6 Persiapan Sebelum Wisata ke Malaysia, Catat dengan Baik

wisata ke malaysia

Punya rencana liburan ke luar negeri bersama teman dan keluarga? Jika iya, persiapkan jauh-jauh hari dengan baik sebelum berangkat berwisata. Terlebih lagi jika Anda baru ke luar negeri pertama kali, pastinya memerlukan lebih banyak informasi mengenai persiapan sebelum wisata ini. Wisata ke Malaysia juga menjadi pilihan favorit para wisatawan Indonesia karena lokasinya yang dekat dan aksesnya mudah. Simak dan perhatikan dengan baik  informasi mengenai persiapan sebelum wisata ke Malaysia berikut ini.

1. Kenali Negara Tujuan

Saat berwisata ke luar negeri, mau tidak mau Anda akan berinteraksi orang-orang asing yang baru Anda kenal di negara tersebut. Pelajari budaya-budaya yang berkembang di negara itu agar Anda tidak mengalami culture shock akibat perbedaan budaya. Pastikan Anda dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru nantinya walaupun hanya untuk berlibur. Perbanyak informasi terhadap lingkungan sosial secara umum di sana. Misalnya, kemudahan akses transportasi publik, kemudahan komunikasi, fasilitas publik yang tersedia, destinasi wisata menarik hingga iklim dan cuaca di negara tersebut. 

2. Persiapkan Paspor dan Visa

stylish girl posing with travel equipment red wall 1157 34340.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1796391982 - 6 Persiapan Sebelum Wisata ke Malaysia, Catat dengan Baik

Persiapkan paspor asli sebagai identitas diri saat memasuki wilayah suatu negara. Sementara visa diperlukan sebagai dokumen yang memuat izin masuk seorang warga asing ke suatu negara dalam periode dan keperluan tertentu. Jika Anda belum memiliki paspor dan visa, segera urus ke keimigrasian dan kedutaan.

Perlu Anda ketahui, Malaysia memberlakukan kebijakan bebas visa bagi setiap warga negara tertentu yang masuk ke negaranya, termasuk negara Indonesia. Anda bisa tinggal selama 30 hari di Malaysia untuk berwisata tanpa mengurus visa masuk ke kedutaan dan imigrasi, lho! Manfaatkan jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan baik ini saat akan pergi ke negara bebas visa, terutama Malaysia. Syaratnya mudah dengan membawa dan tunjukkan dokumen paspor asli Anda ketika pemeriksaan imigrasi sebelum memasuki Malaysia.

3. Booking Tiket Pesawat 

Membeli tiket pesawat menjadi salah satu pengeluaran yang harus Anda siapkan ketika merencanakan liburan. Tiket pesawat memang cukup memakan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika tujuan liburan adalah luar negeri. Namun hal ini tidak menjadi alasan Anda untuk membatalkan rencana liburan yang sudah Anda inginkan sejak lama bersama teman dan keluarga. Selain booking tiket pesawat jauh-jauh hari, Anda bisa dengan mudah mendapatkan tiket pesawat murah untuk liburan dengan mengikuti tips cerdasnya di sini

4. Akomodasi Hotel atau Penginapan

asian chinese couple arriving hotel front desk 79405 3410 - 6 Persiapan Sebelum Wisata ke Malaysia, Catat dengan Baik

Sebagai salah satu destinasi wisata populer, negeri jiran Malaysia memiliki banyak sekali pilihan hotel dan tempat penginapan untuk para wisatawan dengan keunggulan dan kekurangan masing-masing. Mulai dari hotel mewah bintang lima hingga penginapan murah buruan para backpacker.

Memilih hotel atau penginapan yang tepat penting dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal sebelum melakukan pemesanan atau booking. Jangan sampai Anda salah memilih hotel yang akan Anda singgahi agar liburan Anda tetap nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa siapkan budget sebelum memesan kamar hotel. Lebih baik lagi apabila akses dari hotel menjangkau berbagai tempat wisata populer dengan mudah. Bingung menentukan hotel yang tepat saat wisata ke Malaysia? Baca di sini tips memilih hotel di Malaysia yang nyaman dan sesuai budget.

5. Ketahui Transportasi Umum Lokal

female tourists spread their arms 1150 7426 - 6 Persiapan Sebelum Wisata ke Malaysia, Catat dengan Baik

Informasi terkait transportasi lokal wajib Anda cari ketika sedang berada di Malaysia untuk berwisata bersama orang-orang terdekat. Transportasi merupakan hal utama yang menunjang mobilitas wisatawan dari destinasi satu ke destinasi yang lain. Sistem transportasi umum di negara Malaysia secara garis besar dibedakan menjadi dua, yaitu transportasi berbasis rel dan bus. Moda transportasi berbasis rel terdiri dari LRT (Light Rapid Transit), KL Monorail, KTM Komuter, KLIA Ekspres atau KLIA Transit, dan MRT (Mass Rapid Transit). Sementara itu, pilihan yang dapat Anda pilih saat menggunakan transportasi bus adalah GO-KL dan Rapid KL. Anda juga bisa berkeliling menikmati Malaysia menggunakan taksi dan KL Hop on Hop off.

6. Siapkan Budget untuk Beli Oleh-Oleh

Satu hal yang tak boleh terlewatkan saat pergi berlibur ke luar negeri adalah belanja beragam oleh-oleh dan souvenir yang menarik. Wisata belanja menjadi salah satu aktivitas menarik terutama bagi wisatawan asing yang berlibur di Malaysia. Di negara ini terdapat beberapa pusat perbelanjaan yang bisa Anda kunjungi dan banyak pilihan harga sesuai dengan budget di kantong Anda. Mulai dari Central Market, Malaysia Heritage Walk, Suria KLCC, Jonker Walk Street, dan masih banyak lagi. Siapkan budget Anda untuk membeli beragam pernak-pernik, gantungan kunci, aneka kerajinan, busana, sepatu, alat elektronik, makanan khas Malaysia, dan sebagainya untuk dibagikan kepada keluarga dan teman di tanah air. 

Baca Juga: Tak Pernah Sepi, 6 Wisata Kuliner Kuala Lumpur Paling Ramai Pengunjung

Demikian uraian mengenai berbagai persiapan sebelum wisata ke Malaysia bersama teman dan keluarga. Bukan hal yang sulit, bukan? Pastikan lakukan dengan baik dan cermat, maka rencana liburan Anda bersama teman dan keluarga bisa terwujud dan tidak akan tertunda. Saat mempersiapkan segala keperluan berlibur ke luar negeri, persiapkan juga aplikasi Qelola yang akan membantu segala transaksi online berupa pembayaran tagihan dan kirim uang ke Indonesia. Aplikasi Qelola bisa Anda gunakan saat berada di negeri jiran Malaysia maupun antar sesama pengguna Qelola. Unduh dan install aplikasi Qelola di smartphone sekarang juga! Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

Tags: , , , , , , , , ,