Lebih Mudah, Ini Dia Cara dan Syarat Perpanjang Paspor Anak

EP 6 - Lebih Mudah, Ini Dia Cara dan Syarat Perpanjang Paspor Anak

Merencanakan liburan bersama keluarga memang hal yang menyenangkan. Apalagi saat ini banyak sekali tawaran tiket promo yang membuat liburan sekeluarga jauh lebih hemat. Tidak terbatas untuk tujuan dalam negeri saja, tiket murah juga bisa didapatkan untuk tujuan luar negeri. Namun untuk berwisata ke luar negeri tentu saja memerlukan dokumen yang lebih banyak ya. Salah satunya adalah paspor. Coba cek apakah seluruh anggota keluarga sudah mempunyai paspor, atau paspor yang dimiliki masih berlaku. Tidak terkecuali paspor untuk anak Anda. Jika sudah tidak berlaku maka Anda harus memperpanjang. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui cara dan syarat perpanjang paspor anak di imigrasi terdekat di kota Anda. Tidak perlu khawatir karena saat ini cara dan syarat perpanjang paspor anak jauh lebih simpel dari sebelumnya. Apa saja syarat perpanjang paspor anak yang diperlukan? Dan bagaimana alurnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Apa Saja Syarat Pembuatan Paspor Anak? Simak Detailnya di Sini!

Cara Mendapatkan Antrean Perpanjang Paspor Anak

EP 6 1 - Lebih Mudah, Ini Dia Cara dan Syarat Perpanjang Paspor Anak

Sumber: https://kumparan.com/

Saat ini Ditjen Kementerian Hukum dan HAM sudah menyederhanakan cara memperpanjang paspor anak. Anda tidak perlu lagi repot-repot mengantre di Kantor Imigrasi. Anda bisa mendaftar antrean terlebih dahulu melalui aplikasi Layanan Paspor Online yang bisa diunduh di Google Play atau Appstore. Selain itu nomor antrean ini juga bisa didaftarkan melalui situs www.antrian.imigrasi.go.id. Cara mendaftar antrean online dengan aplikasi adalah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi ‘Layanan Paspor Online’ di Google Play atau Appstore.
  2. Jika sudah terinstal maka lakukan registrasi akun.
  3. Setelah terdaftar Anda bisa mengambil antrian dengan klik “Antrean paspor”.
  4. Pilih kantor imigrasi tempat Anda akan melakukan perpanjangan paspor.
  5. Isi kolom jumlah pemohon.
  6. Lalu pilih hari dan jam perpanjangan paspor sesuai dengan waktu yang tersedia.
  7. Setelah semua proses selesai, Anda akan mendapatkan booking code serta informasi nomor antrian digital. Pastikan mengambil nomor antrian paspor dengan benar dan luangkan waktu. Hal ini sangat penting karena jika terdapat pembatalan maka Anda baru bisa mendaftar antrian baru 30 hari setelah permohonan antrian terakhir.

Karena permohonan ini diwakilkan oleh orang tua maka pemohon yang tertulis ada 2 (dua). Jika Anda akan memperpanjang paspor utuk dua anak maka pemohon yang tertera ada 3 (tiga), begitu seterusnya. Pemohon pertama diisi oleh data orang tua. Sementara pemohon kedua berisi data anak yang akan diperpanjang paspornya dan begitu seterusnya. Untuk data kedua akan ada pilihan untuk input data atau scan halaman depan paspor lama untuk mendapatkan data lengkap anak dan kemudian mendapatkan barcode antrean.

Bagi Anda yang sudah mendaftar untuk perpanjangan paspor anak dan membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai proses perpanjangan paspor seperti jadwal penerbitan paspor baru atau pemberitahuan paspor selesai, kini bisa diakses di aplikasi WhatsApp Gateway Service (WAGS) yang dikeluarkan oleh Ditjen Imigrasi. WAGS menjadi jembatan komunikasi antara petugas imigrasi dengan Anda sebagai pemohon paspor. Untuk mendapatkan nomor WAGS, bergantung pada Kantor Imigrasi domisili Anda masing-masing.

Syarat Memperpanjang Paspor Anak

EP 6 2 - Lebih Mudah, Ini Dia Cara dan Syarat Perpanjang Paspor Anak

Sumber: https://indonesia.go.id/

Ini dia syarat yang harus disiapkan untuk memperpanjang paspor anak Anda:

  1. Akta kelahiran atau surat baptis (asli dan fotokopi).
  2. E-KTP kedua orang tua (asli dan fotokopi).
  3. Kartu Keluarga yang memuat nama anak (asli dan fotokopi).
  4. Buku nikah/akta perkawinan kedua orang tua.
  5. Paspor lama anak dan paspor orang tua (jika ada).
  6. Materai Rp6000 untuk surat izin pembuatan paspor dari orang tua.
  7. Akta perceraian dan surat penetapan hak asuh bagi orang tua yang sudah bercerai.
  8. Surat penetapan penggantian nama jika anak telah mengganti namanya.
  9. Surat kuasa bermaterai jika salah satu orang tua tidak dapat hadir.

Perlu diingat kembali bahwa semua persyaratan yang dibawa harus dalam bentuk dokumen asli dan juga fotokopi ukuran A4. Hal ini untuk mengantisipasi apabila petugas menanyakan kelengkapan dokumen asli tersebut. Karena apabila syarat yang dibawa tidak lengkap dapat menghambat proses perpanjangan paspor Anda.

Alur Perpanjangan Paspor Anak

EP 6 3 - Lebih Mudah, Ini Dia Cara dan Syarat Perpanjang Paspor Anak

Sumber: https://www.law-justice.co/

Setelah syarat-syarat dipenuhi, Anda bisa mendatangi Kantor Imigrasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Hal pertama yang dilakukan adalah mengecek berkas. Setelah proses ini selesai Anda akan diminta antre lagi untuk mendapatkan nomor antrean pengambilan foto paspor baru. Jangan lupa untuk menyiapkan barcode antrean online yang sebelumnya telah didaftarkan. Setelah sampai di nomor antrean Anda, maka langsung dipanggil untuk dilakukan pengecekan dan pemotretan. Kemudian Anda akan diberikan slip pembayaran paspor.

Biaya Perpanjangan Paspor Anak

EP 6 4 - Lebih Mudah, Ini Dia Cara dan Syarat Perpanjang Paspor Anak

Biaya perpanjangan paspor anak tidak berbeda dengan paspor dewasa yakni sebagai berikut:

  1. Biaya paspor biasa 24 halaman untuk anak Rp155.000
  2. Biaya paspor biasa 48 halaman untuk anak Rp355.000
  3. Biaya paspor elektronik (e-passport) 24 halaman untuk anak Rp405.000
  4. Biaya paspor elektronik (e-passport) 48 halaman untuk anak Rp655.000

Jangan lupa menyimpan bukti pembayaran yang akan digunakan untuk mengambil paspor setelah selesai. Setelah selesai, maka Anda dan keluarga siap untuk melakukan perjalanan. Selain dokumen, ketika berada di luar negeri jangan lupa juga untuk mengecek keuangan Anda. Karena akan banyak pengeluaran yang tidak terduga. Untuk memudahkan pembayaran kebutuhan lainnya ketika Anda telah berada di luar negeri, Qelola adalah solusinya. Qelola adalah aplikasi yang membantu WNI yang berada di luar negeri khususnya TKI yang bekerja di luar negeri untuk mengelola keuangan dan pendanaan di Indonesia selama berada di luar negeri. Jadi untuk Anda yang merencakan bepergian ke luar negeri, download Qelola di sini sekarang ya!

Tags: , , , , ,