut terjadi, maka dipastikan cepat atau lambat Anda bisa mengalami kebangkrutan. Anda bisa saja meminta orang lain untuk melakukan pengecekan, perhitungan hingga pengambilan keputusan. Namun apapun yang mereka lakukan, Anda tetap harus mengerti bagaimana alurnya dan memastikan keputusan akhirnya secara langsung. Bangun kekayaan dengan pengetahuan baik dan bijaksana dalam membuat keputusan terbaik.

Di zaman modern seperti sekarang, pengelolaan keuangan untuk mencapai kecerdasan finansial tidaklah sulit. Ada teknologi yang akan membuat prosesnya menjadi lebih sederhana dan terekam dengan baik sehingga jika terjadi kesalahan akan mempermudah Anda untuk mengecek kembali. Salah satu aplikasi finansial yang akan membantu Anda adalah Qelola. Aplikasi kirim uang internasional ini memberikan tarif yang jauh lebih murah sehingga uang Anda tidak akan terbuang hanya untuk biaya administrasi saja. Multi-payment billing-nya pun akan membantu Anda dalam pembayaran berbagai jenis tagihan. Proses yang simpel membuat Anda lebih gampang membayarkan tagihan sebelum uangnya digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat. Dan tentu saja akan tercatat dengan baik dan dapat diakses kembali ketika dibutuhkan. Nikmati murahnya dan manfaatkan berbagai fiturnya langsung di sini.

Tags: , , , , , , ,