5 Cara Hidup Sehat di Era New Normal

Cara Hidup Sehat

Menerapkan cara hidup sehat mungkin saat ini jadi hal yang paling banyak dilakukan oleh semua orang. Di tengah pandemi yang tak kunjung selesai, penting untuk setiap orang agar dapat memiliki cara hidup yang lebih baik. Terlebih untuk Anda yang masih berada di luar negeri, baik untuk bekerja atau berjalan-jalan, cara hidup sehat sederhana bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meminimalisir resiko infeksi virus.

Sebenarnya cara hidup sehat sendiri sudah banyak dikampanyekan beberapa tahun belakangan. Isu pemanasan global dan pelestarian lingkungan menjadi dasar dari kampanye yang dilakukan. Namun, hal ini mendapat perhatian yang benar-benar serius semenjak pandemi berlangsung. Tentu saja, Anda akan menemukan beberapa tipsnya di sini.

Menyambut new normal, mari lihat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menerapkan cara hidup sehat yang benar.

Makanan dan Minuman

Untitled design1083 - 5 Cara Hidup Sehat di Era New Normal

Baik untuk Anda yang bekerja atau yang memiliki keperluan lain saat sedang berada di luar negeri, menyiapkan makanan dan minuman dari tempat tinggal sendiri atau membawa bekal bisa jadi opsi yang sangat baik. Pasalnya dengan membawa makanan sendiri Anda bisa mengontrol higienitas makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari.

Bukan bermaksud mengesampingkan standar kesehatan yang dimiliki tempat makan yang ada di sekitar Anda. Namun setidaknya dengan menyiapkan bekal dari rumah dan memasaknya sendiri, Anda bisa lebih yakin. Di samping itu, Anda juga akan banyak berhemat ketika menggunakan cara ini. Makan lebih sehat dan lebih hemat, kombinasi yang cocok bukan?

Cara Hidup Sehat, Menjaga Silaturahmi 

Mungkin tidak terpikirkan oleh Anda, namun menjaga tali silaturahmi bisa menjadi cara hidup sehat yang sangat mudah dilakukan. Dengan terus berkomunikasi dengan orang-orang terdekat, kondisi mental akan tetap terjaga sehat. Jangan sampai Anda merasa kesepian dan depresi, karena hal ini bisa merusak usaha Anda dalam menerapkan cara hidup sehat yang optimal.

Tenangkan Pikiran dan Bersantai

Untitled design1082 - 5 Cara Hidup Sehat di Era New Normal

Memang sedikit aneh ketika Anda membaca sub judul ini, namun kestabilan kondisi mental bisa berpengaruh banyak pada kesehatan tubuh Anda. Semakin tenang dan stabil kondisi mental, maka semakin baik pula daya tahan tubuh Anda. Hal ini bisa dicapai dengan melakukan hal yang menyenangkan atau menenangkan.

Sekedar berjalan-jalan di tepi danau atau sungai untuk menikmati udara segar (tentunya dengan menggunakan masker) bisa mengembalikan mood dan menenangkan pikiran. Pekerjaan yang terus dilakukan akan membuat Anda mengalami stres dalam tingkat tertentu, dan tentu tidak baik jika tidak ada stress release yang dilakukan. Luangkan waktu sejenak, dan rasakan perbedaan kondisi tubuh Anda.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Satu hal yang penting dalam cara hidup sehat yang tak boleh dilewatkan adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Cara ini harus dilakukan guna mengurangi resiko infeksi bakteri atau kuman yang tumbuh di rumah atau tempat tinggal Anda. Dengan secara rutin membersihkan tempat tinggal, kuman, bakteri serta virus tidak akan menempel lama di peralatan rumah dan tidak mampu berkembang.

Cara ini juga terbilang cukup sederhana dan basic, namun perlu dilakukan secara konsisten. Membersihkan rumah, peralatan makan, mandi secara rutin, mengganti pakaian yang sudah digunakan, mencuci pakaian secara rutin pula, serta menggunakan hand sanitizer ketika akan beraktivitas. Memang awalnya akan terasa merepotkan, namun setelah satu atau dua minggu dilakukan hal ini akan jadi kebiasaan.

Olahraga Rutin 

Untitled design1084 - 5 Cara Hidup Sehat di Era New Normal

Cara hidup sehat yang sebenarnya paling sederhana adalah olahraga rutin setiap hari. Tidak harus olahraga berat yang menguras energi seperti sesi fitness di pusat kebugaran, Anda juga bisa berolahraga ringan di rumah dengan metode 7 Minute Workouts. Metode ini terbilang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Tentu, efeknya akan terasa jika Anda melakukan hal ini secara rutin dan konsisten.

Keluarnya keringat dan gerakan tubuh yang intens bisa melatih otot-otot tubuh dan kerja jantung. Pada waktu yang bersamaan, olahraga juga bisa memberikan nuansa hati dan pikiran yang baik. Jadi tidak ada ruginya Anda berolahraga secara rutin. Anda akan memiliki badan yang lebih sehat serta mood yang lebih baik. Konsumsi asupan nutrisi juga dapat ditingkatkan, sehingga kondisi tubuh benar-benar sehat.

Baca Juga: Pesan Tiket Pesawat di Tengah Pandemi? Baca Tips Mudahnya Berikut!

Menerapkan cara hidup sehat bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Hanya saja, tantangan selalu terletak pada konsistensi dalam melakukan cara-cara tersebut. Cara hidup ini bisa memberikan efek maksimal jika Anda melakukannya secara konsisten, terus-menerus, dan juga ajeg.

Nah, untuk mendukung cara hidup sehat yang baik, Anda juga perlu melakukan pengelolaan keuangan yang cermat. Wajarnya ketika kondisi keuangan stabil maka kondisi kehidupan juga bisa menjadi lebih nyaman. Untuk mendukung transaksi pengiriman uang yang perlu dilakukan, Anda bisa menggunakan Qelola. Pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia belum pernah semudah menggunakan Qelola. Unduh aplikasinya di sini, dan semoga Anda selalu sehat dan bisa berkegiatan dengan maksimal!

Tags: , , , , , , , , , , , , ,