Konsep Atur Uang Efektif untuk Perantau, Ini 5 Poin Pentingnya!

Atur Uang

Sebagai seorang yang merantau ke luar negeri, mengelola uang yang dimiliki akan jadi satu hal yang sangat penting. Tak hanya demi dapat menabung dan memiliki apa yang Anda inginkan, namun terutama pada kelangsungan hidup selama Anda berada di tanah rantau. Tentu yang akan selalu ditekankan adalah atur keuangan Anda sedemikian rupa, mulai dari perencanaan sampai dengan eksekusinya.

Untuk trik atur keuangan sebenarnya tidak terlalu sulit. Kunci utama terletak pada kedisiplinan dan konsistensi Anda dalam mengikuti rencana yang sudah dibuat. Jika mungkin Anda memerlukan beberapa tips pengaturan atau pengelolaan keuangan, Anda bisa menemukan beberapa tips efektif di bawah ini.

Perencanaan Rinci di Awal Bulan

Untitled design1089 - Konsep Atur Uang Efektif untuk Perantau, Ini 5 Poin Pentingnya!

Lakukan perencanaan keuangan di awal bulan, tepat setelah Anda menerima gaji atau pemasukan. Jumlahkan seluruh pendapatan yang Anda miliki, catat pos pengeluaran rutin yang wajib dilunasi terlebih dahulu, dan rencanakan belanja yang harus Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan sebulan ke depan.

Catatan rencana ini akan jadi acuan utama dalam konsep atur uang efektif yang Anda lakukan. Sisanya, Anda tinggal mengikuti rencana yang sudah dibuat dengan disiplin. Jangan lupa juga untuk memastikan mempersiapkan dana darurat untuk bersiap menghadapi keadaan yang tidak direncanakan. Sangat disarankan menyediakan dana darurat yang cukup besar agar dapat menopang ketika terjadi hal yang urgent.

Pisahkan Rekening Tabungan dan Kebutuhan

Penting untuk melakukan pemisahan jika Anda masih kesulitan menaati rencana awal bulan yang sudah Anda buat. Dengan pemisahan rekening, Anda akan lebih disiplin karena uang yang ‘boleh’ digunakan sudah jelas berada di rekening kebutuhan. Asalkan Anda konsisten, uang yang ada di rekening tabungan tidak akan berkurang.

Pemisahan rekening ini tujuan utamanya adalah agar Anda tidak merasa terus memiliki yang yang bisa digunakan. Ketika rekening tidak dipisahkan, perasaan selalu memiliki uang akan Anda miliki. Padahal uang yang direncanakan untuk digunakan tentu tidak semua dari pendapatan. Maka dari itu, dengan pemisahan rekening diharapkan Anda bisa mengelola uang yang sudah dialokasikan dengan optimal tanpa mengurangi uang tabungan.

Menabung di Awal Bulan

Untitled design1087 - Konsep Atur Uang Efektif untuk Perantau, Ini 5 Poin Pentingnya!

Satu kebiasaan yang sangat direkomendasikan dalam konsep atur uang adalah menabung di awal bulan ketika Anda menerima gaji. Mengapa demikian?

Dengan menabung di awal bulan, Anda jadi memiliki jumlah fix uang yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan setiap bulan. Tentu saja jumlah tabungan jangan sampai membuat Anda hidup susah dan kekurangan nutrisi. Tetap harus disesuaikan agar Anda bisa hidup dengan ideal dan tidak kekurangan gizi.

Selain akan mendukung bertambahnya jumlah tabungan, hal ini juga akan membiasakan Anda untuk tidak boros dan menghabiskan semua pendapatan untuk berbelanja. Ingat, perencanaan keuangan untuk masa pensiun harus dipersiapkan sejak dini agar Anda tak menyesal di kemudian hari. Cara ini bisa jadi salah satu jalan mudah mempersiapkan tabungan untuk berbagai keperluan di masa depan.

Memasaklah!

Memasak makanan sendiri selain lebih sehat juga akan membuat pengeluaran rutin Anda untuk makanan bisa ditekan. Memang akan lebih repot jika Anda harus berbelanja bahan makanan mentah, kemudian memasak, dan seterusnya. Namun dilihat dari segi pengeluaran, Anda akan terkejut betapa banyak uang yang akan Anda hemat. Ini akan masuk dengan konsep atur uang yang Anda inginkan demi tetap bertahan di negeri orang.

Tidak sedikit tempat tinggal, apartemen, atau kamar yang disewakan memiliki fasilitas dapur (baik kolektif maupun individu). Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk memasak makanan sendiri, guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlebih dengan kondisi work from home yang sekarang banyak diterapkan, memasak makanan sendiri akan sangat banyak menghemat pengeluaran dan sekaligus jadi kegiatan mengisi waktu luang yang produktif.

Disiplin dan Konsisten

Untitled design1086 - Konsep Atur Uang Efektif untuk Perantau, Ini 5 Poin Pentingnya!

Sekali lagi akan disebutkan, bahwa kunci dari konsep atur uang yang efektif adalah disiplin dan konsisten. Perencanaan cermat yang dibuat di awal bulan harus benar-benar ditaati dan dijalankan, sehingga uang yang Anda miliki bisa bertahan hingga akhir bulan. Tenang saja, hal ini hanya memerlukan waktu pembiasaan satu atau dua bulan. Setelahnya, perencanaan keuangan akan jadi kebiasaan dan kehidupan Anda di negeri orang bisa berjalan dengan nyaman.

Baca Juga: Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa di Luar Negeri, Ini Tipsnya!

Memahami konsep atur uang yang efektif sifatnya mutlak untuk para perantau yang berada di negeri orang agar dapat bertahan dan memiliki tabungan. Tentu saja, hal ini harus didukung dengan perencanaan yang matang, persiapan yang baik, serta eksekusi yang disiplin. Salah cara untuk menghemat pengeluaran adalah memilih layanan online yang menawarkan biaya administrasi rendah, seperti pada Qelola. Layanan remitansi ini memberikan fasilitas biaya administrasi rendah untuk pengiriman uang, transaksi pembayaran tagihan, dan sebagainya. Dengan begini, berkirim uang bisa dilakukan lebih efektif tanpa harus memberatkan pengeluaran Anda. Unduh aplikasinya di sini, dan semoga berhasil merantau di negeri orang!

 

 

Tags: , , , , , , , , ,