Jadi Pribadi yang Melek Finansial dengan 6 Cara Berikut Ini

financial planning

Semakin bertambahnya usia, banyak hal yang harus dipikirkan dengan matang salah satunya adalah urusan finansial. Masalah keuangan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan apalagi jika sudah masuk ke biduk rumah tangga. Finansial yang baik juga akan menjamin hari tua Anda hidup tenang dan nyaman tanpa beban. Nah, untuk mempersiapkan kehidupan yang lebih baik di masa depan Anda harus melek finansial sedari sekarang. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa memiliki perencanaan keuangan yang baik dan benar. Ingin tahu apa saja? Simak penjelasanya lebih jauh melalui artikel berikut ini.

Perluas Wawasan dengan Membaca Buku dan Majalah

Banyak yang bilang membaca adalah jendela dunia. Segala sesuatu yang tidak diketahui sebelumnya bisa Anda cari jawabannya dengan membaca buku atau majalah. Nah, agar Anda bisa melek finansial tentunya Anda harus membaca jenis buku atau majalah yang bertema finansial. 

Jika Anda merasa kesulitan mencerna artikel yang berbau finansial tersebut, cobalah untuk membaca media-media lokal dengan topik finansial yang sedikit ringan. Banyak istilah-istilah baru mengenai keuangan yang bisa menambah perbendaharaan Anda. Selain itu, biasanya akan ada banyak tips dan trik seputar keuangan yang tentunya akan bermanfaat.

Belajar Keuangan via Daring

thoughtful businessman sitting with open laptop computer looking worried while thinking about planning top view 1423 7 - Jadi Pribadi yang Melek Finansial dengan 6 Cara Berikut Ini

Memasuki era digital seperti sekarang, segala pengetahuan yang ingin dicari juga bisa ditemukan via internet. Selain cepat dan praktis, caranya juga sangat mudah. Anda tinggal mengetikkan kata kunci yang diinginkan melalui mesin pencari dan dalam seketika hasil yang dicari sudah tersedia di layar ponsel atau komputer Anda. Selain memanfaatkan beberapa artikel, Anda juga bisa menyimak video-video tertentu yang membahas masalah keuangan yang ada di internet. 

Bagi tipikal orang yang malas membaca, menyaksikan sebuah video akan jadi pilihan yang tepat dan lebih mudah dipahami. Pastikan video yang Anda tonton adalah video terbaru yang up to date agar relevan dengan kondisi ekonomi di masa sekarang. Bermodalkan kuota dan perangkat gadget yang dimiliki, Anda pun bisa melek finansial secara instan.

Aktif dalam Seminar Keuangan

Jika Anda benar-benar serius untuk bisa melek finansial layaknya seorang profesional, tidak ada salahnya untuk mengikuti seminar keuangan. Saat ini banyak pihak yang aktif menyelenggarakan seminar keuangan di berbagai kota dengan pembicara yang sangat kompeten di bidangnya. Untuk bisa menjadi peserta dari seminar keuangan tersebut memang dibutuhkan modal lebih atau biaya yang cukup mahal. Namun pengetahuan yang akan Anda dapatkan pun sepadan dan bisa jadi modal dalam melakukan gebrakan-gebrakan finansial yang meningkatkan taraf hidup di masa depan. 

Sebelum tiba hari seminar, Anda bisa memperkaya wawasan dengan membaca literasi yang berkaitan dengan topik yang akan dibahas. Jadi jika ada hal-hal yang mengganjal dan ingin diketahui lebih dalam bisa ditanyakan dengan pembicara seminar saat sesi tanya jawab.

Ikut Serta dalam Kursus Singkat

image male hand pointing business document during discussion meeting 1423 242.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Jadi Pribadi yang Melek Finansial dengan 6 Cara Berikut Ini

Jika mengikuti berbagai seminar keuangan belum juga membuat Anda melek finansial, pertimbangkanlah untuk mendaftar kursus singkat. Karena seminar keuangan biasanya hanya berlangsung dalam hitungan jam saja dan mungkin membuat Anda kurang bisa menyerap materi yang disampaikan. 

Dengan mengikuti kursus singkat, Anda betul-betul dibimbing sampai paham karena perlu beberapa hari dalam menyampaikan materinya. Isu-isu yang diangkat pun biasanya lebih berbobot seperti keuangan perusahaan, investasi perbankan, keuangan internasional, manajemen keuangan, analisis investasi, dan memahami financial statement.

Baca Juga: Menabung Emas sebagai Investasi Masa Depan, Ini 6 Alasannya!

Bergabung dengan Klub Investasi

Berbekal dari ilmu yang Anda dapatkan melalui seminar keuangan dan kursus singkat mengenai finansial, Anda bisa melanjutkannya dengan bergabung pada klub investasi. Segala pengetahuan yang Anda peroleh bisa Anda praktekan secara langsung. Selain itu, Anda pun punya rekan atau teman diskusi untuk membimbing Anda memulai sebuah investasi. 

Melalui klub investasi ini Anda jadi lebih melek finansial saat terjun ke dunia pasar saham dan sebagainya. Namun, agar klub investasi ini bisa langgeng dan berjalan secara sistematis dibutuhkan komitmen yang kuat antar anggota klub investasi tersebut.

Menggunakan Financial Tools dan Mengunduh Aplikasi Finansial 

candid young attractive asian female student sitting desk with smart digital gadget looking notebook working late night with project research graphic designer programmer concept 1439 218.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Jadi Pribadi yang Melek Finansial dengan 6 Cara Berikut Ini

Guna menunjang ilmu di bidang finansial, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa financial tools yang kini banyak tersedia seperti kalkulator finansial merk-merk ternama. Hal yang bisa dilakukan melalui kalkulator finansial ini meliputi perhitungan pinjaman, tingkat suku bunga, persentase, jadwal pelunasan, dan cash flow. Selain financial tools, Anda juga bisa memakai berbagai aplikasi keuangan yang banyak bertebaran di smartphone pribadi. Praktis, tinggal mengunduhnya dari Playstore atau Appstore dan Anda bisa melek finansial secara mandiri.

Menjadi pribadi yang melek finansial juga harus didukung dengan pengelolaan uang yang baik. Oleh karena itu gunakan aplikasi Qelola untuk menunjang transaksi keuangan Anda. Melalui aplikasi ini Anda bisa melakukan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pelunasan berbagai tagihan pokok seperti tagihan listrik, PDAM, dan BPJS Kesehatan langsung dari ponsel. Ketahui benefit lainnya dari aplikasi Qelola dengan mengunduh aplikasinya di sini.

Tags: , , ,