Sekilas Mengenai Surat Kuasa, Definisi dan Cara Pembuatannya

Surat Kuasa

Dalam setiap urusan yang melibatkan wewenang dan identitas seseorang, biasanya dimungkinkan untuk dilaksanakan oleh orang lain sebagai perwakilan. Hal ini bisa dilakukan dengan pembuatan surat kuasa, yang berfungsi sebagai bukti valid pelimpahan kuasa pada orang yang namanya tertera di berkas tersebut. Anda bisa menggunakan surat ini untuk berbagai keperluan ketika Anda berhalangan hadir untuk mengurusnya sendiri.

Penjelasan Definisi Surat Kuasa

Untitled design1080 - Sekilas Mengenai Surat Kuasa, Definisi dan Cara Pembuatannya

Memang secara sederhana, surat ini dapat diartikan sebagai berkas yang menunjukkan pelimpahan kuasa atau wewenang pada orang yang namanya tertera di berkas tersebut guna mengurus suatu hal spesifik. Surat ini bisa dibuat oleh Anda ketika Anda berhalangan hadir dengan menunjuk satu orang yang identitasnya tertulis jelas. Sehingga orang tersebut memegang wewenang dan hak atau kewajiban yang tadinya Anda miliki.

Dalam dunia kerja, surat ini awam digunakan oleh orang-orang yang memiliki tanggung jawab tertentu namun tidak dapat melaksanakan tanggung jawab tersebut. Subjek kemudian membuat satu berkas dengan identitas, maksud dan tujuan, serta konfirmasi yang jelas berupa tanda tangan untuk mendelegasikan tanggung jawab tersebut pada orang lain.

Format Penulisan dan Pembuatan 

Untitled design1079 - Sekilas Mengenai Surat Kuasa, Definisi dan Cara Pembuatannya

Karena berkaitan dengan tanggung jawab dan wewenang seseorang yang dilimpahkan, maka tentu saja terdapat format baku pembuatan surat kuasa yang kemudian memiliki dasar hukum yang jelas. Secara sederhana, format surat ini yang umum digunakan dan harus mengandung beberapa hal berikut ini:

  • Identitas lengkap pemberi kuasa (nama, nomor identitas, jabatan, instansi, dan sebagainya).
  • Identitas lengkap menerima kuasa atau pihak yang didelegasikan (nama, nomor identitas, jabatan, instansi, dan sebagainya).
  • Kalimat yang bermakna jelas mendelegasikan atau melimpahkan kuasa.
  • Tanda tangan kedua pihak.
  • Materai Rp6.000.

Format di atas adalah format yang paling umum digunakan, dan bisa dianggap sah secara hukum. Sebagai satu catatan kecil, bahasa yang digunakan sebaiknya bahasa yang lugas dan mudah dipahami banyak orang. Hindari kata-kata yang berpotensi menimbulkan multitafsir, sehingga bisa menjadi celah untuk dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab.

Sebelum Membuat Surat Kuasa, Perhatikan Hal Berikut Ini

Untitled design1078 - Sekilas Mengenai Surat Kuasa, Definisi dan Cara Pembuatannya

Sebelum pembuatan surat kuasa, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar surat yang Anda buat bisa digunakan sesuai dengan tujuan, yaitu:

  • Pertama, pastikan Anda memberikan tanggal pembuatan pada surat kuasa yang dibuat. Bila perlu cantumkan juga masa berlakunya. Hal ini penting agar surat yang sudah terlanjur dibuat tidak disalahgunakan melewati batas waktu yang diperlukan.
  • Kedua, selalu ingat untuk memberikan tanda tangan kedua pihak ketika membuat. Ini menjadi validasi yang sah untuk isi dari surat kuasa yang dibuat dan sebagai bentuk persetujuan kedua pihak.
  • Anda bisa menggunakan pengacara agar surat yang dibuat lebih jelas.
  • Jika Anda berada di satu tempat kerja, sah atau tidaknya pemberian kuasa akan dilihat dari ada tidaknya cap dari organisasi atau perusahaan terkait (jika terkait dengan pekerjaan).
  • Sebisa mungkin penyerahan kuasa sebaiknya pada orang-orang terdekat yang sudah dipercaya. Hindari memberikan kuasa pada orang yang baru dikenal apa lagi secara sah menggunakan surat bermaterai.

Hal-hal di atas memang tampaknya sederhana, namun penting untuk dilakukan. Apapun keperluan yang harus Anda lakukan dengan melibatkan surat kuasa, pastikan isinya menggunakan kata yang lugas, mudah dipahami, dan tidak multitafsir. Penunjukan pihak untuk menjalankan wewenang juga harus diperhatikan dengan jelas agar surat yang sudah dibuat tidak disalahgunakan untuk hal-hal menyimpang.

Surat Kuasa untuk TKI 

Untuk TKI sendiri, surat kuasa bisa digunakan membantu banyak hal. Misalnya seperti dalam pengambilan paspor, dalam pengurusan berkas yang terkait dengan legalitas TKI, dan urusan lain yang menyangkut pekerjaan ketika sudah berada di luar negeri. Tentu, pemahaman pada prosedur pembuatan surat kuasa dan format bakunya harus dimiliki setiap TKI agar tidak repot di kemudian hari.

Untuk Anda yang mungkin berhalangan hadir dalam melakukan wewenang atau kewajiban, Anda bisa membuat surat kuasa ini. Jika mungkin penjelasan di atas kurang dapat dipahami, Anda bisa meminta tolong pada pihak yang lebih memahami prosedur pembuatannya, misalnya pengacara atau pengurus lingkungan. Biasanya pembuatan surat ini sudah menjadi hal yang dipahami setiap orang yang pernah belajar hukum atau prosedur tata negara sederhana.

Baca Juga: Tak Bisa Ambil Paspor? Ini Surat Kuasa Pengambilan Paspor

Membuat berkas ini untuk membantu melaksanakan kewajiban atau hak memang bisa dilakukan, selama surat yang dibuat cukup jelas, lugas, dan sah. Beberapa catatan di atas perlu benar-benar diperhatikan guna mengurangi resiko terjadinya penyalahgunaan kuasa yang diberikan.

Nah, setelah memahami perihal surat kuasa ini, kini Anda bisa bekerja dengan lebih nyaman. Jika Anda bekerja sebagai TKI di Malaysia dan perlu mengirimkan uang ke Indonesia, Anda bisa menggunakan layanan Qelola. Layanan remitansi ini memberikan layanan biaya transfer yang rendah dan proses yang cepat, sehingga keluarga di Indonesia bisa mendapatkan uang kiriman dengan cepat. Unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan kesempatan kerja yang Anda miliki!

Tags: , , , , , , , , , ,